Logo Eventkampus

7 Tips Menghindari Penipuan Kartu Kredit Saat Belanja Online

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
7 Tips Menghindari Penipuan Kartu Kredit Saat Belanja Online

7 Tips Menghindari Penipuan Kartu Kredit Saat Belanja Online

 

Buat kamu yang sudah sering belanja online pasti sudah mengetahui kelebihan belanja menggunakan kartu kredit. Selain bisa mempersingkat waktu belanja kamu juga pasti mendapatkan promo-promo khusus dari kartu kredit.

Walaupun transaksi menjadi lebih mudah bukan berarti kamu bisa lengah terhadap penipuan kartu kredit. Mungkin kamu pernah mendengar cerita soal penipuan kartu kredit ketika berbelanja online. Agar terhindar dari penipuan kartu kredit kamu harus mengikuti 7 tips aman belanja online menggunakan kartu kredit berikut ini.

  • 1. Gunakan situs belanja yang terpercaya

Jangan mudah terkecoh dengan alamat website yang terlihat bagus, cobalah lebih teliti ketika ingin berbelanja online menggunakan kartu kredit. Sekarang melakukan hack kartu kredit jauh lebih mudah, jadi jangan sampai kamu terkena penipuan ketika sedang belanja online. Pastikan situs belanja online sudah terverifikasi PCI DSS yang menjamin keamanan berbelanja online menggunakan kartu kredit. Situs yang aman untuk bertransaksi online biasanya diawali dengan https:// selain itu kamu juga bisa memperhatikan logo verified dari Visa atau Mastercard.

 

  • 2. Lakukan transaksi di laptop dan jaringan internet pribadi

Salah satu cara yang paling aman agar data kartu kredit pribadimu tidak dicuri oleh orang lain adalah dengan melakukan transaksi dengan menggunakan jaringan internet sendiri. Jadi sebisa mungkin kamu jangan melakukan transaksi online menggunakan komputer pribadi dengan koneksi internet yang tidak digunakan banyak orang.

 

  • 3. Proteksi laptopmu dari virus dan hacker

Selain situs yang harus terpercaya dan aman untuk melakukan transaksi menggunakan kartu kredit. Pastikan juga laptop atau komputer terproteksi penuh, jangan lupa untuk meng-install antivirus dan anti-spyware. Cara ini ampuh untuk menghindari pencurian data oleh hacker.

 

  • 4. Jangan pernah simpan informasi kartu kredit di situs online

Salah satu keuntungan menggunakan kartu kredit adalah proses transaksi yang sangat cepat. Tapi ingat ya kecepatan juga harus sebanding dengan keamanan. Pengguna kartu kredit lebih baik tidak menyimpan informasi kartunya di situs online. Kalaupun ada pilihan menyimpan informasi kartu kredit untuk kemudahan, kamu bisa memilih verifikasi menggunakan OTP (One Time Password) yang dikirmkan ke nomer ponselmu.

 

  • 5. Cetak bukti pembayaran

Hal ini juga nggak kalah penting, selalu simpan bukti pembayaran yang sudah kamu lakukan setelah berbelanja online. Mencetak bukti pembayaran akan memudahkanmu untuk melakukan double check ketika tagihan kartu kredit datang.

 

  • 6. Jangan langsung mengklik promo atau kupon yang dikirimkan lewat email

Untuk menghindari pencurian data lebih baik kamu lebih berhati-hati ketika mendapatkan email soal diskon atau penawaran lainnya. Perhatikan siapa pengirimnya jika kamu merasa ada keanehan di alamat pengirim lebih baik tidak langsung mengklik penawaran langsung dari email. Lebih baik kamu langsung mengunjungi situs belanjaonline.

 

  • 7. Selalu perhatikan tagihan bulanan kartu kredit

Kalau kamu punya kebiasaan cuek terhadap rincian tagihan kartu kredit, lebih baik mulai sekarang kamu lebih melakukan pengecekan setiap bulannya. Dengan cara ini kamu bisa melihat apakah ada transaksi yang tidak pernah kamu lakukan tapi terekam dalam tagihan kartu kredit.

Belanja dengan kartu kredit sebenarnya tidak berbahaya asalkan kamu lebih hati-hati dan selalu menggunakan website terpercaya. Kamu juga selalu bisa memanfaatkan keuntungan kartu kredit karena pasti setiap hari ada promo-promo menarik di merchant online.

Penulis

foto jafar
jafar

Artikel Terkait

Ujian diciptakan TUHAN hanya untuk Sang Pemenang
11 Mei 2017
KENALI DIFTERI
05 Januari 2018
Cara menghilangkan ketombe secara alami
18 Januari 2018
Sering Tengeng kepalamu ? Ini penyebabnya .
19 Januari 2018
Belajar PHP Dengan Mudah di Aplikasikan.
19 Januari 2018
Coba Olahraga Muaythai! Selain Melindungi Diri Juga Menyehatkan
22 Januari 2018

Komentar