Manfaat ikan Bandeng yang Penuh Duri ini untuk kesehatan

access_time | label Tips & Trik
Manfaat ikan Bandeng yang Penuh Duri ini untuk kesehatan

Manfaat ikan Bandeng yang Penuh Duri ini untuk kesehatan

Bandeng  adalah salah satu ikan yang banyak ditemukan di kawasan Asia, khususnya di Asia Tenggara. Dengan harga yang relatif murah, bandeng ini dapat ditemukan di berbagai pasar tradisional hingga pusat perbelanjaan ternama lainya. Meski begitu, banyak pula orang yang malas untuk menyantap ikan bernama latin Chanos chanos itu. Durinya yang banyak dan berukuran sangat kecil dan bau lumpur yang kuat meski dimasak dalam waktu lama menjadi beberapa alasannya dari mereka. Padahal, di balik semua itu, bandeng juga mengandung banyak nutrisi yang sangat baik bagi tubuh kita. Bila dikonsumsi secara teratur, kandungan yang penting seperti Omega-3 dan lemak baik di dalamnya sangat bagus untuk meningkatkan kesehatan pada jantung.

Berikut ini adalah manfaat dari ikan bandeng, diantaranya:

1.      Dapat menurunkan kolesterol

Di dalam ikan bandeng ini, terkandung dalam beberapa jenis asam esensial yang dibutuhkan oleh tubuh seperti Omega-3, DHA, dan EPA. Dalam satu ekor ikan bandeng berukuran sedang saja, sedikitnya terdapat sekitar +/-  20,3 gr asam lemak yang dapat memenuhi asupan lemak pada harian. Bila dikonsumsi secara teratur, kandungan dari lemak esensial ini sangat berguna untuk mengontrol kolesterol di dalam darah kita serta meningkatkan kesehatan jantung.

2.      Menyehatkan ginjal

Kandungan dari vitamin B12 di dalam bandeng  ini dapat membantu proses ekskresi atau pembuangan limbah yang tidak diperlukan oleh tubuh kita. Dengan mengkonsumsi ikan bandeng secara teratur, vitamin B12 ini akan meningkatkan kerja pada ginjal dan mencegah penumpukan limbah yang dapat menyebabkan gangguan pada nefrolitiasis atau penyakit batu ginjal dalam tubuh kita.

3.      Meningkatkan kesehatan tulang dan gigi

Di balik banyaknya dari duri halus pada ikan bandeng ini, kandungan kalsium pada ikan bandeng ini juga terbilang tinggi. Di dalam satu ekor ikan bandeng ini, terdapat sekitar +/- 1400 mg kalsium dan fosfor yang dapat menurunkan risiko pada pengeroposan tulang dan gigi. Selain itu, kandungan vitamin D di dalam ikan bandeng itu juga dapat meningkatkan kepadatan pada tulang dan mencegah penyakit osteoporosis pada orang tua.

4.     Membantu pertumbuhan janin

Selain Omega-3nya, bandeng juga mengandung asam oleat yang akan meningkatkan perkembangan otak dan saraf bayi saat masih di dalam kandungan ibunya. Selain itu, kandungan dari vitamin A, C, dan betakaroten juga dapat membantu untuk meningkatkan kekebalan dan fungsi penglihatan pada si bayi.

 

Semoga bermanfaat.

Sumber: https://kumparan.com/@kumparanfood/5-manfaat-kesehatan-di-balik-bandeng-yang-penuh-duri

Penulis

foto istiqomah
istiqomah

Share

Komentar