Logo Eventkampus

Cara Membuat Es Kopi Susu Kekinian

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Cara Membuat Es Kopi Susu Kekinian

Di beberapa tahun ini ada banyak cafe yang menawarkan minuman kopi. Salah satunya itu adalah es kopi susu yang paling hits dikalangan anak muda sekarang. Tapi daripada binggung beli kopi susu dimana kalian bisa buat sendiri dirumah yang caranya itu gampang banget lho! Dan berikut langkah pembuatannya:

1.      Kopi dengan takaran dan seduhan yang pas

Dengan takaran dan seduhan yang tepat akan menghasilkan rasa dan aroma yang tetap terasa. Dan kamu bisa menggunakan cangkir French Press untuk menghasilkan kopi yang kental. Dengan Takaran sebagai berikut:

·         40 gram kopi hitam bubuk ( Bukan kopi sachet ya!) atau sekitar 3 sendok teh

·         100 ml air panas, air yang direbus dan mendidih agar panasnya awet

Dan ini langkah meraciknya:

1.      Masukkan kopi dan air panas ke dalam French Press

2.      Jangan diaduk! Biarkan kopi menyatu  sendiri untuk menjaga aromanya

3.      Diamkan selama 2 menit, lalu tekan pucuk tutupnya untuk mendorong ampas kopi ke bawah.

2.      Susu full cream yang sudah dipanaskan

Selanjutnya meracik susu. Kalian bisa menggunakan susu cair apa saja, tetapi demi menghasilkan rasa yang lebih creamy sebaiknya jangan langsung campurkan susu dengan kopinya. Kamu harus memanaskannya lebih dulu untuk mengurangi kadar air dari susu dan menciptakan rasa yang lebih gurih dan ini langkahnya:

1.      Takaran susu cair yang digunakan: 200 ml (sebelum dipanaskan)

2.      Kemudian panaskan susu dengan api sedang hingga volumenya berkurang setengah menjadi sekitar 100 ml

3.      Angkat susu dan pindahkan ke dalam gelas.

4.      Tips: Jika mau lebih creamy, kamu bisa mengunakan French press untuk mengocok susu sehingga teksturnya juga lebih kental

5.      Diamkan dulu sampai sedikit dingin

3.      Menambahkan Gula aren

Kunci kenikmatan es kopi susu ada pada pemanisnya, yang dikemukakan oleh Andanu Prasetyo (pencipta Es Kopi Susu) untuk menciptakan rasa manis yang pas. Takarannya sekitar 30 gram atau bisa menyesuaikan selera masing - masing.

4.      Campurkan semua bahan!

Jika bahannya sudah siap semua, sekarang tinggal dicampurkan semuanya ya! Tapi agar kombinasi rasanya lebih nikmat, bahan yang pertama kali dimasukkan ada tahapannya, sebagai berikut:

Pertama - tama, masukkan dulu gula arennya. Pemanis diletakkan di paling bawah agar sebelum mencampur semuanya kita bisa menikmati dulu rasa asli campuran kopi dan susunya.

Kemudian, masukkan es batu secukupnya, sesuai selera masing - masing. Setelah itu baru masukkan susu yang sudah dipanaskan tadi. Dan terakhir adalah base kopinya.

5.      Tips saat meracik es kopi susu

Tidak perlu menambahkan air saat mencampur semua bahannya karena ini akan membuat tekstur es kopi susu lebih cair. Akibatnya, rasa kopi maupun creamy-nya susu bisa hilang.

Nah itu beberapa cara dan tips untuk membuat es kopi susu yang bisa kalian buat sendiri dirumah. Dan juga jangan terlalu banyak menggunakan susu ya saat pembuatan karena rasanya akan tidak seimbang dengan kopi, jadi harus pas ya takarannya.

Penulis

foto Leny oktavya
Leny oktavya

Artikel Terkait

Tips Membuat Es Cincau yang Enak
22 Januari 2020

Komentar