Logo Eventkampus

Tips Membeli Handphone Baru

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Tips Membeli Handphone Baru

Tips Membeli Handphone Baru

Membeli handphone baru memang membutuhkan sedikit survey. Banyaknya jenis handphone, spesifikasi, dan harga sering membuat pembeli bingung. Salah satu kesalahan konsumen dalam membeli handphone baru ialah terlalu percaya pada iklan, padahal produk tersebut belum tentu sesuai dengan kubutuhan kita. Membeli handphone android juga berbeda dengan membeli handphone dari platfrom lain. Kali ini kita akan berikan tips membeli handphone android yang sesuai dengan kebutuhan kamu:

1.       Pilih hp dari kelas Mid End

Handphone kelas Mid End adalah hp kelas menengah yang harganya tidak terlalu murah dan tidak terlalu mahal, biasanya berkisar antara 2-3 jutaan. Kualitas hp Mid End jauh lebih baik daripada hp kelas entry level dan pilihhan produk hp dari kelas Mid End jauh lebih banyak sehingga kita memiliki kesempatan untuk memilih produk yang sesuai dengan lebih mudah.

Jika udget yang kita miliki tidak banyak ada 2 solusi. Solusi pertama ialah membeli hp murah berkualitas yang berada di kisaran harga satu jutaan. Solusi kedua ialah menggunnakan produk kredit hp.

2.       Pertimbangkan kebutuhanmu

Pertimbangkan fitur apa saja yang kamu butuhkan dari sebuah handphone. Beberapa fitur yang canggih seringkali jarang atau bahkan tidak digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Misalnya retina scanner.

3.       Waspadai perubahan tekhnologi

Perubahan tekhnologi perangkat hadir begitu cepat. Hal itu kadang merusak kebiasaan yang sudah lama terbangun. Apalagi kalo tekhnologi itu berhubungan dengan perangkat lain, seperti aksesoris.

4.       Lihat chipset yang dimiliki hp

Ketidaktahuan akan spesifikasi hp murah seringkali menjebak banyak orang untuk membeli handphone berspesifikasi mengecewakan dengan harga yang terlalu  mahal. salah satu yang  tidak diketahui orang ialah chipset atau prosesor. Kami menyarankan untuk memilih smartphone yang menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon yang sudah cukup umum di pasaran, untuk serinya kami menyarankan untuk membeli dari seri Snapdragon 600 atau Snapdragon 400.

5.       Desain

Dengan desain yang kekinian, tentu tampilan hp akan lebih terlihat modern. Walaupun dari segi fungsi belum tentu sesuai dengan kebutuhan si pemakai. Untuk trend saat ini, handphone terbaru sudah menggunakan desain layar bezel less dan punya notch atau poni.

6.       Kamera

Sekarang banyak handphone murah yang dilengkapi fitur dual kamera untuk meningkatkan hasil memotret. Bagi yang suka merekam video, disarankan untuk memilih handphone yang kameranya sudah dilengkapi fitur OIS dan mampu merekam video berkualitas 4K.

7.       Pilih RAM yang memadai

Untuk kelas entry level dengan chipset Qualcomm Snapdragon 400 menggunakan RAM 2 GB atau 3 GB. Untuk kelas Mid End dengan chipset Snapdragon 600 series biasanya menggunakan RAM 3GB, 4GB dan 6GB. Yang membedakan harga ialah RAM kecil atau RAM besar, jadi sesuaikan budged anda unntuk memilih handphone yang sesuai dengan kebutuhan.

8.       Pilih layar yang lega

Kami menyarankan untuk memilih handphone dengan ukuran layar minimal 5 inch. Selain layar dibawah ukuran 5 inch sudah jarang, layar minimal 5 inch juga lebih mudah untuk di operasikan, terutama dalam mengetik pesan. Satu hal yang perlu di perhatikan ialah resolusinya, resolusi layar yang digunakan setidaknya harus sudah 1080p atau full HD yang dianggap resolusi layar paling ideal saat ini.

Sebelum memilih hp terbaik yang sesuai dengan kebutuhan anda, ada baiknya untuk membaca atau melihat video review yang banyak tersedia di situs gadget atau youtube. Itu akan berguna sebagai bahan masukan sebelum kamu memilih handphone yang akan kalian beli dan sesuaikan dengan budged yang kalian miliki.

 

 Sumber : https://urbandigital.id/tips-membeli-handphone-android/

                   https://www.pricebook.co.id/article/tips_tricks/2018/07/06/8551/tips-memilih-hp-murah-terbaik

Penulis

foto Havit_Aryan
Havit_Aryan
SMK BHINA KARYA KARANGANYAR

Komentar