Logo Eventkampus

Cara Menghilangkan Noda Permen Karet Pada Pakaian

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Cara Menghilangkan Noda Permen Karet Pada Pakaian

Tanpa sengaja permen karet menempel pada pakaian? Pasti Anda akan kesulitan membersihkannya. Biasanya hal ini kerap terjadi pada anak-anak yang menyukai permen karet, atau orang dewasa yang tanpa sengaja duduk di area umum dan tak sengaja tertempel permen karet bekas. 

Jangan terburu-buru untuk membuang busana tersebut, gunakan beberapa bahan yang tersedia di rumah untuk membantu menghilangkan noda bekas permen karet.

 

1. Bekukan di dalam freezer

Ini mungkin salah satu tips yang paling sederhana untuk menghilangkan permen karet pada pakaian Anda. Tempatkan pakaian Anda dalam kantong plastik dengan sisi area busana yang terkena noda permen karet menghadap ke atas. Pastikan permen karet atau pakaian tidak bersentuhan dengan kantong plastik.

Tujuannya, menjaga pakaian dan permen karet tetap kering dan membekukan permen karet. Bekukan selama beberapa jam. Ketika permen karet sudah beku dan mengeras, Anda dapat dengan lebih mudah mengelupasnya.

 

2. Cuka panas

Hampir setiap rumah memiliki cuka putih di dapur bukan? Menghilangkan noda bekas permen karet dari pakaian dengan cuka adalah salah satu yang belum banyak digunakan.

Tempatkan cuka dalam wadah dan panaskan dalam microwave selama satu menit. Ketika cuka panas, tidak mendidih, celupkan daerah pakaian yang bernoda permen karet ke dalam cuka.

Biarkan selama beberapa menit. Cuka panas akan merusak permen karet, sehingga mudah untuk dibersihkan dengan menggunakan sikat gigi.

 

3. Setrika panas

Cara lain menghilangkan permen karet adalah dengan setrika panas. Tempatkan karton di papan setrika Anda. Letakkan sisi pakaian yang terkena permen karet di atas karton dan tutupi dengan sapu tangan atau sepotong kain.

Setrika busana di area yang terkena permen karet, hingga permen karet panas, meleleh dan menempel ke karton. Lakukan beberapa saat hingga pakaian bersih.

 

4. Sabun cuci

Teteskan sabun cuci di atas area noda permen karet, dan sikat dengan menggunakan sikat gigi. Biarkan selama sekitar setengah jam.

Permen karet akan melonggar dan dengan lebih mudah terlepas dengan cara menyikatnya kembali

 

5. Hair spray

Jika Anda memiliki hair spray Anda dapat menggunakannya untuk menghilangkan permen karet dengan mudah dan cepat. Semprot daerah pakaian yang terkena permen karet dengan hair spray.

Hal ini akan mendinginkan permen karet dan membuatnya mengeras. Tunggu beberapa saat, Anda pun dapat mengupasnya dengan mudah. Ulangi sampai semua sisa permen karet terlepas.

 

6. Pengering rambut

Udara panas dari pengering rambut akan memanaskan permen karet sehingga permen karet mudah dilepas. 

Hati-hati jaga suhu pengering rambut agar tidak terlalu panas karena dapat merusak pakaian Anda. Setelah permen karet berubah benar-benar panas,

Gunakan sarung tangan untuk melindungi tangan dan jari Anda atau gunakan pisau ketika mengelupas permen karet yang sudah dipanasi dengan pengering rambut.

 

7. Ice Pack

Gunakan ice pack dengan menempatkan pakaian yang bernoda permen karet di antara dua lapisan plastik. Terapkan ice pack pada daerah busana yang terkena permen karet.

Hal ini dilakukan untuk membekukan atau setidaknya mencoba mendinginkan sisa permen karet. Setelah mengeras, diharapkan permen karet akan terkelupas dengan lebih mudah.

 

Penulis

foto CASPER
CASPER
SMK TAURUS

Komentar