Logo Eventkampus

Melestarikan Budaya Daerah Melalui Gladhen Jemparingan 2019

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Melestarikan Budaya Daerah Melalui Gladhen Jemparingan 2019

Pringgama UGM kembali menggelar Gladhen Jemparingan Gadjah Mada tahun 2019 pada Minggu (27/10) di GOR Pancasila UGM. Sekitar 120 orang peserta mengikuti Jemparingan atau panahan tradisional khas mataraman ini dalam rangka Dies Natalis UGM ke-70 atau Lustrum yang ke-XIV.

Ir. Cuk Tri Noviandi, S.Pt., M.Anim.St., Ph.D., IPM. selaku ketua paguyuban Pringgama UGM mengatakan para peserta tersebut berasal dari 35 paguyuban Jemparingan se-DIY. Masing-masing paguyuban mengirim sekitar 3-5 orang. Selain itu, terdapat juga perwakilan dari fakultas dan instansi dari dalam UGM sendiri.

Hal tersebut, menurut Cuk, disesuaikan dengan kelas yang disediakan, yakni umum serta kelas dies yakni untuk sivitas UGM tadi. Ia juga menjelaskan bahwa kelas tersebut terbagi lagi berdasarkan putra dan putri. Para peserta dengan skor terbaik di masing-masing kelas juga mendapat hadiah berupa anak panah dengan kualitas tinggi.

Gladhen Jemparingan ini merupakan kali keduanya setelah terselenggara tahun lalu. Pringgama juga tidak sendiri dalam menyelenggarakan acara ini. Pringgama mengajak Paguyuban Dewandanu dari Maguwo dalam menyukseskan acara ini.

Cuk menyatakan digelarnya Gladhen Jemparingan di UGM sebagai salah satu wujud pelestarian budaya tradisional. “Ini tradisi daerah mataraman, tanah yang ditempati UGM juga berada di daerah mataraman. Oleh karena itu, sudah sepatutnya kita nguri-nguri budaya daerah tempat kita berada,” ungkapnya.

Ia  berharap  acara ini dapat digelar secara rutin ke depannya. Ia juga berharap agar skalanya lebih besar lagi pada pelaksanaan mendatang. Hal tersebut terlebih agar mahasiswa dapat ikut berpartisipasi juga. “Untuk itu kami butuh dukungan lebih juga dari UGM untuk melestarikan budaya ini,” pungkasnya. (Humas UGM/Hakam)


Sumber : https://ugm.ac.id/id/berita/18640-melestarikan-budaya-daerah-melalui-gladhen-jemparingan-2019

Penulis

foto Berita Kampus
Berita Kampus
Namaku Tom, saya akan memberikan informasi/ berita seputar kampus yang ada di Indonesia

Artikel Terkait

Arsiparis UGM Juara 1 Pemilihan Diktendik Berprestasi Nasional 2019
31 Oktober 2019
Agar Menyehatkan Makanan Tradisonal Perlu Dimodifikasi
19 Desember 2019
UGM dan Kemenlu Beri Beasiswa untuk Pemuda dari Negara Anggota Gerakan Non Blok
30 Desember 2019
Inovasi Pembasmi Hama Tanaman dengan Drone Otonom
13 Januari 2020
Penanganan Stunting Prioritas Program Kerja Kesehatan 2020
28 Januari 2020
Mahasiswa KKN-PPM UGM Berikan Penyuluhan Pemberantasan Sarang Nyamuk
06 Februari 2020

Komentar