Logo Eventkampus

Manfaat Cokelat untuk Kesehatan

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Manfaat Cokelat untuk Kesehatan

Siapa sih yang tidak suka dengan cokelat? Semua orang pastinya sangat menyukai camilan satu ini. Benar, kan? Namun, sayangnya karena banyak beredar kabar bila mengonsumsi cokelat terlalu sering dapat membuat berat badan bertambah dan tidak baik untuk kesehatan. Maka dari itu, tidak mengherankan jika banyak orang-orang yang mulai mengurangi pengonsumsian cokelat ini. Padahal, ini tidaklah benar, sebab dalam cokelat sendiri terkandung berbagai macam nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh seperti contohnya vitamin, protein, antioksidan, sama halnya dengan kandungan yang dimiliki ekstrak temulawak.

Untuk itu, sangat diperbolehkan bila dikonsumsi setiap hari. Meskipun demikian, untuk jenis cokelat yang menyimpan kandungan tersebut adalah cokelat murni yang belum diolah dan ditambah dengan berbagai kandungan yang tidak baik untuk tubuh. Coklat murni itu bisa didapatkan melalui dark chocolate, kakao, dan sebagainya. Selain itu, terkhusus untuk wanita, cokelat ini sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan, loh!

  1. Dapat meredakan rasa sakit ketika PMS. Sudah hal pasti, jika setiap bulannya wanita selalu kedatangan tamu, apalagi kalau bukan PMS. Ketika PMS ini datang, sebagian dari wanita pun tentunya merasakan rasa sakit yang teramat di dalam perutnya. Nah, dengan bantuan cokelat, rasa sakit ini bisa loh diredakan. Kok bisa? Yap, ini karena dalam cokelat sendiri tersimpan kandungan magnesium yang memiliki peran meredakan kecemasan pada diri, meningkatkan mood, sekaligus melepaskan senyawa endorfin.
  2. Melangsingkan tubuh. Wah, benarkah cokelat bisa membuat tubuh langsing, padahal sudah mengonsumsinya dalam jumlah besar dan sering? Tentu jawabannya sangat benar sekali. Menurut sebuah penelitian yang dikutip dari situs com, menyatakan jika cokelat memiliki BMI yang sangat rendah, sehingga tidak akan membuat berat naik.
  3. Menghindari terserang penyakit stroke. Siapa bilang cokelat bisa menyebabkan stroke? Buktinya, cokelat malah dapat menghindari serangan dari sakit stroke ini, karena cokelat tersebut mengandung senyawa flavonoid yang bisa menangkal radikal jahat yang menjadi pemicu munculnya sakit stroke dan jantung. Tidak hanya itu saja, kandungan senyawa pada cokelat ini juga dapat mengatasi penggumpalan darah, menurunkan darah tinggi, dan sebagainya.

Selain itu, cokelat pun dapat menghindari komplikasi yang muncul selama kehamilan karena mengandung theobromine, mengatasi risiko tubuh diserang penyakit jantung, dan menghilangkan rasa nyeri yang muncul di tubuh. So, jangan takut lagi mengonsumsi cokelat ya, guys!

Penulis

foto Rizky Mahendra Giri Kuncoro
Rizky Mahendra Giri Kuncoro

Komentar