Logo Eventkampus

Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan

Buah Sirsak selain dimakan langsung, buah ini sering diolah menjadi es krim hingga jus. Dan bukan hanya buahnya saja yang memiliki manfaat, daun sirsak juga berguna untuk pengobatan. Berikut ini beberapa manfaat daun sirsak untuk kesehatan.

 

1.       Manfaat Daun Sirsak Sebagai Anti Kanker

Menurut beberapa penelitian, kanker dapat disembuhkan dengan campuran daun sirsak dan buahnya. Hal ini di karenakan efek zat penyembuhan kanker akan bekerja lebih efektif dengan adanya daun sirsak.

2.       Mengobati Eksim dan Rematik

Manfaat daun sirsak dapat mengobati nyeri radang sendi. Anda cukup menumbuk daun sirsak sampai halus dan oleskan pada area tubuh yang mengalami rasa sakit akibat radang sendi dan eksim. Usahakan lakukan cara ini secara teratur cukup dua kali sehari.

3.       Membuang Racun Dari Dalam Tubuh

Ternyata salah satu khasiat daun sirsak adalah mampu membuang racun dari dalam tubuh manusia. Dengan mengonsumsi air rebusan daun sirsak secara teratur dapat dijadikan terapi toksik.

4.       Menyembuhkan Asam Urat

Dengan rebusan daun sirsak ternyata mampu menyembuhkan asam urat. Hal ini dikarenakan adanya kandungan acetogenin, asam gentistic, caclourin, annocatalin, dan asam linoleat yang terdapat di dalam daun sirsak ternyata tidak hanya bisa menyembuhkan kanker, melainkan juga dapat menyembuhkan asam urat.

5.       Mencegah Penuaan Dini

Kandungan antioksidan di dalam daun sirsak ternyata mampu mencegah penuaan dini. Antioksidan melawan radikal bebas di dalam tubuh yang menjadi sebab penuaan dini sehingga tubuh tetap awet muda.

6.       Mengobati Diabetes

Penyakit diabetes ini disebabkan oleh kebiasaan mengonsumsi gula terlalu berlebih sehingga menyebabkan kadar gula dalam darah meningkat. Jika anda mempunyai penyakit diabetes cobalah mengonsumsi air rebusan daun sirsak yang dipercaya mampu menstabilkan gula darah. Khasiat daun sirsak untuk kesehatan berkat adanya kandungan antioksidan yang tinggi seperti polifenol, saponin, dan bioflavonoid.

7.       Mampu Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat yang terkandung pada daun sirsak di yakini memiliki kandungan nutrisi yang cukup untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Anda hanya perlu merebus 4 atau 5 lembar daun sirsak, lalu meminum air rebusan tersebut secara teratur.

8.       Melindungi Kesehatan Jantung

Kadar kalium tinggi dan senyawa aktif di dalam teh daun sirsak mampu membantu menurunkan tekanan darah dalam jumlah yang signifikan. Untuk para penderita hipertensi, ini adalah cara terbaik untuk menurunkan tekanan pada jantung dan mengurangi risiko aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke.

9.       Menyehatkan Mata

Penelitian yang dilakukan National Eye Institute mengungkapakan anti oksidan yang ada didalam buah dan daun sirsak bermanfaat untuk menyehatkan mata. Apalagi jika anda mengkombinasikan dengan makanan yang mengandung vitamin C, vitamin E, dan beta karoten. Kombinasi tersebut bisa menurunkan risiko perkembangan penyakit mata, terutama katarak hingga 25%.

10.   Mampu Menghambat Pertumbuhan Tumor

Selain manfaat dari daun sirsak disebukan di atas, daun sirsak juga sangat efektif dalam menghambat bakteri, virus, parasit, dan perkembangan tumor. Kandungan antioksidan dan senyawa yang ada didalam daun sirsak berfungsi sebagai anti tumor, anti kanker serta anti bakteri.

 

I

tulah beberapa contoh manfaat dari daun sirsak yang semoga bermanfaat bagi Anda. Mungkin masih banyak lagi manfaat dari daun sirsak yang mungkin tidak tersedia di Artikel ini, mohon maaf jika penulisan didalam artikel ini kurang lengkap. Terimakasih..

Penulis

foto Ariffai
Ariffai
SMK Bhina Karya Karanganyar

Komentar