Logo Eventkampus

Peneliti PS SMONAGENES UB Raih Kesempatan Presentasi Ilmiah di Kegiatan LSBE 2019

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Peneliti PS SMONAGENES UB Raih Kesempatan Presentasi Ilmiah di Kegiatan LSBE 2019

Tim Pusat Studi Molekul Cerdas Berbasis Sumber Genetik Alami Universitas Brawijaya (SMONAGENES-UB) kembali menorehkan prestasi di tingkat internasional. Tim yang terdiri dari Prof. Fatchiyah, M.Kes.,Ph.D, Anna Safitri, M.Sc.,Ph.D, dr. Nia Kurnianingsih, M.Biomed, Cleonara Yaunar Dini, S.Gz., Dietisien, M.Sc., Eko Suyanto, S.Si.,M.Sc, dan drg. Viranda Sutanti, M.Si, berhasil terpilih sebagai pembicara pada ajang tahunan International Conference on Life Science and Biological Engineering (LSBE) 2019, di Kyoto Research Park, Shimogyo-ku, Kyoto, Jepang, 17-19 Desember 2019.

Keberhasilan tersebut diraih berkat terpilihnya abstrak hasil penelitian yang telah dikirim ke panitia untuk dipresentasikan pada LSBE 2019 setelah melalui serangkaian seleksi double-blind review process. Sekretaris Pusat Studi SMONAGENES Eko Suyanto menyampaikan, hal ini menjadi prestasi yang membahagiakan karena setiap anggota tim mendapatkan kehormatan untuk mempresentasikan hasil penelitian yang telah dilakukan di depan peneliti lain dari berbagai negara seperti Jepang, Korea, Thailand, Malaysia, Portugal, Taiwan, China, Filipina dan Nigeria.

"Saya sangat bahagia bisa melakukan diseminasi hasil penelitian pada kegiatan ini. Saya bisa bertemu dan bertukar pengetahuan dengan peneliti lain dari berbagai negara. Apalagi kunjungan ke Kyoto ini merupakan kunjungan pertama kali bagi saya" ujar Eko.

Kegiatan LSBE 2019 dibuka pada pukul 10.30 waktu setempat. Dalam sambutannya, Ketua panitia LSBE 2019 Prof. Dr. Hiroshi Uechi menyampaikan bahwa kegiatan ini menjadi ajang komunikasi konstruktif dan kolaboratif antar peneliti untuk mengatasi masalah serius di bidang ekologi dan keberlanjutan kehidupan. Profesor di bidang biokimia interaksi dan teknologi pemanenan energi ini juga mengutarakan harapannya agar menjaga lingkungan demi keberlanjutan sistem kehidupan.

Kegiatan LSBE 2019 terbagi menjadi tiga sesi yaitu, sesi keynote presentation, oral presentation dan poster presentation. Sesi oral presentation terbagi menjadi beberapa kelas pararel yaitu kelas Energy harvesting, bioenergy dan biological engineering, kelas engineering, kelas biomedical science dan engineering, kelas life science serta kelas environmental engineering.

Dalam kesempatan ini, Prof Fatchiyah menyampaikan materi "The Goat Alpha-S2 Casein Protein has a function as inhibiting agent of AGEs-RAGE interaction and repairing Mesostructure Femoral Bone on Diabetic Rat Model". Sedangkan Eko Suyanto menyajikan topik dengan judul "Partial Characterization of Lipase Produced By Aspergillus Niger Using Coconut Pulp Waste in Solid State Fermentation". Sementara itu, Anna Safitri, PhD menyampaikan judul "Phytochemical Screening, In Vitro Anti-oxidant Activity, and In Silico Anti-diabetic Activity of Aqueous Extracts of Ruellia tuberosa L." Sedangkan Viranda Sutanti menyajikan judul "The Effect of Yellow Kepok Banana (Musa Paradisiaca L. Var. Bluggoe) Peels Ethanol Extract on Size and Morphological Changes of Enterococcus faecalis". Cleonara Yanuar Dini menyampaikan judul "Black Garlic Prevent Hypercholesterolemia but Unable to Reduce Malondealdehyde (MDA) Level in High Fat Fructose Diet- Induced Rats". Terakhir, Nia Kurnianingsih menyampaikan judul "The Influence of High Fat Diet Combined With Monosodium Glutamate on Brain-Derived Neurotrophic Factor and Resistin in Adult Female Rat Brain: Comparison with Serum Level".

"Kegiatan ini mampu meningkatkan pengetahuan dan kemampuan komunikasi anggota PS SMONAGENES. Kami sangat bersyukur bisa berpartisipasi dalam kegiatan ini. Semoga tahun depan bisa ikut serta lagi dalam LSBE di negara lain," pungkas Ketua PS SMONAGENES Anna Safitri. [Esaf/Irene] 


Sumber : https://prasetya.ub.ac.id/berita/Peneliti-PS-SMONAGENES-UB-Raih-Kesempatan-Presentasi-Ilmiah-di-Kegiatan-LSBE-2019-23741-id.html

Penulis

foto Berita Kampus
Berita Kampus
Namaku Tom, saya akan memberikan informasi/ berita seputar kampus yang ada di Indonesia

Artikel Terkait

Mahasiswa Asing UB Ikut Partisipasi dalam Kirab Pataka Budaya
28 Oktober 2019
Sosialisasi PKM 2020 Langkah Awal Rebut Kembali Juara Umum PIMNAS
20 November 2019
Launching Sobat Pustaka
20 November 2019
Perkuat Manajemen Kinerja, UB Gelar BIMTEK SAKIP
13 Desember 2019
Menyulap Limbah Menjadi Pembangkit Listrik Terbarukan, Mahasiswa Teknik Raih Juara 1
18 Desember 2019
Dua Mahasiswa Korea Selatan Belajar Bahasa Indonesia di FIB UB
27 Februari 2020

Komentar