Logo Eventkampus

Manfaat Bermain Sepak Bola Untuk Tumbuh Kembang Anak

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Manfaat Bermain Sepak Bola Untuk Tumbuh Kembang Anak

Bermain sepak bola tidak hanya untuk mengasah kecakapan anak memainkan si kulit bundar saja, tetapi bermain bola dapat menggerakan seluruh aspek gerak anak, seperti halnya berlari, melompat, dan seterusnya. Namun ada beberapa manfaat lain yang bisa di ambil dari permainan merakyat tersebut, antara lain :

1. Fisik menjadi lebih baik

Seperti olahraga pada umumnya, kemampuan fisik akan terangkat lewat permainan ini.

2. Sebagai stimulan kedua otak

Disaat anak bermain sepak bola, anak akan menggiring bola lewat kaki kiri maupun kaki kanan, dan serta gerak tubuh lainya. Maka hal ini akan secara otomatis menstimulasi kedua belah otak, yaitu otak kanan dan kiri.

3. Tubuh menjadi bugar dan sehat

Sirkulasi peredaran darah akan menjadi lancar karena tubuh akan banyak bergerak melalui permainan ini. Metabolisme tubuh juga akan meningkat, sehingga tubuh akan semakin sehat dan bugar.

4. Mengasah kecerdasan pada anak

Lewat permainan ini anak akan dipaksa berfikir untuk bertindak dalam mengambil keputusan secara cepat. Maka dengan demikian kecerdasan anak dalam mengambil sebuah keputusan akan semakin terasah.

5. Melatih emosi anak

Sepak bola mengajarkan bagaimana kedua tim bermain untuk mendapatkan kemenangan namun tetap mengedapankan asas fair play. Dengan hal ini, permainan ini mengajarkan agar disaat bermain, agar anak tidak mudah tersulut emosinya.

6. Melatih kecerdasan musikal

Mungkin anda bertanya-tanya, bagaimana mungkin??? Padahal lewat permainan ini anak akan secara otomatis mengatur irama. Dimana harus bergerak cepat ataupun bergerak secara lambat, juga bagaimana harus mengoper dengan tendangan keras ataupun tendangan biasa.

7. Melatih untuk kreatif

Permainan sepak bola juga dapat mengasah anak untuk kreatif. Ini disebabkan karena anak akan mengupayakan berbagai cara (dalam arti positif)agar sebuah tim dapat memenangi pertandingan sepak bola tersebut.

8. Membentuk karakter anak

Karakter yang dimaksud tentunya karakter yang positif. Dalam sebuah pertandingan sepakbola, ada kalah ada menang. Nah disini anak akan terlatih bagaimana bersikap, baik saat memenangi pertandingan maupun bagaimana anak menyikapi kekalahan. Diperlukan kedewasaan tentunya. Nah, dengan demikian anak akan membentuk karakternya.

 

Penulis

foto nova
nova

Artikel Terkait

LET’S BRING ELVIS BACK WITH CEPLUS ROCKABILLY
22 Desember 2017
manfaat kacang panjang
12 Januari 2018
Keakraban CR7 dan Palestina
19 Januari 2018
Perjalan GAPASUKMA MT_LAWU 3265 MDPL Via Candi Cheto
19 Januari 2018
LRT Karya Anak Bangsa Dikerjakan, BPPT Beri Dukungan Teknologi
22 Januari 2018

Komentar