Gak Cuma Enak dan Segar, Ini 7 Manfaat Jus Nanas untuk Kesehatan

access_time | label Lainnya
Gak Cuma Enak dan Segar, Ini 7 Manfaat Jus Nanas untuk Kesehatan

Buah nanas dikenal dengan rasanya yang asam-manis. Biasanya, nanas dijadikan hidangan penutup untuk cuci mulut. Nanas adalah salah satu buah favorit daerah tropis yang musim panennya ditunggu, bersyukurlah karena kita hidup di daerah tropis dan bisa merasakannya.Selain buahnya yang enak, ternyata airnya juga punya banyak manfaat buat kesehatan tubuh lho! Dilansir dari berbagai sumber, berikut 7 khasiat jus nanas yang ajaib.

1. Mencegah Kanker

menunjukkan bahwa kandungan bromelain pada nanas memiliki potensi untuk bertindak sebagai agen melawan kanker yang efektif. Secara khusus, bromelain dapat bekerja bersamaan dengan kemoterapi untuk menekan pertumbuhan sel kanker.

2. Mengurangi Peradangan

Nanas yang memiliki kandungan bromelain sangat tinggi juga bisa mengurangi peradangan. Saat radang, cobalah minum jus nanas atau bisa memakannya langsung. Hindari mengonsumsinya saat perut kosong karena bisa membuat lambung "kaget".

3. Mencegah Asma

Nanas juga merupakan sumber beta-karoten yang baik. Beberapa penelitian menyebut kandungan beta-karoten dalam nanas dapat mengurangi risiko asma yang disebabkan oleh olahraga berlebih.

4. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Buah yang berbentuk seperti granat ini pun baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C yang terdapat pada nanas bisa mencegah berbagai penyakit seperti flu dan batuk.

5. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Nanas pun juga bisa mengurangi risiko terkena penyakit jantung koroner. Hal itu berkat kandungan vitamin C yang sangat tinggi dalam nanas. Sangat dianjurkan mengonsumsi nanas secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Meningkatkan Kesuburan

Jus nanas mengandung beberapa vitamin dan mineral bermanfaat, termasuk vitamin C, beta-karoten, zinc, dan folat. Kandungan-kandungan zat tersebut dapat membantu meningkatkan kesuburan pada pria dan wanita. Namun, hindari mengonsumsi nanas muda untuk ibu hamil karena dapat berisiko mengalami keguguran.

7. Meningkatkan Penglihatan

Telah disebutkan bahwa nanas memiliki kandungan beta-karoten yang banyak. Dalam proses pencernaan, beta-karoten dapat diolah oleh tubuh menjadi vitamin A yang sangat baik untuk mata.

Itulah 7 manfaat jus nanas bagi kesehatan. Konsumsi tanpa menggunakan gula agar khasiat dari buah ini semakin efektif. Jangan minum jus nanas dalam keadaan perut kosong ya. Hal tersebut bisa memicu asam lambung naik. Minumlah jus nanas setelah makan sebagai pencuci mulut.

Penulis

foto Anggidwiseptiani
Anggidwiseptiani

Artikel Terkait

Share

Komentar