Logo Eventkampus

Manfaat kopi bagi Kesehatan

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Manfaat kopi bagi Kesehatan

Kopi merupakan salah satu minuman favorit di seluruh dunia karena rasanya yang khas. Selain rasanya yang khas, kopi juga biasa digunakan untuk mengatasi rasa kantuk. Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kopi terbesar didunia. Meskipun Indonesi merupakan negara penghasil kopi terbesar, namun masyarakatnya bukan termasuk peminum kopi terbanyak di Dunia. Kopi juga menyimpan banyak manfaat begi kesehatan. Berikut Manfaat kopi bagi kesehatan tubuh:


1. Menurunkan berat badan

Biji kpoi mengandung senyawa yang bernama klorogenat dan kafein yang bisa menurunkan berat badan. Selain mengatur pola makan, program diet mu akan lebih teratur dengan meminum kopi.


2. Dapat mencegah diabetes

Dengan mengkonsumsi kopi secara teratur dan takaran yang pas, ternyata bisa ampuh mencegah terjadinya diabetes. Tetapi juaga harus diimbangai dengan olahraga yang teratur serta menjaga pola makan.


3. Menjaga kesehatan tulang

Kopi mengandung kalsium yang menjadi asupan zat penting bagi tulang manusia. Manfaat kopi juga dapat mencegah penyakit tulang,seperti osteoporosis.


4. Menjaga kesehatan jantung

Selain kalsium, kopi juag mengandung kalium yang berguna untuk memperkuat otot jantung, sehingga detak jantung menjadi lebih stabil.


5. Menurunkan resiko terkena kanker

Meminum kopi tanpa campuran gula atau zat lain dapat meningkatkan kinerja zat aktif dalam tubuh yang berfungsi untuk memerangi semua potensi pembentukan kanker.


6. Meningkatkan metabolisme tubuh

Kopi bisa meningkatkan metabolisme dalam tubuh jika dikonsumsi secara teratur dan takaran yang pas. Jika metabolisme dalam tubuh lancar maka lemak – lemak jahat dalam tubuh akan hilang dalam sendirinya.


7. Meredakan sakit kepala

Salah satu  cara yang aman untuk meredakan sakit kepala ialah dengan mengkonsumsi kopi hitam secukupnya.


8. Menjaga kesehatan hati

Orang yang sering mengkonsumsi kopi hitam tanpa gula memiliki 80% kemungkinan lebih rendah untuk terserang penyakit hati seperti kanker hati, hepatitis, penyakit hati berlemak, dan sirosis alkohol.


9. Membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh

Kopi merupakan salah satu jenis minuman diuretik yang dapat membuat orang yang meminumnya merasa ingin membuang air kecil terus. Oleh karena itu, meminum kopi tanpa gula secara teratur dapat mengeluarkan racun dan bakteri melalui urine.

 10. Mengecilkan pori-pori wajah

Kopi dapat digunakan sebagai masker wajah untuk merawat wajah agar tetap halus dan cerah. Kopi diyakini memiliki zat-zat yang dapat membuat pori-pori wajah mengecil.


11. Mengatasi wajah bersinar

Kopi bisa dilarutkan dengan air mawar, kemudian oleskan di seluruh wajah dan tunggu hingga beberapa menit. Kemudia bilas dengan air biasa, lakukan hal itu secara teratur sehingga hasilnya maksimal.


12. Mengatasi wajah kusam

Kandungan antioksidan yang tinggi pada kopi diyakini sangat ampuh membuat kulit wajah terlihat lebih cerah alami.


13. Mengatasi dan menyamarkan bekas jerawat

masker kopi bila digunakan secara teratur bisa menyamarkan bekas jerawat, dan membuat kulit wajah kembali halus.


14. Memperpanjang umur

Sebuah penelitian mengatakan orang yang mengkonsumsi kopi secara teratur, dua hingga empat cangkir setiap harinya memiliki resiko kematian yang rendah dibandingkan orang yang tidak mengkonsumsi kopi.


15. Membuat otak lebih cerdas

Kafein yang terkandung dalam kopi ternyata mampu membuat otak berfungsi dengan baik dan bisa mengingat informasi lebih lama.

 

Selain 15 manfaat tersebut, kopi masih memiliki beragam manfaat lain, seperti:

1.       sebagai sumber anti oksidan.

2.       Membuat tubuh menjadi bugar.

3.       Membantu menurunkan berat badan.

4.       Menambah nutrisi dalam tubuh.

5.       Terhindarr dari penyakit stroke.

 

 

 

Penulis

foto Havit_Aryan
Havit_Aryan
SMK BHINA KARYA KARANGANYAR

Komentar