Logo Eventkampus

UB Masuk Peringkat 300 Besar Dunia QS World

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
UB Masuk Peringkat 300 Besar Dunia QS World

Universitas Brawijaya (UB) Malang, Jawa Timur masuk dalam peringkat 300 besar dunia, atau berada di 301-350 dunia, dan ke tiga nasional pada subjek agriculture dan forestry versi QS World.

Wakil Rektor I Prof. Aulani'am menjelaskan pemeringkatan versi QS World ini terdapat 48 subjek, dan UB berhasil masuk ranking global 301-350 bersama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) di subjek agriculture and forestry.

Sedangkan universitas lain yang juga masuk pada subjek itu adalah Institut Pertanian Bogor (IPB) di ranking global 51-100 dan Universitas Gajah Mada (UGM) di ranking global 151-200.

Ketua Pemeringkatan Prof.Dr.Ing.Setyawan Purnomo Sakti,M.Eng menjelaskan bahwa peringkat berdasarkan subyek tersebut merupakan yang pertama kalinya diraih UB dan dinilai berdasarkan reputasi akademik, employer, sitasi, dan indeks.

Subyek Pertanian dan Foresty UB meraih poin 55.1 untuk parameter reputasi akademik, 65.9 untuk parameter reputasi staff, 44.2 untuk parameter sitasi, dan 55.3 untuk parameter indek.

"Ini menunjukkan bahwa reputasi UB meningkat berdasarkan QS World sehingga akan memberikan dampak positif terutama peminat UB akan semakin meningkat. Hal ini sekaligus menunjukkan bahwa UB memiliki kekuatan pada subyek pertanian dan foresty,"katanya.

Ditambahkannya kekuatan pada subyek pertanian dan foresty tersebut, tidak hanya berasal dari fakultas pertanian saja tapi bisa dari disiplin ilmu lain.

"Misalkan ada dosen dari Fakultas Teknik yang meneliti tentang suara terhadap tanaman ataupun banyaknya alumni UB yang bekerja di perusahaan pertanian meskipun bukan berasal dari jurusan pertanian, menjadi salah satu kriteria penilaiannya,"katanya.

Dengan pertama kalinya subjek UB masuk ke peringkat 300 dunia, Wakil Rektor I Bidang Akademik Prof.Dr.Aulanni'am,drh.,DES berharap di tahun 2024, UB bisa meraih ranking 500+ sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

"Masih banyak yang harus ditingkatkan tapi prestasi yang diraih UB kali ini bisa menjadi salah satu faktor yang bisa menaikkan peringkt UB di tingkat internasional,"kata Prof.Aul.[oky/humas UB] 


Sumber : https://prasetya.ub.ac.id/berita/UB-Masuk-Peringkat-300-Besar-Dunia-QS-World-24063-id.html

Penulis

foto Berita Kampus
Berita Kampus
Namaku Tom, saya akan memberikan informasi/ berita seputar kampus yang ada di Indonesia

Artikel Terkait

Dukung Clean Energy Indonesia, Mahasiswa UB Menyabet Hadiah Utama
27 November 2019
Perkuat Manajemen Kinerja, UB Gelar BIMTEK SAKIP
13 Desember 2019
Peneliti PS SMONAGENES UB Raih Kesempatan Presentasi Ilmiah di Kegiatan LSBE 2019
31 Desember 2019
Perkuat Kerjasama Riset, Tim Pusat Studi SMONAGENES Kunjungi Universitas terkemuka di Jepang
31 Desember 2019
FDS FPIK UB Raih Penghargaan Internasional Bidang Ecology
10 Maret 2020
Social Distancing Jadi Kunci Utama Pemutus Rantai Corona
24 Maret 2020

Komentar