Logo Eventkampus

5 Fakta Donnie Yen, si Ahli Wing Chun

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
5 Fakta Donnie Yen, si Ahli Wing Chun

5 Fakta Donnie Yen, si Ahli Wing Chun

Jangan ngaku penggemar berat Donnie Yen kalau kamu belum mengetahui deretan fakta Donnie Yen berikut ini.

Donnie Yen Lahir di Guangzho pada 27 Juni 1963, Donnie Yen dikenal sebagai seorang aktor, sutradara, dan produser asal Mandarin. Namanya semakin populer di kancah internasional ketika sukses bermain di film Ip Man yang memiliki tiga seri hingga saat ini.

Bagi kamu yang penasaran dengan aktor 54 tahun ini, yuk simak deretan fakta tentang Donnie Yen berikut ini :

ü  Sejak usia remaja, Donnie Yen memang sudah diakui sebagai pemuda yang memiliki potensi besar untuk jadi seorang ahli bela diri. Pada umur 14 tahun, ia mampu mengalahkan pelatih dojo Taekowondo bersabuk hitam. Tak berhenti di situ, Donnie Yen juga berhasil meraih juara Wushu tahunan di AS di mana usianya masih 19 tahun.

Ayah Donnie Yen yang bernama Klyster Yen, sempat mengirimnya ke Akademi Wushu Beijing untuk belajar seni bela pada Master Wu Bin. Sedikit informasi, Master Wu Bin merupakan guru bela diri dari aktor Jet Li.

ü  Selain wushu, beberapa bela diri yang dikuasi Donnie Yen adalah tinju, gulat, judo, Muay Thai, hapkido, taekwondo, Brazilian Jiu-Jitsu, kickboxing, dan Jeet Kune Do.

Rasanya hampir semua aktor bela diri sangat mengagumi legenda Bruce Lee, tak terkecuali Donnie Yen. Bahkan dua film yang dibintangi oleh Donnie Yen, yakni Fist of Fury (1995) dan Legend of the Fist: The Return of Chen Zhen (2010), secara khusus didedikasikan untuk Bruce Lee.

ü  Buah jatuh tak jauh dari pohonnya. Ya, mungkin itu pepatah yang tepat bagi Donnie Yen. Keahlian Donnie Yen sebagai aktor laga mungkin takkan pernah ada tanpa kehadiran sang ibunda tercinta.

Nama sang ibu memang tak seterkenal anaknya, tapi jangan remehkan kemampuan bela diri yang dikuasai. Ibu Donnie Yen merupakan seorang Tai Chi grandmaster bernama Bow-sim Mark yang mempunyai segudang prestasi.

ü  Pada tahun 1984, ibu Donnie Yen memenangkan medali emas pada First International Tournament of Tai Chi Chuan di Wuhan. Tak sampai di situ, berselang 11 tahun, ia sukses mendapatkan gelar Kung Fu Artist of the Year dari majalah Black Belt

ü  Fakta Donnie Yen berikutnya adalah seputar perjalanan kariernya di dunia akting. Film pertamanya adalah Drunken Tai Chi (1985) lalu Once Upon a Time in China 2 yang dirilis tahun 1992. Lewat film tersebut, Donnie Yen berhasil masuk nominasi sebagai Aktor Pendukung Terbaik di ajang Hong Kong Film Award.

Penghargaan pertamanya diraih saat dirinya tampil di film The Twins Effect tahun 2003. Ia Dianugehari Best Action Choreography di ajang Hong Kong Film Awards.

Nama Donnie Yen semakin melambung saat dirinya berhasil tampil prima di film Ip Man (2009). Kesuksesan film tersebut, menuntun Donnie Yen membuat dua film lanjutan yang tidak kalah cemerlang.

ü  Mantan juara tinju kelas berat, Mike Tyson, sempat mengalami insiden tak mengenakkan saat beradu akting dengan Donnie Yen di film Ip Man 3.

Ketika asyik baku pukul untuk sebuah adegan, jari telunjuk Tyson patah. Tyson pun tak menyangka jika Donnie Yen punya kemampuan bela diri yang begitu hebat. ''Padahal awalnya semua kru khawatir Donnie Yen bisa terluka kalau berkelahi dengan saya. Nyatanya saya yang sekarang cedera,'' kata Tyson.

Penulis

foto CASPER
CASPER
SMK TAURUS

Komentar