Logo Eventkampus

Manfaat Jalan Kaki Bagi Kesehatan

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Manfaat Jalan Kaki Bagi Kesehatan

Zaman modern seperti sekarang ini orang dimudahkan dengan alat-alat modern. Semua pekerjaan dan aktivitas sehari hari semua memakai mesin. Kadang tanpa kita sadari alat itu memicu timbulnya suatu penyakit bagi tubuh kita, karena tubuh tidak ada aktivitas sehingga kalori tidak terbakar, metabolisme tubuh menurun.

Tidak seperti nenek moyang kita dulu. Mereka sampai tua masih sehat, jarang dari mereka yang terkena penyakit seperti zaman sekarang. Jalan kaki adalah aktivitas mereka sehari hari dan ternyata membawa manfaat yang sangat baik untuk kesehatan, beberapa manfaat jalan kaki diantaranya:

  1. Menurunkan resiko serangan jantung, karena berjalan kaki dengan cepat memiliki manfaat bisa memperlancar aliran darah ke dalam koroner jantung, sehingga kecukupan oksigen otot jantung terpenuhi dan otot jantung terjaga untuk tetap bisa berdegup.
  2. Terhindar dari stroke. Kendati manfaat jalan kaki terhadap stroke pengaruhnya belum senyata dengan serangan jantung, akan tetapi menurut berbagai sumber, berjalan kaki bisa juga menghindarkan kita dari stroke.
  3. Berat badan stabil, karena dengan berjalan kaki rutin laju metabolisme tubuh meningkat sehingga jumlah kalori terbuang, kalori terbakar, sehingga kenaikan berat badan tidak terjadi.
  4. Mencegah kencing manis. Membiasakan jalan kaki sekitar 6 km/jam, dengan waktu tempuh 50 menit ternyata dapat menunda / mencegah berkembangnya diabetes tipe 2. Khususnya pada mereka yang bertubuh gemuk.
  5. Mencegah osteoporosis, terutama jalan kaki diwaktu pagi hari karena disaat jalan kaki tubuh kita terpapar sinar matahari yang mengandung vitamin D. Selain itu disertai cukup extra kalsium.
  6. Meredakan encok lutut kaki. Apabila berjalan kaki dengan menggunakan sepatu yang tepat, baiknya tentukan kualitas bantalannya, selain itu atur juga kesesuaian anatomi kaki.

 

Penulis

foto nova
nova

Artikel Terkait

MALIMPA UMS gelar Seminar Nasional Lingkungan Hidup
28 November 2017
Ketiga Kalinya dalam 4 Dekade, Salju Turun di Gurun Sahara
12 Januari 2018
Inilah El Gordo, Galaksi Terbesar, Terpanas, dan Paling Terang
19 Januari 2018
3 Zodiak dengan Kesabaran Luar Biasa,Apakah Anda salah satunya ?
19 Januari 2018
Falsafah Kopi Wong Jowo
22 Januari 2018
PANIK! APA YANG HARUS SAYA LAKUKAN(?)
22 Januari 2018

Komentar