Logo Eventkampus

Apa Saja sih Manfaat Jeruk Kasturi?

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Apa Saja sih Manfaat Jeruk Kasturi?

Limau kasturi adalah salah satu jenis buah yang termasuk ke dalam spesies jeruk. Limau kasturi memiliki rasa asam dengan daging buah yang berwarna oranye atau kuning. Yang membedakan limau kasturi dengan buah jeruk pada umumnya adalah biasanya kulit limau kasturi berwarna hijau kekuningan yang mengkilap. jeruk lemon maupun jeruk nipis, yang sudah sering dimanfaatkan khasiatnya untuk menyehatkan tubuh. 

Jeruk kasturi pada umumnya memiliki wangi yang lebih tajam dan lebih harum daripada jenis jeruk lainnya. Jeruk kasturi juga mengandung banyak khasiat untuk kesehatan tubuh yaitu kaya antioksidan seperti flavonoid, linalool, kalsium, fosfor, vitamin (A, B1, C) dan nutrisi lainnya.

Sebagian besar orang hanya mengetahui kegunaan limau kasturi sebatas untuk menghilangkan bau amis pada ikan, menghilangkan bau anyir pada ayam, dan sebagai bahan tambahan untuk membuat sambal. limau kasturi memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan seperti berikut :

1.Menyembuhkan sakit tenggorokan

Air perasan jeruk kasturi juga dapat digunakan untuk membantu menyembuhkan tenggorokan yang sakit seperti radang atau batuk.  Untuk dewasa, sari jeruk kasturi dapat dicampur dengan manfaat lada hitam bagi kesehatan dan dicampur dengan air hangat. Untuk anak kecil cukup dicampur dengan madu dan air hangat saja.

2.Meningkatkan daya tahan tubuh

Sama seperti jenis jeruk lain, jeruk kasturi kaya akan manfaat vitamin C bagi kesehatan tubuh. Vitamin C yang terkandung di dalam jeruk kasturi sangat tinggi dan dengan mengkonsumsi dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan bisa mencegah radikal bebas. Sehingga tubuh  tidak akan mudah terserang berbagai macam penyakit dan terinfeksi virus atau bakteri.

3.Mengobati panas atau demam

Manfaat jeruk kasturi selanjutnya adalah untuk menyembuhkan panas atau demam. Seperti manfaat daun jeruk nipis, untuk menyembuhkan demam juga dapat dimanfaatkan daun jeruk kasturi. Caranya adalah dengan merebus daun jeruk kasturi, lalu gunakan air rebusan untuk mengompres dahi dengan menggunakan handuk lembut.

4.Membantu mencegah kanker

Seperti manfaat air rebusan daun sirsak , kandungan vitamin C yang tinggi di dalam jeruk kasturi juga dapat berkhasiat untuk mencegah penyakit kanker. Vitamin C dan antioksidan yang tinggi di dalam jeruk kasturi mampu membantu mencegah radikal bebas yang bisa memperparah kanker dan ikut dalam menghambat pertumbuhan dan perkembangbiakan sel kanker di dalam tubuh. 

5.Membantu menjaga kesehatan ginjal

Limau kasturi bermanfaat untuk meningkatkan fungsi ginjal dan menjaga kesehatannya. Hal tersebut dikarenakan kandungan zat di dalam limau kasturi mampu mengurangi aroma bau pada urine dan membuat warna urine menjadi tidak pekat. Perlu kamu ketahui bahwa urine yang pekat bisa menyebabkan kesehatan ginjal menjadi buruk..




Penulis

foto rinnn
rinnn
smk bhina karya

Komentar