Logo Eventkampus

Memasuki Usia 20! Yuk Tunjukkan Kedewasaan dengan 5 Cara Ini!

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Memasuki Usia 20! Yuk Tunjukkan Kedewasaan dengan 5 Cara Ini!

Memasuki Usia 20! Yuk Tunjukkan Kedewasaan dengan 5 Cara Ini!

 

Tidak ada yang bisa menghentikan waktu. Ia akan terus menggiring usia seseorang. Masa kecil yang tinggal kenangan tentu menjadi milik banyak orang. Pengalaman masa kecil yang indah serta mainan yang masih melekat di benak saat ini sudah perlahan menyingkir dari kesukaan sehari-hari. Perubahan itu harus diakui secara alamiah.

Tubuh yang mulai mendewasa dan sikap yang sudah seharusnya juga demikian. Jika bicara soal umur, biasanya kita mengetahui bahwa usia diatas 17 tahun adalah usia yang sudah bisa dibilang dewasa. Namun, setidaknya ada waktu 3 tahun untuk mengubah bilangan angka 1 di depan angka belasan itu. Usia tersebut tidak lain adalah 20.

Memasuki usia 20 tahun, memang sebagian orang akan beranggapan bahwa usia tersebut masih sangat muda. Hal ini benar saja, jika dibandingkan dengan orang-orang yang sudah memasuki umur kepala 3. Namun hal yang harus benar-benar disadari adalah bahwa usia 20 tahun setidaknya telah mengajarkan betapa angka 1 yang tadinya ada pada bilangan angka umurmu sudah berubah menjadi 2.  Hal yang penting disini adalah meningkatkan kedewasaan dan membuktikannya dengan beberapa cara.

Nah, bagi kamu yang ingin tahu, berikut 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk menunjukkan kedewasaanmu.

 

  • 1. Lebih bebaslah dalam mengekspresikan diri

Cara pertama yang bisa kamu gunakan adalah dengan mengekpresikan diri kamu secara bebas. Dalam hal ini kamu setidaknya telah bsia terlihat mandiri dan berkreasi sendiri. Ekspresi diri ini bisa berbentuk penampilan atau memperkaya hobi. Kamu mulai bisa mengetahui arah passion kamu.  Namun disamping itu, cobalah untuk lebih bijaksana menanggapi pendapat dan kritikan orang lain terhadap dirimu. Biasanya, akan banyak rintangan yang akan kamu hadapi, apalagi kamu belum terbiasa untuk mengekspresikan diri secara bebas sebelumnya.

Percaya diri sudah seharusnya menjadi kunci dari keberhasilanmu dalam mengekspresikan diri. Jangan lagi terpaku atau hanya mendengarkan omongan orang lain. Kamu harus punya dunia dimana kamu bisa berekspresi sebebas mungkin. Meski demikian arahnya tetaplah kepada hal-hal baik. Memang, mengawali usia 20 dan mengawali untuk mengekspresikan diri secara bebas adalah hal yang butuh proses. Namun, ketahuilah bahwa hal ini bisa menjadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menunjukkan bahwa dirimu telah dewasa.

 

  • 2. Lebih beranilah mengambil tindakan dan risiko

Usia 20 bukanlah usia yang membiarkan sikap pengecut masih ada dalam dirimu. Tantanglah beragam ketakutan walam dirimu saat ini jika masih ada. Meski kamu belum yakin, setidaknya kamu telah punya niat akan hal itu. Niat ini akan terus menggiringmu agar lebih berani. Ingatlah bahwa hidup adalah soal pilihan, dan pilihan akan selalu berbicara risiko. Untuk itu jangan pernah takut akan yang namanya kegagalan. Karena hal itu tentu sudah sangat biasa dalam hidup. Tidak bisa dipungkiri, kegagalan memang hal paling menakutkan untuk kaum muda. Namun diusia emasmu yang ke 20 tahun, sudah saatnya itu punah dalam dirimu.

 

  • 3. Lebih paham arti sebuah persahabatan

Tidak mudah menemukan sahabat. Untuk itu, jagalah sahabatmu, usia 20 tahun adalah usia yang matang untuk mengerti bahwa sahabat itu lebih dari yang kamu pikirkan saat usia belasan. Akan ada sikap saling menjaga yang patut menuntunmu untuk terus mempertahankan persahabatan.

Selain itu, kamu juga akan paham bahwa sahabat adalah orang-orang yang ditakdirkan mengisi hidupmu dan memotivasi hidupmu agar lebih bermakna. Tidak berkhianat dan menjelek-jelekkan sahabat adalah salah satu tindakan nyata. Jangan lagi ada kesalahpahaman. Sudah dipastikan kamu dan sahabatmu adalah orang yang sudah mengerti satu sama lain.

 

  • 4. Mampu menuliskan planning masa depan

Sudah saatnya untukmu bisa merencakan setiap tindakan yang akan kamu lakukan. Hal ini akan membantumu melihat target-target yang diincar dan rentang waktu yang kamu miliki. Dengan menuliskan perencanaan yang matang dan terarah, kamu juga akan melihat seberapa banyak alternatif menuju masa depan.

Jangan terfokus kepada sulitnya meraih masa depan cerah. Fokuslah dengan cara bagaimana agar kamu tetap memiliki semanngat pekerja keras dan pantang mundur. Hal itu akan menjadi modal besar bagimu untuk meraih masa depan cerah. Untuk memulainya, kamu bisa memanfaatkan buku diary atau sebuah catatan yang bisa kamu ingat dan buka ketika kamu memerlukannya.

 

  • 5. Mulailah pahami arti menikmati hidup

Menjadi seseorang yang paham akan arti hidup adalah keharusan. Adapun tujuannya adalah untuk bisa menghargai waktu sebaik-baiknya. Seperti usiamu, waktu juga akan menggiringmu. Untuk itu, pergunakanlah sebaik-baiknya waktu, sehingga kamu akan paham bahwa hidup itu haruslah dibuat berarti. Jangan pernah menyia-nyiakan masa muda. Masa dimana kamu masih fit dan fresh. Tenaga masih kuat dan tentunya masih sangat produktif untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat. Tetap berfikir positif dan mulailah mendewasa dengan memahami arti kehidupan.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan, tertarik?

Penulis

foto jafar
jafar

Artikel Terkait

LET’S BRING ELVIS BACK WITH CEPLUS ROCKABILLY
22 Desember 2017
manfaat kacang panjang
12 Januari 2018
Keakraban CR7 dan Palestina
19 Januari 2018
Perjalan GAPASUKMA MT_LAWU 3265 MDPL Via Candi Cheto
19 Januari 2018
LRT Karya Anak Bangsa Dikerjakan, BPPT Beri Dukungan Teknologi
22 Januari 2018

Komentar