Logo Eventkampus

Kembangkan Sistem Pengamanan Mobil Rental, Mahasiswa UB Bawa Penghargaan dari Thailand

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Kembangkan Sistem Pengamanan Mobil Rental, Mahasiswa UB Bawa Penghargaan dari Thailand

Tim mahasiswa Universitas Brawijaya (UB), pengembang sistem aplikasi pengamanan mobil rental atau Car Rental Security Technology (CRESECH), berhasil membawa penghargaan Silver Medal pada kompetisi Bangkok International Intellectual Property, Invention, Innovation and Technology Exposition (IPITEx) 2020 yang digelar di Bangkok, Thailand, (2/2-6/2/2020).

Car Rent Security Technology (CRESECH) merupakan sebuah teknologi keamanan rental mobil yang mengintegrasikan GPS dan sensor ultrasonik berbasis IoT.

Inovasi tersebut dapat memonitoring lokasi dan kondisi mobil rental.

"CRESECH dapat mendeteksi adanya benturan saat masa penyewaan dan akan memberi peringatan pada peminjam apabila batas waktu peminjaman telah berakhir," jelas ketua Tim CRESECH, Lailatul.

Lailatul melanjutkan, jika tidak ada respon atau pengembalian dalam waktu 1×24 jam setelah masa penyewaan berakhir, maka sistem ini akan mengirimkan data lokasi mobil ke pemilik rental dan secara otomatis diteruskan ke kantor polisi terdekat.

Sistem CRESECH akan menghentikan aliran listrik pada mesin mobil dalam kondisi parkir sehingga mobil tidak dapat dinyalakan kembali.

Saat mobil berhenti, polisi akan lebih mudah untuk mencari serta mengamankan mobil rental yang diduga akan dicuri.

"Apabila sistem pengamanan alat dilepas dari mobil, akan secara langsung mematikan sistem kelistrikan mobil dan mengirim pesan peringatan kepada peminjam serta pemilik mobil," kata lailatul menambahkan.

Meskipun saat ini masih dalam tahap penyempurnaan, diharapkan dengan adanya integrasi sistem keamanan tersebut dapat meningkatkan kepercayaan pemberi pinjaman mobil ke pihak rental serta memudahkan monitoring mobil rentalan.

Selain itu, perwakilan tim Lailatul juga mengaku bersyukur dan bangga atas pencapaian ini karena mendapat manfaat dan pembelajaran mengenai kerjasama yang baik, menjalin relasi di kancah internasional, dan kemampuan berbicara atau presentasi dengan bahasa inggris.

"Event ini cukup membuka wawasan kami mengenai berbagai hal terutama inovasi-inovasi yang begitu banyak dan luar biasa dari berbagai negara sehingga dapat menambah pengetahuan kami sebagai mahasiswa," imbuhnya.Ke depan, tim masih membenahi penggunaan website untuk multi user. Bukan hanya dapat digunakan oleh satu user yaitu pemilik rental mobil, sehingga diharapkan kedepan konsumen dapat langsung memegang aplikasi dan dapat mencari rental mobil terdekat. Kompetisi inovasi IPITEx yang diselenggarakan oleh Badan Riset Nasional Thailand (National Research Council of Thailand) diikuti oleh lebih dari 100 inovator dari puluhan negara di dunia seperti Inggris, Korea Selatan, Arab Saudi, Indonesia, dan lainnya.Tim CRESECH terdiri dari Lailatul Fajriyati Farah Hasibah (Teknik Industri), Fairus Azizah Herlambang (Teknik Industri), Wahono Ridhoning Gusti (Vokasi Sistem Informasi), Riko Saputra Linhatama (Vokasi Teknologi Informasi), Maulana Derifato Achmad (Vokasi Teknologi Informasi), dan dosen pembimbing Ihwan Hamdala (Teknik Industri). [andi/Humas UB]



Sumber : https://prasetya.ub.ac.id/berita/Kembangkan-Sistem-Pengamanan-Mobil-Rental-Mahasiswa-UB-Bawa-Penghargaan-dari-Thailand-23992-id.html

Penulis

foto Berita Kampus
Berita Kampus
Namaku Tom, saya akan memberikan informasi/ berita seputar kampus yang ada di Indonesia

Artikel Terkait

BIW UB Dorong Mahasiswa Jadi Creativepreneur
28 Oktober 2019
Menilik Pameran Budaya Lokal Hingga Asing di Kampung Budaya
18 November 2019
UB Forest Diresmikan Sebagai Zona Konservasi Keanekaragaman Hayati
18 November 2019
Jalan Sehat UB Ke 57 Hadirkan Kemeriahan Tari Brawijaya
06 Januari 2020
Mahasiswa Fapet Magang di Peternakan Sapi Perah Malaysia
07 Februari 2020
DPM UB Bagikan Sembako Bagi Mahasiswa Rantau
29 April 2020

Komentar