Logo Eventkampus

UB Forest Diresmikan Sebagai Zona Konservasi Keanekaragaman Hayati

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
UB Forest Diresmikan Sebagai Zona Konservasi Keanekaragaman Hayati

Gubernur Jatim Kofifah Indar Parawansa meresmikan UB Forest sebagai Zona Konservasi Keanekaragaman Hayati Jatim CETTAR, Minggu (17/11/2019).

Peresmian zona konservasi seluas 15 hektar tersebut, ditandai dengan pelepasan 5 ekor kijang dan 4 rusa untuk masuk ke area penangkaran satwa liar dilindungi. 

"Kami berterimakasih bahwa UB forest sudah menyiapkan format luar biasa. Kita diingatkan kembali tadi Ada penangkaran kijang dan rusa. Inilah sebetulnya kebersamaan untuk menjaga dan melindungi sebuah habitat. Selain itu, untuk mewujudkan daya dukung lingkungan perlulah sekiranya kita melanjutkan program Bu Menteri Kehutanan yaitu menanam minimal 25 kali menanam sepanjang hidup, yakni 5 pohon saat SD, 5 pohon saat SMP, 5 pohon saat SMA, 5 pada saat menjadi mahasiswa dan 5 pohon saat menikah," ujar Khofifah.

Sementara itu, Rektor UB Prof.Dr.Ir.Nuhfil Hanani, A.R., M.S. mengatakan saat ini UB forest digunakan sebagai laboratorium pendidikan.  UB telah bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi di luar negeri untuk melakukan penelitian di hutan tersebut.

"Kami berharap, selain menjadi hutan Pendidikan, UB forest juga bisa menjadi wisata hutan yang bernuansa pendidikan. Namun hal ini, masih butuh proses pembangunan yang panjang,"kata Prof. Nuhfil.

Selain pelepasan kijang dan rusa, pada peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN)  2019 juga dilakukan pelepasan 100 ekor burung kutilang ke alam bebas, penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara UB dengan DLH, UB dengan LIPI, dan UB dengan Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA). [Oky/Humas UB].



Sumber : https://prasetya.ub.ac.id/berita/UB-Forest-Diresmikan-Sebagai-Zona-Konservasi-Keanekaragaman-Hayati-23576-id.html

Penulis

foto Berita Kampus
Berita Kampus
Namaku Tom, saya akan memberikan informasi/ berita seputar kampus yang ada di Indonesia

Artikel Terkait

Mahasiswa Asing UB Ikut Partisipasi dalam Kirab Pataka Budaya
28 Oktober 2019
Launching Sobat Pustaka
20 November 2019
Dukung Clean Energy Indonesia, Mahasiswa UB Menyabet Hadiah Utama
27 November 2019
Perkuat Manajemen Kinerja, UB Gelar BIMTEK SAKIP
13 Desember 2019
Peneliti PS SMONAGENES UB Raih Kesempatan Presentasi Ilmiah di Kegiatan LSBE 2019
31 Desember 2019
Dua Mahasiswa Korea Selatan Belajar Bahasa Indonesia di FIB UB
27 Februari 2020

Komentar