Logo Eventkampus

Contoh Bahaya Narkoba Bagi Kesehatan

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Contoh Bahaya Narkoba Bagi Kesehatan

Narkotika adalah zat atau obat baik yang bersifat alamiah, sintetis, maupun semi sintetis yang menimbulkan efek penurunan kesadaran, halusinasi, serta daya rangsang. Sementara menurut UU Narkotika pasal 1 ayat 1 menyatakan bahwa narkotika merupakan zat buatan ataupun yang berasal dari tanaman yang memberikan efek halusinasi, menurunnya kesadaran, serta menyebabkan kecanduan.

 

Mengenal Narkoba

 

Narkotika dan obat-obatan terlarang atau yang disingkat dengan Narkoba, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO, World Health Organization), mendefinisikan bahwa yang disebut dengan narkoba ialah semua zat padat, cair, maupun gas yang dimasukkan ke dalam tubuh dan dapat mengubah fungsi dan struktur tubuh baik secara fisik maupun psikis.  Di Indonesia, narkoba juga dikenal dengan NAPZA (Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif).

Sebenarnya, narkoba merupakan senyawa psikotropika yang biasa dipakai dalam dunia kesehatan untuk dijadikan sebagai obat bius pasien yang akan dioperasi atau diberikan kepada pasien dengan penyakit-penyakit tertentu terutama yang membutuhkan jenis obat penenang. Proses pemberiannya pun tidak dilakukan secara sembarangan melainkan dokter atau para ahli akan memperhitungkan dosis yang sesuai serta cara pemberian yang sesuai dengan standar prosedur operasionalnya sehingga senyawa tersebut benar-benar berguna bagi manusia. Akan tetapi yang terjadi di masyarakat justru sebaliknya. Narkoba disalahgunakan untuk kepentingan akan kesenangan atau gaya-gayaan semata. Ini yang peling sering terjadi di kalangan remaja. Ada juga yang menggunakan narkoba untuk dijadikan penenang karena stres atau depresi menjalani kehidupan yang sulit. Padahal, narkoba bukanlah solusi untuk mengatasi masalah melainkan hanya akan menambah masalah

Berikut ini adalah berbagai bahaya Narkoba bagi kesehatan yang perlu anda ketahui!

 

1.    Menurunkan kesadaran

Bahaya narkoba yang pertama adalah dapat menurunkan kesadaran penggunanya. Hal ini tentunya membuat pengguna narkoba kesulitan untuk melakukan aktivitas. Kesulitan untuk mengikuti pelajaran merupakan salah satu bahaya narkoba bagi pelajar. Jika dibiarkan tentunya akan berpengaruh pada kehidupannya secara keseluruhan.

 

2.    Menyebabkan kerusakan sel otak

Ternyata beberapa jenis narkoba mengharuskan otak bekerja tidak sebagaimana mestinya. Narkoba jenis stimulan memaksa otak untuk bekerja lebih cepat, sedangkan jenis stimulan dapat menekan saraf pusat dan memaksa diri tenang,Jika berlangsung dalam jangka waktu yang lama, tentunya akan memicu perubahan pada sel otak dan saraf. Kerusakan pada saraf di otak akibat narkoba bisa menjadi permanen. Jika tidak permanen, mungkin waktu untuk pemulihannya pun sangat memakan waktu yang cukup lama.

 

3.    Meningkatkan resiko berbagai penyakit

Beberapa kondisi yang paling umum terjadi akibat penggunaan narkoba adalah seperti gangguang irama jantung, gangguan paru-paru, dan hipertensi. Selain gangguan fisik, narkoba juga dapat mengganggu kesehatan mental.

 

4.    Narkoba dapat meracuni tubuh

saat tenggorokannya terasa terbakar. Narkoba sebenarnya adalah racun bagi tubuh. Segala hal yang berbahaya bagi manusia pasti akan disaring oleh organ hati.  Apabila racun yang disaring semakin banyak tentunya menyebabkan hati bekerja ekstra. Apabila fungsi hati tidak maksimal lagi risiko tubuh keracunan semakin tinggi. Racun tersebut juga dapat merusak organ penting lain seperti ginjal, jantung dan fungsi otak.

 

5.    Dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh

Bagi para pecandu narkoba, akan selalu merasa ingin menambah dosis sehingga kinerja organ tubuh semakin berat. Kerja keras yang terus menerus ini merusak organ-organ tubuh. Organ tubuh yang rusak, misalnya hati, dapat menyebabkan tubuh rentan keracunan. 

 

Itulah beberapa contoh bahayanya narkoba bagi kesehatan tubuh.

 

 

 

 

 

 

Penulis

foto Ariffai
Ariffai
SMK Bhina Karya Karanganyar

Komentar