Logo Eventkampus

Menyulap Limbah Menjadi Pembangkit Listrik Terbarukan, Mahasiswa Teknik Raih Juara 1

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Menyulap Limbah Menjadi Pembangkit Listrik Terbarukan, Mahasiswa Teknik Raih Juara 1

Mahasiswa Jurusan Teknik Pengairan, Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FT UB), kembali menorehkan prestasi yang membanggakan. Kali ini datang dari Lomba Karya Tulis Ilmiah yang diselenggarakan oleh Marine Paper Competition (MAPATION) yang merupakan salah satu rangkaian acara dari Marine Icon 2019 oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Sistem Perkapalan, Fakultas Teknik Kelautan (FTK), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, Sabtu (2/Nov/2019).

Mengangkat tema "Implementasi Kreatifitas dan Inovasi Mahasiswa guna Mengembangkan Potensi Indonesia dalam Mewujudkan SDGs 2030", kompetisi ini diikuti oleh berbagai universitas di Indonesia. Diantaranya ITS, UB, Universitas Diponegoro, Universitas Padjajaran, Universitas Pertamina, dll.

Tim PARAMUDA-64, digawangi oleh Arvin Zypa, Chatherine Grace, dan Mirsa Ayu mengusung inovasi berjudul WASHCITY SYSTEM (Waste Water with Microhydro for Electricity Power and Clean Water Sources System). Di bawah bimbingan Dr.Eng Riyanto Haribowo ST MT tim berhasil meraih juara pertama.

Dengan memanfaatkan air limbah domestik serta air hujan sebagai sumber pembangkit listrik terbarukan sekaligus sumber air baku yang dapat dimanfaatkan sebagai budidaya flora-fauna. Tim ini berkeinginan untuk mengurangi dampak peningkatan konsumsi listrik dan dampak air limbah domestik yang dapat mencemari sungai.

"Konsep kami menggunakan teknologi yang ramah lingkungan dan memiliki berbagai keunggulan." tutur salah satu anggota tim, Mirsa.

Mahasiswa angkatan 2017 ini menambahkan, inovasi ini mampu menghasilkan energi listrik terbarukan, membantu meningkatkan perekonomian, mengurangi dampak pencemaran sungai akibat air limbah domestik, mampu mengurangi limpasan air hujan, me-recharge air tanah, hingga membuka lapangan pekerjaan.

"Tidak hanya itu, perencanaan ini juga mampu mewujudkan 12 poin dari 17 poin SDGs 2030," tambah Chatherine.

Tim ini menyatakan tidak menyangka bahwa tim bisa mendapatkan juara pertama. Karena tim finalis lainnya juga menampilkan ide-ide yang tidak kalah baiknya.

"Terimakasih atas seluruh dukungan yang diberikan kepada kami, semoga konsep perencanaan ini bisa diterapkan di dunia nyata," harap Arvin mewakili tim. (cat/mic)


Sumber : https://prasetya.ub.ac.id/berita/Menyulap-Limbah-Menjadi-Pembangkit-Listrik-Terbarukan-Mahasiswa-Teknik-Raih-Juara-1-23717-id.html

Penulis

foto Berita Kampus
Berita Kampus
Namaku Tom, saya akan memberikan informasi/ berita seputar kampus yang ada di Indonesia

Artikel Terkait

Dukung Clean Energy Indonesia, Mahasiswa UB Menyabet Hadiah Utama
27 November 2019
Perkuat Manajemen Kinerja, UB Gelar BIMTEK SAKIP
13 Desember 2019
Peneliti PS SMONAGENES UB Raih Kesempatan Presentasi Ilmiah di Kegiatan LSBE 2019
31 Desember 2019
Perkuat Kerjasama Riset, Tim Pusat Studi SMONAGENES Kunjungi Universitas terkemuka di Jepang
31 Desember 2019
AGRIOUTRO Raih Juara 1 dan Best Poster LKTI Nasional 5th Agrifasco
06 Februari 2020
Social Distancing Jadi Kunci Utama Pemutus Rantai Corona
24 Maret 2020

Komentar