Logo Eventkampus

Launching Sobat Pustaka

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Launching Sobat Pustaka

Perpustakan UB melaunching Sobat Pustaka. Sobat Pustaka adalah bagian dari kegiatan UKM Literasi yang ada di Perpustakaan UB. Sebelumnya telah diadakan rekruitmen terbuka untuk seluruh mahasiswa UB yang berminat menjadi Sobat Pustaka.

Pembentukan Sobat Pustaka ini dilatarbelakangi karena jumlah pustakawan Perpustakaan Universitas Brawijaya (UB) sangat minim dan tidak sesuai dengan Standar Nasional Perpusatakaan (SNP). Saat ini ada sebanyak 60.000 mahasiswa dengan 15 orang pustakawan UB.

Oleh karena itu, perpustakaan UB menginisiasi mahasiswa untuk membentuk UKM Literasi untuk mengenalkan kepada pemustaka tentang aktifitas dan fasilitas serta jenis layanan yang dimiliki oleh Perpustakaan UB, agar informasi tersebut dengan cepat dapat tersampaikan kepada pemustaka khususnya pemustaka di lingkungan civitas akademika UB.

UKM Literasi merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa yang di dalamnya terdapat berbagai kegiatan literasi, membekali dan mengasah keterampilan dalam berliterasi  serta mencari tahu perkembangan terkini dalam bidang literasi. UKM Literasi juga dapat difungsikan sebagai ajang promosi bagi perpustakaan UB khususnya dan juga pihak-pihak terkait yang membutuhkan UKM Literasi tersebut.

Adapun susunan pengurus dari Sobat Pustaka antara lain: Arrial Thoriq (Hukum, 2017) sebagai Ketua, Christina Adventia Otta (Ilmu Perpustakaan, 2017) sebagai sekretaris dan Dyah Ayu Megantari Soesetyo Putri (Hubungan Internasional, 2016) sebagai bendahara.

Setiap mahasiswa memiliki beragam motivasi menjadi Sobat Pustaka. Dyah Ayu memiliki pengalaman menjadi anggota Library Club saat duduk di bangku SMA, dia berkeinginan meneruskan pengalaman yang didapatnya dengan menjadi Sobat Pustaka. Dyah Ayu ingin bisa berkarya di Perpustakaan UB.

Sementara itu, Muhammad Lukman Azizi dari FISIP ingin mengajak para mahasiswa dan masyarakat untuk mengenal budaya literasi.

Hal ini karena sekarang banyak sekali penyebaran HOAX dan propaganda, dengan memiliki budaya literasi yang bagus menurut Lukman bisa menfilter informasi yang diterima. Sedangkan Yanssen Tanawa ingin membantu para civitas akademika UB untuk mengakses ilmu pengetahuan yang ada di Perpustakaan UB.

Bagaimana, apakah kalian juga tertarik menjadi Sobat Pustaka seperti mereka?
[ihwan/Humas UB]



Sumber : https://prasetya.ub.ac.id/berita/Launching-Sobat-Pustaka-23582-id.html

Penulis

foto Berita Kampus
Berita Kampus
Namaku Tom, saya akan memberikan informasi/ berita seputar kampus yang ada di Indonesia

Artikel Terkait

Seminar Nasional Maritim Nusantara
16 November 2019
AR Batik, Teknologi untuk Meningkatkan Efisiensi Pembuatan Batik
28 November 2019
AGRIOUTRO Raih Juara 1 dan Best Poster LKTI Nasional 5th Agrifasco
06 Februari 2020
FDS FPIK UB Raih Penghargaan Internasional Bidang Ecology
10 Maret 2020
Rhesa : Bangkit Dari Kesembuhan, Karena COVID-19 Bukan Aib
02 April 2020
Empati Masyarakat Diperlukan Kurangi Penyebaran COVID-19
17 Juli 2020

Komentar