Logo Eventkampus

5 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet Ketat

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
5 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet Ketat

5 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet Ketat

 

Ingin menurunkan berat badan tapi malas melakukan diet ketat? Tenang, kamu tidak sendirian. Salah satu cara menurunkan berat badan adalah dengan melakukan diet rendah karbohidrat, namun dengan kebiasaan orang Indonesia yang gemar mengonsumsi nasi, ini dapat menyulitkan program diet yang dilakukan.

Kamu bisa menurunkan berat badan tanpa merasa lapar berlebih atau merasa lemas karena pada dasarnya, diet adalah istilah yang digunakan untuk mengatur pola makan yang dimiliki agar menjadi lebih menyehatkan. Sekarang, kamu tidak perlu khawatir karena inilah 5 cara menurunkan berat badan tanpa diet yang super ketat.

  • 1. Makanlah dengan perlahan

Ellie Kempton, ahli gizi, mengungkapkan bahwa waktu yang dibutuhkan untuk makan adalah setidaknya 20 menit agar metabolisme dapat berjalan dengan baik. Tidak hanya itu, diet alami dengan makan secara perlahan dapat membuat produksi enzim pencernaan dala tubuh berjalan dengan lebih baik sehingga kamu bisa tahu kapan rasa kenyang itu muncul.

  • 2. Makanlah dalam keadaan sadar

Maksudnya adalah kamu harus dalam keadaan sadar ketika makan sehingga kamu tahu kapan harus berhenti. Makan secara tidak sadar biasa terjadi ketika mengemil sehingga kamu makan lebih banyak dari takaran semestinya dan ini adalah salah satu penyebab berat badan bertambah.

Tidak masalah kamu mengemil keripik tapi ingat, mengemilah secukupnya, tidak satu toples besar kamu habiskan sendirian. Begitu juga dengan makanan berat, bila dirasa cukup dengan satu piring, makan berhentilah dan tidak menambah porsinya lagi. Kuncinya adalah makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang.

  • 3. Diganti bukan dikurangi

Untuk menurunkan berat badan, banyak yang beranggapan bahwa mengurangi porsi makan adalah yang terbaik. Tubuh juga butuh nutrisi untuk bekerja dengan baik. Daripada mengurangi dan membuat kinerja tubuh berkurang, lebih baik diganti.

Misalnya daripada mengurangi porsi makanan, lebih baik kamu mengganti porsi nasimu dengan makanan berprotein tinggi, gula yang biasa dikonsumsi dapat diganti dengan yang rendah kalori atau dengan madu. Ini juga bisa menjadi salah satu cara cepat menurunkan berat badan tanpa membuatmu merasa kelaparan dan menderita.

  • 4. Mengemil dengan bijak

Tips menurunkan berat badan selanjutnya adalah mengemilah dengan bijak. Tidak dapat dipungkiri bahwa camilan adalah jenis makanan yang adiktif. Maksud hati ingin memakan sedikit tapi ternyata satu toples pun bisa habis kamu makan. Bahkan ada beberapa orang yang mengemil mie rebus atau gorengan, kalau kamu salah satu dari mereka, artinya kamu kurang bijak dalam mengemil.

Kamu tidak perlu menghilangkan kebiasaan mengemilmu, cukup dengan menggantinya dengan camilan yang lebih sehat. Seperti kacang panggang (tanpa garam), buah-buahan, atau sayuran. Tentu dengan camilan seperti itu, kamu bisa menjadi lebih sehat juga.

  • 5. Kurangi stres dan istirahat yang cukup

Tingkat stres yang tinggi dan kurangnya istirahat dapat membuat berat badanmu bertambah. Kurangnya istirahat dapat membuatmu makan lebih banyak karena tubuh tidak mendapatkan energi dari tidur sehingga harus menggantikannya dengan makan lebih banyak.

Belum lagi bila kamu yang cenderung makan lebih banyak bila sedang stres. Jadi, sangat penting untuk mengelola stres dan usahakan untuk beristirahat yang cukup. Kamu bisa bermeditasi atau berolahraga untuk mengurangi stres.

Nah, sekarang kamu tidak usah bingung lagi untuk menurunkan berat badan, kan? Lakukan beberapa cara di atas dengan rutin untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, ya!

Penulis

foto jafar
jafar

Artikel Terkait

MALIMPA UMS gelar Seminar Nasional Lingkungan Hidup
28 November 2017
Ketiga Kalinya dalam 4 Dekade, Salju Turun di Gurun Sahara
12 Januari 2018
Inilah El Gordo, Galaksi Terbesar, Terpanas, dan Paling Terang
19 Januari 2018
3 Zodiak dengan Kesabaran Luar Biasa,Apakah Anda salah satunya ?
19 Januari 2018
Falsafah Kopi Wong Jowo
22 Januari 2018
PANIK! APA YANG HARUS SAYA LAKUKAN(?)
22 Januari 2018

Komentar