Logo Eventkampus

Cara Flash HP Android Semua Merek paling Ampuh

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Cara Flash HP Android Semua Merek paling Ampuh

Bootloop merupakan dimana keadaan smartphone mudah mati sendiri atau bahkan mati total,masalah seperti ini sangat dibenci pengguna setia OS Smartphone.Sebenarnya ada banyak cara flash android sendiri tanpa harus menggunakan bantuan siapa pun seperti cara flash android tanpa pc.Bootloop dapat di kategorikan sebagai kondisi smartphone yang sudah nge-Hang.

Sebenarnya ada banyak sekali penyebab smartphone bootloop salah satunya sering oprek android yang sudah melewati kemampuan batas smartphone,ataupun karena gagal root,jika hal ini terjadi maka kamu harus melakukan flashing android agar OS Smartphone kamu kembali pulih.

Sejatinya ada banyak sekali metode cara flash android lewat pc maupun tanpa pc. Selain melakukan cara flash android sendiri kamu juga bisa melakukan pengecekan atau garansi pada konter ponsel hp terdekat agar kondisi bootloop tadi dapat di atasi dengan mudah.

Nah kalau kamu suka oprek smartphone maka cara flash android yang bootloop cocok sekali buat kamu untuk mencoba cara flash HP pada beberapa smartphone,namun sebelum kamu melakukan proses flash pada ponsel alangkah lebih baiknya ketahuilah terlebih dahulu hardware yang berlisensi pada perangkat seluler kamu.

Untuk mudah mengetahui jenis hardware di perangkat smartphone kamu,bisa lihat dengan lisensi MT6575,MT6589,dan MT6577.Jika jenis lisensi tersebut tercantum di smartphone kamu maka bisa melakukan cara flash android dengan tool SP Flash,atau apabila kamu tidak bisa flash android,maka serahkan saja pada orang yang berpengalaman.

Artikel kali ini sangat cocok sekali bagi kamu yang ingin menerapkan bagaimana cara flash android tanpa pc ataupun tanpa laptop,sebab hanya membutuhkan satu smartphone saja. Cara flashing android tanpa pc adalah metode yang cukup mudah di terapkan sebab hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja maka OS smartphone kamu sudah terproteksi flash.

Pada kasus yang ditemukan ada banyak sekali penyebab android kamu error dan harus di perbaikin dengan cara flash android sendiri,biasanya masalah error tersebut bisa di sebabkan oleh kegagalan dalam melakukan upgarde sistem opreasi android sehingga smartphone akan mengalami masalah bootloop,namun ada juga yang menjadi penyebab utamanya karena kegagalan dalam proses rooting yang menyebabkan android tidak bisa bekerja secara maksimal.

Oke, tanpa panjang lebar jika kamu ingin mengetahui cara root android tanpa pc dan tidak menyebabkan android menjadi error atau bisa dibilang hardbrick simak saja artikel cara ngeflash android sendiri di bawah ini.

Bagaiman Cara Mudah Flash Android?

1. Untuk cara flash hp semua merk pertama kalinya kamu harus menyiapkan Custom ROM,hal ini berguna untuk bahan yang akan di jadikan flashing android,jangan lupa juga masukkan Custom ROM tdi ke dalam sistem perangkat seluler kamu.

2. Nah bagi android yang tidak memiliki Custom ROM,maka ada cara untuk mengatasinya yakni kamu harus mengandalkan website untuk mengetahui custom rom tersebut, beberapa tools website yang menyuguhkan custom rom untuk flash android yakni Androidsource.com

3. Setelah itu nanti kamu akan mendapatkan file berupa custom rom dari tools website tersebut,simpan file tersebut pada sd card dan jangan lupa beri nama pada folder penyimpanan file untuk di khususkan costum rom flash android agar nantinya kamu akan mudah menemukan file tersebut.

4. Sesudah folder custom rom dibuat tadi pada penyimpanan kartu memori kemudian sekarang kamu matikan smartphone kamu (Daya mati),setelah itu masuk pada mode atau fitur recovery mode pada masing-masing perangkat seluler kamu agar mempermudah cara flash android.

Perlu di perhatikan juga,sebelum kamu aktifkan recovery mode alangkah baiknya untuk meng-backup semua data penting kamu seperti gambar,video,musik,dan lainnya.Caranya masuk ke menu pengaturan>>backup>>lalu pilih di restore.Hal ini bertujuan untuk menghindari gagalnya cara flash android sendiri ataupun hilangnya aplikasi.

5. Apabila data penting kamu sudah di backup semua kemudian kamu harus meng-wipe semua data baik itu berupa cache partition,ataupun wipe dalvik cache,hal ini bisa membantu kamu saat melakukan flash tanpa pc agar RAM di OS smartphone kamu tidak bermasalah sehingga nantinya akan hilang secara permanen.

6. Nah jika data pada rom smartphone lama kamu sudah terhapus semua maka sekarang kamu bisa menginstall atupun meng-flashing data terbaru di rom pada folder tadi yang sudah kamu buat sebelumnya.Pada cara flashing android awalnya kamu harus menginstall atau mengekstrak file ram dalam ekstensi ZIP,file tersebut bisa kamu simpan pada folder khusus di penyimpanan memori.

7. Sekarang ada beberapa cara yang disediakan pada pengaturan menu perangkat kamu termasuk pada fitur recovery mode.Untuk cara flash android versi recovery mode kamu hanya bisa mengendalikannya dengan menekan tombol volume atas/bawah yang berfungsi untuk scrool,sedangkan tombol home untuk Yes/OK.

Setelah semua langkah sudah anda lakukan maka sekarang anda Reboot/restart perangkat android anda dengan mengklik “reboot system now” dan tunggu beberapa saat sampai perangkat kembali menyala seperti baru melakukan hardreset.

8. Untuk cara terakhir flash android kamu cukup lakukak sistem Reboot atau bisa dibilang proses restart smartphone android,caranya cukup mudah kamu cukup memilih fitur “reboot system now” kemudian tunggu beberapa menit hingga smartphone android kamu kembali menyala,cara ini kadang dikatakan dengan hard reset.

Bagaimana cukup mudah bukan cara flashing android, artikel ini memberikan cara lengkap flash android sendiri, jadi kamu tidak perlu membutuhkan alat apapun, cukup bermodalkan satu android saja. Alternatif lain anda bisa menggunakan cara flash android dengan flashtool.

Demikianlah artikel tentang cara paling mudah flash android, semoga artikel cara flash android tanpa pc ini dapat menambah wawasan tentang tutorial flash android tidak perlu melakukan download aplikasi flash untuk semua jenis hp.

Penulis

foto Rizky Mahendra Giri Kuncoro
Rizky Mahendra Giri Kuncoro

Komentar