Logo Eventkampus

Cara Mudah Dan Ampuh Mengatasi Lumut Di Tembok

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Cara Mudah Dan Ampuh Mengatasi Lumut Di Tembok

Lumut akan muncul jika rumah berada dalam kondisi lembab. Adanya cipratan dari air hujan serta adanya bagian dari atap rumah yang bocor juga adanya air tanah yang merembes dan mengalir masuk di tembok rumah juga dapat menjadi penyebabnya. Kemunculan jamur ini biasanya ditandai dengan adanya warna hijau pada tembok.

Perkembangbiakan lumut sangat cepat dan mudah menyebar, sehingga jika tidak segera diatasi akan sulit untuk dimusnahkan. Karena habitatnya berada di tempat yang lembab, lumut biasanya berada di wastafel, dapur, kamar mandi serta dinding yang lembab lainnya.

Tapi, dimanapun lumut tersebut muncul, tentu saja akan mengurangi penampilan rumah Anda, bukan? Bukan hanya mengurangi keindahan rumah Anda, akan tetapi juga bisa menyebabkan kekuatan rumah berkurang dan mudah lapuk. Namun, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi jamur ini, yakni sebagai berikut:

1. Dengan Bata Merah

Gunakan bata merah yang mudah untuk Anda genggam, lalu gosokkan pada bagian tembok yang ada lumutnya. Gosok terus lumut tersebut hingga tergerus oleh bata, lalu siram tembok dengan air, sekaligus bersihkan pula bekas bata yang telah digunakan tadi, misalnya dengan mengecat ulang tembok.

2. Dengan Larutan Garam

Campurkan 3 sendok garam dengan 2 liter air, lalu rebus hingga mendidih. Setelah itu, siramkan air ini pada lumut lalu sikat lumut hingga bersih.

3. Dengan Kaporit

Gunakan kaporit yang telah dihaluskan untuk mengatasi lumut ini. Caranya adalah taburkan kaporit pada lumut dan tunggu hingga muncul buih karena adanya teaksi kimia. Kemudian siram tembok dengan air lalu gosok dengan menggunakan air sabun. Setelah itu bilas dengan air bersih.

4. Dengan Pemutih Baju

Campurkan pemutih baju dengan air secukupnya lalu siramkan pada tembok yang berlumut. Diamkan beberapa saat lalu gosok lumut hingga lumut tergerus. Setelah selesai, bilas dengan menggunakan air bersih.

5. Dengan Air Kapur

Campurkan kapur dengan air lalu siramkan pada tembok yang ditumbuhi lumut. Biarkan selama semalam, lalu gosok lumut hingga bersih di keesokan harinya.

6. Dengan Karbol

Silahkan membuat larutan dengan campuran karbol dan air. Takaran yang biasa dipakai adalah 1:3, 1 untuk karbol dan 3 untuk air. Setelah siap, lalu semprotkan atau bisa juga percikkan larutan tersebut pada lumut lalu gosok dengan menggunakan benda yang agak kasar. Setelah selesai, kemudian bilas tembok tersebut.

Jika Anda memilih untuk menggunakan cara ini, Anda hendaknya memakai masker, pakaian lengan panjang serta sarung tangan karet dan buka jendela lebar-lebar selama proses pengerjaan. Ini dimaksudkan supaya tidak terjadi berbagai hal yang tidak diinginkan.

Penulis

foto Rizky Mahendra Giri Kuncoro
Rizky Mahendra Giri Kuncoro

Komentar