Logo Eventkampus

Mitos Gunung Kerinci

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Mitos Gunung Kerinci

Gunung kerinci adalah gunung tertinggi ke-2 di Indonesia setelah Jaya Wijaya. Gunung ini menjadi tempat favorit para pendaki. Di puncak pendakian disuguhkan pemandangan menakjubkan dari kota-kota terdekat dan Samudera Hindia. Banyak yang beranggapan daerah ini memiliki banyak misteri karena hutan yang luas. Apa saja mitos itu? Simak penjelasannya sebagai berikut.

1.      Hantu Gendong

Gunung ini juga memiliki mitos. Hantu gendong  sering memberikan berat yang lebih kepada tas Carrier yang dibawa para pendaki. Padahal tidak ada beban apapun, namun tiba-tiba saja menjadi berat dari sebelumnya. Hal ini berkaitan dengan mitos hantu gendong penunggu gunung tersebut. Konon hantu tersebut minta digendong supaya bisa turun gunung. Untuk itu pendaki yang mengalami fenomena ini dihimbau supaya berhenti dan mengatakan permintaan maaf karena tidak bisa membawanya keluar. Jika tidak, tas akan semakin berat dan pendaki akan tertinggal dan hilang.

2.      Larangan Jam 12

Larangan ini menghimbau pendaki atau pengunjung lainnya untuk tidak mandi, main air, atau minum air dari sungai dan danau disepanjang kawasan gunung Kerinci pada jam 12 siang. Mitosnya  ini berkaitan dengan keberadaan orang bunian penghuni Gunung Kerinci. Disana juga tidak boleh terlalu santai dan senang, etika dan kesopanan harus dijaga supaya dapat pulang dengan selamat. Pernah ada cerita tentang orang yang melanggar pantangan ini, dan akhirnya ia merasa sakit perut dan tidak enak badan setelah minum dari sumber air disana. Untuk itu pantangan ini wajib di laksanakan bagi semua tamu Gunung Kerinci.

3.      Rumah Sakit Kolonial Belanda

Rumah sakit yang terletak di kebun teh Kayu Aro di kawasan Gunung Kerinci. Bangunan ini merupakan rumah sakit paling angker di Indonesia. Umur bangunan yang berabad-abad membuat aura mistis dan keangkeran sangat terasa ketika memasuki tempat ini. Sehingga tempat ini menjadi tempat favorit uji nyali yang disiarkan beberapa sasiun tv di Indonesia.

4.      Tugu Yudha

Tugu Yudha menjadi titik hilangnya seorang pendaki bernama Yudha Sentika anak muda berusia 17 tahun di tahun 1990. Penyebab dan hilangnya beliau masih menjadi misteri. Bahkan tidak ditemukan jasad maupun jejak, walau telah dicari menelusuri seluruh wilayah gunung.  Karena hal itu banyak opini dan mitos berkembang, hilangnya Yudha dengan hal gaib.

5.      Hobbit

Jika diluar negeri hobbit sebangsa manusia namun bertubuh pendek seperti Gollum di film Lord Of the Ring. Tapi digunung ini masyarakat setempat menyebutnya Uhang Pandak atau Orang Pendek. Banyak masyarakat percaya makhluk ini masih menghuni kawasan hutan. Makhluk ini tidak memiliki kaki terbalik, melainkan kaki normal seperti kera, tingginya sekitar 80 cm, dengan tangan yang panjang dan tubuh yang gemuk dan bulu berwarna abu-abu disekujur tubuhnya. Saat makan, makhluk ini memakan mangsanya dengan cara berbaring sambil mencabik-cabik mangsanya dengan kaki, uhang pandak dikenal memiliki mata merah yang menyala.

Itulah beberapa mitos tentang gunung Kerinci. Mungkin ada yang percaya ada juga yang tidak percaya dengan keberadaan makhluk tersebut. Tapi kita patut hormati dan jaga sikap tentang hal itu yaa!!

Penulis

foto Leny oktavya
Leny oktavya

Komentar