Roti Sandwich Goreng Isi Ayam

access_time | label Tips & Trik
Roti Sandwich Goreng Isi Ayam

Roti Sandwich Goreng Isi Ayam

roti sandwich merupakan roti yang paling populer untuk dijadika sarapan, karena pembuatannya yang simple dan mudah. Rasanya punjuga nikmat, berikut cara membuat roti sandwich isi daging ayam.

 Bahan - bahan yang digunakan :

            - 8 buah roti burger

            - 2 sendok makan margarin

            - 2 siung bawang putih

   Bahan isian :

            - 200 gr paha ayam fillet

            - 1 sendok teh air jeruk lemon

            - 500 ml minyak untuk menggoreng

            - 125 gr tepung terigu

            - 1/2 sendok teh merica bubuk

            - 1/2 sendok teh garam

   Bahan pelapis :

            - 100 gr tepung panir kasar, warn aorange

            - 100 ml air untuk pencelup

   Bahan saus :

            - 100 gr mayones

            - 1 sendok teh saus kental manis

            - 1/2 sendok makan saus tomat

            - 1/2 sendok teh air jeruk lemon

    Bahan pelengkap :

            - 100 gr kol, iris halus

            - 1 sendok teh cuka

            - 1 sendok teh gula pasir

            - 1/2 sendok teh garam

            - 100 gr wortel, iris halus

            - 1/4 sendok teh merica bubuk

    Cara membuat isian sandwich :

1.      Lumuri dada ayam dengan air jeruk lemon dan berikan sedikit garam, aduk dengan merata semua sajian sampai tercampur dengan merata. Kemudian berikan merica bubuk dan sisihkan bahan ini sementara agr bahan lumuran meresap kedalamnya dengan merata.

2.      Potong - potong bahan dengan merata dengan ukuran kotak yang lebih kecil, sisihkan dalam wadah dan Anda dapat melanjutkan langkah selanjutnya.

3.      Celupkan ayam kedalam larutan tepung yang dicampur dengan tepung beras dan sudah dibumbui dengan garm dan merica bubuk. aduk dengan merata dan berikan air es kedalamnya lalu aduk kembali hingga merata.

4.      Gulingkan ayam yang sudah dicelup diatas tepung terigu kering dan sisihkan sementara sebelum dicampur dengan bahan lainnya. Panaskan wajan dan masukkan minyak goreng kedalamnya dengan merata.

5.      Setelah panas, goreng ayam sampai matang dan berwarna keciklatan dengan merata. Sisihkan sajian ini sebelum dicampurkan dengan bahan lainnya.

6.      Aduk semua bahan saus menjadi satu wadah yang sama. Setelah tercampur dengan merata maka masukkan ayam kedalamnya dan aduk-aduk dengan merata lalu sisihkan sementara.

7.      Buat pula bahan pelengkap menjadi satu dan sisihkan sementara biarkan bahan cuka mereesap kedalam kol dengan merata.

     Cara membuat roti sandwich goreng isi ayam :

1.      Cairkan margarin dalam sebuah wajan datar. Masukkan cincangan bawang putih kedalamnya dan masukkan garam bersama dengan merica kedalamnya, tumis sampai baunya harum dan matangmerata.

2.      Masukkan roti kedalmnya dan pastikan bahan ini meresap kedalam roti dengan merata. Celupkan roti sebentar dalam air sedikit didalam wadah setelah meresap kemudian gulingkan diatas tepung roti dengan merata sampai tepung menempel diatas permukaan.

3.      lakukan hal yang sama hingga semua bahan habis, lalu siapkan sebuah wajan dan goreng roti sampai kering dan matang merata. Tiriskan sementara minyaknya agar tidak terlalu meresap.

4.      ambil satu lembar roti sandwich yang sudah digoreng lalu isikan isian ayam sau mayo kedalamnya lalu berikan bahan pelengkap yakni acar kol lalu tutup dengan roti goreng lainnya.

Kini sajian sudah matang, sajian lebih nikmat jika disajikan dalam keadaan hangat.

Sumber : Selerasa

Penulis

foto Rina Robbiulana Fathonah
Rina Robbiulana Fathonah
SMK NEGERI MATESIH

Share

Komentar