Logo Eventkampus

Menyulap Limbah Menjadi Pembangkit Listrik Terbarukan, Mahasiswa Teknik Raih Juara 1

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Menyulap Limbah Menjadi Pembangkit Listrik Terbarukan, Mahasiswa Teknik Raih Juara 1

Mahasiswa Jurusan Teknik Pengairan, Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FT UB), kembali menorehkan prestasi yang membanggakan. Kali ini datang dari Lomba Karya Tulis Ilmiah yang diselenggarakan oleh Marine Paper Competition (MAPATION) yang merupakan salah satu rangkaian acara dari Marine Icon 2019 oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Sistem Perkapalan, Fakultas Teknik Kelautan (FTK), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, Sabtu (2/Nov/2019).

Mengangkat tema "Implementasi Kreatifitas dan Inovasi Mahasiswa guna Mengembangkan Potensi Indonesia dalam Mewujudkan SDGs 2030", kompetisi ini diikuti oleh berbagai universitas di Indonesia. Diantaranya ITS, UB, Universitas Diponegoro, Universitas Padjajaran, Universitas Pertamina, dll.

Tim PARAMUDA-64, digawangi oleh Arvin Zypa, Chatherine Grace, dan Mirsa Ayu mengusung inovasi berjudul WASHCITY SYSTEM (Waste Water with Microhydro for Electricity Power and Clean Water Sources System). Di bawah bimbingan Dr.Eng Riyanto Haribowo ST MT tim berhasil meraih juara pertama.

Dengan memanfaatkan air limbah domestik serta air hujan sebagai sumber pembangkit listrik terbarukan sekaligus sumber air baku yang dapat dimanfaatkan sebagai budidaya flora-fauna. Tim ini berkeinginan untuk mengurangi dampak peningkatan konsumsi listrik dan dampak air limbah domestik yang dapat mencemari sungai.

"Konsep kami menggunakan teknologi yang ramah lingkungan dan memiliki berbagai keunggulan." tutur salah satu anggota tim, Mirsa.

Mahasiswa angkatan 2017 ini menambahkan, inovasi ini mampu menghasilkan energi listrik terbarukan, membantu meningkatkan perekonomian, mengurangi dampak pencemaran sungai akibat air limbah domestik, mampu mengurangi limpasan air hujan, me-recharge air tanah, hingga membuka lapangan pekerjaan.

"Tidak hanya itu, perencanaan ini juga mampu mewujudkan 12 poin dari 17 poin SDGs 2030," tambah Chatherine.

Tim ini menyatakan tidak menyangka bahwa tim bisa mendapatkan juara pertama. Karena tim finalis lainnya juga menampilkan ide-ide yang tidak kalah baiknya.

"Terimakasih atas seluruh dukungan yang diberikan kepada kami, semoga konsep perencanaan ini bisa diterapkan di dunia nyata," harap Arvin mewakili tim. (cat/mic)


Sumber : https://prasetya.ub.ac.id/berita/Menyulap-Limbah-Menjadi-Pembangkit-Listrik-Terbarukan-Mahasiswa-Teknik-Raih-Juara-1-23717-id.html

Penulis

foto Berita Kampus
Berita Kampus
Namaku Tom, saya akan memberikan informasi/ berita seputar kampus yang ada di Indonesia

Artikel Terkait

BIW UB Dorong Mahasiswa Jadi Creativepreneur
28 Oktober 2019
Menilik Pameran Budaya Lokal Hingga Asing di Kampung Budaya
18 November 2019
UB Forest Diresmikan Sebagai Zona Konservasi Keanekaragaman Hayati
18 November 2019
Jalan Sehat UB Ke 57 Hadirkan Kemeriahan Tari Brawijaya
06 Januari 2020
Mahasiswa Fapet Magang di Peternakan Sapi Perah Malaysia
07 Februari 2020
DPM UB Bagikan Sembako Bagi Mahasiswa Rantau
29 April 2020

Komentar