Logo Eventkampus

Manfaat Tahu Untuk Kesehatan

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Manfaat Tahu Untuk Kesehatan

Manfaat Tahu Untuk Kesehatan

Tahu merupakan salah satu makanan yang berbahan dasar dari kedelai. Teksturnya yang kembut dan rasanya yang enak menjadikan tahu sebagai salah satu makanan favorit. Tahu memiliki  kalori yang rendah, yang sangat cocok bagi kalian yang ingin menurunkan berat badan. Tahu mengandung sedikit lemak, tetapi kaya akan protein. Tahu juga memiliki kadar natrium yang sangat rendah dan hampir tanpa kolesterol.

Manfaat tahu putih tidak hanya untuk memenuhi protein nabati bagi tubuh, namun memiliki begitu banyak manfaat untuk kesehatan. Mau tahu apa saja manfaat tahu untuk kesehatan? Berikut penjelasannya.

1.       Mengobati Gout atau Asam Urat

Penelitian menunjukkan bahwa tahu adalah sumber protein yang lebih disukai, terutama untuk pasien penderita gout atau asam urat lebih dari batas normal yang lebih rendah. Namun, mereka disarankan untuk menghindari asupan tahu yang berlebihan.

2.       Menurunkan Kolesterol

Mengkonsumsi tahu sebagai alternatif protein hewani dapat membantu menurunkan kolesterol jahat (low desity lipoprotein/LDL) dalam tubuh.

3.       Mencegah Rambut Rontok

Tahu juga bermanfaat untuk mencegah masalah kerontokan pada rambut karena mengandung keratin, protein penting untuk pertumuhan rambut.

4.       Menurunkan Resiko Terkena Kanker Prostat dan Payudara

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa tahu mengandung isoflavon yang bisa mencegah kanker prostat dan kanker payudara. Kandungan selenium yang memiliki antioksidan sangat tinggi dan ini mampu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

5.       Mencegah Penuaan

Mengkonsumsi tahu secara teratur dapat memperlambat proses penuaan. Manfaat tahu dapat membantu mempertahankan elastisitas kulit dan mengencangkan otot-otot wajah yang pada gilirannya mencegah penuaan.

6.       Meningkatkan Fungsi Ginjal

Berkat protein, khususnya protein kedelai, manfaat tahu dapat meningkatkan fungsi ginjal dan bermanfaat bagi orang yang menjalani dialisis atau transplantasi ginjal. Satu analisis meta dari sembilan percobaan menunjukkan dampak positif dari kedelai pada beberapa biomarker dari mereka yang menderita penyakit ginjal kronis. Ini mungkin karena kandungan proteinnya, tetapi juga karena dampaknya pada kadar lipid dalam darah

7.       Menjaga Berat Badan

Tahu yang bisa diolah menjadi bebagai jenis makanan sehat ini mampu menurunkan kadar kkolesterol jahat yang ada di dalam tubuh. Selain itu, manfaat tahu untuk diet ini juga kaya akan nutrisi yang bisa menjadi sumber energi, sehingga kita pun tidak perlu khawatir akan merasa lesu jika mengurangi porsi makanan.

8.       Mencegah Anemia

Tahu sebagai sumber zat besi yang sangat baik dan dapat membantu mencegah anemia.Kekurangan zat besi dapat menyebabkan penurunan jumlah sel darah merah sehat yang menyebabkan anemia. Sebuah penelitian yang dilakukan di China juga menunjukkan bahwa manfaat makan tahu dapat membantu menurunkan risiko anemia pada orang dewasa.

9.       Menjaga Kesehatan Otak

Manfaat tahu untuk kesehatan juga dikenal dapat meningkatkan daya ingat dan fungsi kognitif untuk wanita di atas usia 65 tahun. Kandungan lesitin yang ada di dalam tahu dapat membantu tubuh memproduksi asam fosfolipid fosfatidat (PA) dan fosfatidilserin(PS), yang dapat membantu neuron berfungsi normal.

10.   Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Manfaat makan tahu telah diketahui dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Ini dapat mengurangi kadar lipoprotein densitas rendah atau kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh Anda yang pada gilirannya dapat meningkatkan kesehatan jantung.

11.   Mencegah Osteoporosis

Kekurangan kalsium dalam tubuh dapat menyebabkan osteoporosis, terutama di usia tua. Namun bila Anda rutin makan tahu, dapat memperlambat pengeroposan tulang dengan menjaga tulang tetap kuat.

Itu tadi beberapa manfaat tahu bagi kesehatan tubuh. Jangan sepelekan tahu karena harganya murah, tapi lihat berapa banyak manfaat yang terkandung didalam tahu tersebut. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi kalian semua dan sampai jumpa di artikel lainnya.

Penulis

foto Havit_Aryan
Havit_Aryan
SMK BHINA KARYA KARANGANYAR

Komentar