12 Cara Agar Rumah Tidak Banyak Nyamuk Paling Ampuh

access_time | label Tips & Trik
12 Cara Agar Rumah Tidak Banyak Nyamuk Paling Ampuh

Cara agar rumah tidak banyak nyamuk bisa dihindari dengan kebiasaan kita sehari – hari. Nyamuk memang pada dasarnya sangat mengganggu sekali. Dari mulai bekas yang ditinggalkan, rasa gatal yang tidak tertahankan, bahkan sampai bisa menimbulkan penyakit tertentu dan mengancam nyawa setiap orang.

Waspadai waktu -waktu tertentu dimana sekelompok nyamuk mulai beraksi. Anda harus waspada pada waktu pagi maksimal sampai pukul 10 pagi dan malam hari. Waktu yang sangat disukai oleh nyamuk untuk berkeliaran. Sebenarnya jumlah nyamuk yang berada di area rumah kita bisa ditekan semaksimal mungkin dengan memperhatikan beberapa aspek. Usahakan untuk selalu peka dengan hal apa saja yang ada di lingkungan anda.

Pada artikel kali ini akan membahas mengenai cara membasmi nyamuk dan agar rumah tidak banyak nyamuk yang nantinya diulas lebih dalam sehingga bisa anda jadikan sebagai bahan referensi, yuk kita simak bersama – sama penjelasan berikut ini :

1. Semprotkan Obat Nyamuk Spray

Cara yang satu ini sangat ampuh untuk digunakan, anda bisa menyemprotkan obat nyamuk spray ke ruangan – ruangan sebelum anda tinggal untuk beraktivitas di luar rumah. Selanjutnya tutup semua celah yang ada.

Pada saat anda pulang ke rumah, dijamin nyamuk sudah tidak ada lagi dan anda menjadi tidak terganggu dengan keberadaannya. Lakukan cara ini minimal setiap 3 hari sekali, Namun jika anda ingin mendapatkan hasil maksimal, bisa anda terapkan setiap hari.

2. Gunakan Raket Nyamuk

Penggunaan raket nyamuk sekarang ini kian menjamur di masyarakat. Pasalnya raket nyamuk menawarkan hasil nyata tanpa menunggu waktu lama. Sekali kibas nyamuk langsung bisa terperangkap dan tersengat dengan aliran listrik yang ada pada bagian raket tersebut.

Kemudian nyamuk akan terbakar dan populasinya secara otomatis akan dapat dikendalikan dengan sangat cepat. Untuk hari – hari berikutnya anda tidak akan lagi merasakan adanya banyak nyamuk berkeliaran. Berbeda dengan obat nyamuk, yang kadang kala hanya membuat sebagian nyamuk pingsan dalam beberapa saat.

3. Rajin Menguras Bak Mandi

Jika pada bagian dasar bak mandi anda sudah terlihat kotoran – kotoran kecil berwarna hitam, itu menandakan bahwa nyamuk sudah mulai berkembang biak. Waktu inilah yang tepat untuk anda melakukan pengurasan terhadap bak mandi anda.

Jangan menunda – Nunda sebelum nyamuk berkembang lebih banyak lagi. Pasalnya kamar mandi memang menjadi tempat favorite nyamuk untuk berkembang biak dan bersembunyi. Karena memang kamar mandi terasa adem dan biasanya banyak pakaian atau handuk di gantung didekat ruangan tersebut.

4. Menjaga Kebersihan Lingkungan Tempat Tinggal

Cara agar rumah tidak banyak nyamuk selanjutnya yakni dengan menjaga kebersihan. Biasakan setiap haru untuk menyapu dan mengepel seluruh ruangan rumah anda. Jangan lewatkan sudut – sudut ruangan, dan kolong meja, kursi, tempat tidur dan lain sebagainya.

Bersihkan daun – daun kering yang menumpuk di bagian dasar pot tanaman hias anda agar tidak dijadikan sebagai sarang nyamuk. Pada saat musim hujan tiba periksa setiap hari pot tanaman hias anda. Jika terdapat genangan air, maka segeralah buang.

5. Hindari Penyimpanan Pakaian Dengan Cara Menggantungnya

Banyak orang yang seringkali membiasakan dan membudayakan kebiasaan buruk yang satu ini. Pada saat selesai menggunakan pakaian atau pun jaket sebaiknya simpan dengan baik. Untuk pakaian seperti kemeja dan kaos, sebaiknya langsung masukkan ke dalam tempat penyimpanan pakaian kotor untuk mengurangi volume pakaian yang mungkin saja digantung.

Untuk jaket atau pun celana jeans bolehlah digantung, tapi tetap harus diperhatikan volumenya jangan terlalu banyak. Hal ini digunakan untuk mencegah bersarangnya nyamuk di area sekitar pakaian yang menggantung.

6. Segera Cuci Pakaian Kotor Anda                    

Lakukan pengecekan bak pakaian kotor anda secara rutin. Apabila anda menemukan pakaian kotor anda dan keluarga sudah menumpuk, segeralah melakukan pencucian. Karena nyamuk sangat suka bersarang dan tinggal di tumpukan pakaian kotor.

Namun jika memang terpaksa anda tidak bisa melakukan pencucian karena kesibukan aktivitas kerja, maka saya sarankan untuk menyimpan pakaian kotor anda dalam wadah yang tertutup sehingga sangat sulit untuk dijangkau oleh nyamuk.

7. Perhatikan Kondisi Saluran Air

Di daerah perkotaan saluran air sangat tidak diperhatikan. Padahal saluran air  sendiri sangat berpengaruh terhadap kesehatan lingkungan di sekitarnya. Dengan adanya persoalan semacam ini, sebaiknya kita segera berbenah untuk merapikan saluran air. Jangan sampai air limbah rumah tangga mengalir secara sembarangan.

Jika saluran air memang sudah ada dan tertata dengan baik, perhatikan alirannya lancar atau tidak. Berhentinya air pada saluran air, akan memberi peluang nyamuk untuk berkembang biak dengan cepat. Segeralah bersihkan saluran air dari berbagai sampah yang menyumbat atau pun tumpukan tanah yang terbawa saat air mengalir.

8. Pasang Jaring – Jaring Nyamuk Pada Ventilasi Rumah

Pemasangan jaring – jaring nyamuk sangat membantu mengurangi populasi nyamuk yang masuk ke dalam rumah anda. Pasalnya nyamuk akan merasa kesulitan melewati jaring – jaring dengan lubang yang sangat kecil.

Berbeda lagi jika anda tidak memasang jaring – jaring nyamuk. Nyamuk akan bebas keluar masuk rumah anda. Hal sekecil ini pun harus anda perhatikan untuk mencegah kemungkinan – kemungkinan yang tidak diinginkan.

9. Segera Buang Sampah Rumah Tangga

Jangan biarkan limbah dan sampah rumah tangga anda tersimpan atau pun menumpuk semakin banyak di dapur rumah anda. Pembusukan yang menimbulkan bau tidak sedap justru akan mengundang nyamuk untuk tinggal dan kemudian membuat sarang.

Usahakan dan luangkan waktu anda untuk membuang sampah rumah tangga rutin setiap hari. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari sampah mengalami pembusukan. Jika sampah tersebut bisa dibakar, alangkah baiknya jika segera dilakukan pembakaran saja.

10. Banyak Menanam Tanaman Yang Tidak Disukai Nyamuk

Tanaman seperti lavender atau jenis lainnya yang terbukti tidak disukai oleh nyamuk sangat baik dibudidayakan di area rumah anda. Letakkan tanaman tersebut pada bagian rumah yang dekat dengan jalur keluar masuk seperti pintu, jendela, atau pun ventilasi.

Hal tersebut sangat ampuh digunakan untuk mengusir nyamuk dan mencegah nyamuk agar tidak mudah masuk ke dalam rumah anda. Karena di masyarakat sendiri tanaman ini banyak dimanfaatkan untuk bahan utama pembuatan losion anti nyamuk.

11. Gunakan Obat Nyamuk Bakar

Penggunaan obat nyamuk bakar juga sangat efektif untuk mencegah nyamuk datang ke rumah anda. Asap yang dihasilkan oleh obat nyamuk bakar sangat tidak disukai oleh nyamuk. Jadi anda bisa meletakkannya di sudut – sudut ruangan ataupun di kolong – kolong.

Anda juga harus memperhatikan resiko yang akan ditimbulkan oleh obat nyamuk bakar ketika anda teledor. Sebaiknya letakkanlah obat nyamuk bakar di wadah seperti piring. Agar pada saat obat nyamuk terbakar habis tidak menimbulkan resiko seperti kebakaran.

12. Gunakan Obat Nyamuk Elektrik

Obat nyamuk elektrik juga disarankan bagi anda yang tidak tahan dengan asap yang dihasilkan oleh obat nyamuk bakar. Cukup colokkan obat nyamuk elektrik di pagi dan malam hari untuk mencegah nyamuk datang ke rumah anda.

Aroma terapi yang wangi tersebut justru sangat tidak disukai oleh nyamuk, sehingga mereka enggan mendekat ke sumber bau yang dikeluarkan oleh obat nyamuk elektrik.

Dapat diambil kesimpulan bahwa artikel mengenai cara agar rumah tidak banyak nyamuk yang sudah diulas di atas secara detail dan dikemas dengan baik diharapkan bisa membantu memudahkan anda dalam mempelajari serta memahaminya lebih dalam lagi sehingga layak dijadikan sebagai sumber referensi.

Sampai disini dulu ya artikel kali ini yang membahas mengenai cara agar rumah tidak banyak nyamuk. Semoga bisa bermanfaat bagi sobat sekalian dan terima kasih sudah meluangkan sedikit waktunya untuk membaca artikel saya ini. Sampai jumpa di artikel lainnya.

Penulis

foto Rizky Mahendra Giri Kuncoro
Rizky Mahendra Giri Kuncoro

Share

Komentar