Logo Eventkampus

6 Manfaat Brokoli, Si Hijau Kriboo

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
6 Manfaat Brokoli, Si Hijau Kriboo

Untuk memenuhi kebutuhan tubuh, kita harus mengonsumsi makanan yang sehat. Kamu masih bingung ingin mempersiapkan makanan apa yang sehat untuk memulai aktivitas di pagi hari? Kamu bisa memilih sayuran brokoli untuk makanan yang sehat.  Sayuran berwarna hijau yang memiliki bentuk seperti kembang kol ini memang kurang begitu memiliki rasa sedap seperti sayuran pada umumnya, sehingga banyak anak yang kurang menyukai brokoli. Bahkan jika masih mentah aroma langu bisa terhirup dari brokoli.

Namun, di balik rasanya yang kurang disukai oleh anak-anak, ternyata brokoli memiliki kandungan gizi yang melimpah dan baik untuk kesehatan tubuh. Brokoli terbukti mengandung vitamin A, B, C, D dan vitamin K, Kalsium, Zat Besi, serat, antioksidan dan mineral yang sangat diperlukan oleh tubuh.

1.Mengurangi berat badan

Manfaat sayur brokoli merupakan salah satu sayur yang memiliki kandungan kaya akan serat. Kandungan serat dalam brokoli mampu membuat perut menjadi terasa kenyang lebih lama. Oleh karena itu, brokoli merupakan salah satu jenis sayuran yang dapat membantu dalam proses diet atau penurunan berat badan.

2.Melawan Radikal Bebas

Bagi kamu yang sering beraktivitas di bawah terik matahari, tentunya rawan terkena radikal bebas. Untuk melawan radikal bebas salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan. Vitamin C adalah salah satu anti-oksidan bentuk dalam tubuh.

Vitamin C yang ada dalam brokoli mampu melawan radikal bebas agar kamu terhindar dari berbagai penyakit. Selain itu, vitamin C adalah antihistamin yang efektif untuk meredakan flu.

3.Mengontrol kolesterol

Mengkonsumsi brokoli yang dimasak dengan direbus memiliki efek yang baik untuk kesehatan jantung dan dapat menghindarkan dari gejala sakit jantung. Kandungan serat yang ada dalam brokoli mampu mengatasi masalah menumpuknya kolesterol dalam tubuh. Sehingga aliran darah menjadi lancar dan terhindar dari penyakit jantung.

4.Membantu Detoktifikasi Tubuh

Kaya akan serat, manfaat brokoli ternyata dapat membuang racun melalui saluran pencernaan. Brokoli yang juga kaya akan antioksidan mampu membantu detoksifikasi tubuh secara keseluruhan.

Sayuran ini termasuk fitonutrien khusus yang membantu proses detoksifikasi tubuh. Fitonutrien ini sebenarnya bukan zat yang harus dipenuhi kebutuhannya oleh tubuh, namun dengan adanya fitonutrien pada tubuh maka fungsi organ dan sistem tubuh akan sangat terdukung.

5.Meningkatkan kekebalan tubuh

Vitamin C dan antioksidan yang terkandung dalam brokoli dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C dan antioksidan ini mampu melawan infeksi dan melindungi tubuh dari serangan virus dan bakteri. Selain meningkatkan kekebalan tubuh, brokoli memiliki kandungan lain yang dapat bermanfaat untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

6.Mencegah Kanker Prostat

brokoli atau Brassica oleracea juga dipercaya mampu mencegah kanker, salah satunya kanker prostat. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa laki-laki yang mengonsumsi brokoli, memiliki risiko kanker prostat yang lebih rendah dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsinya sama sekali.

 sebab brokoli mengandung sulforaphane. Sulforaphane merupakan senyawa terbanyak yang ada di dalam tanaman brokoli. Senyawa ini dipercaya mampu menurunkan risiko seseorang mengalami kanker prostat.

Selain kanker prostat, brokoli juga memiliki manfaat dalam mengecilkan prostat yang sudah membesar. Penderita kanker prostat disarankan mengonsumsi brokoli sedikitnya empat porsi per minggu supaya memberikan efek yang signifikan



Penulis

foto rinnn
rinnn
smk bhina karya

Komentar