Logo Eventkampus

Manfaat Toge untuk Kesehatan

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Manfaat Toge untuk Kesehatan

   Dengan seluruh kandungan nutrisi dan zat besi di dalam toge, manfaat toge bagi kesehatan tubuh banyak sekali jumlahnya. Berikut ini beberapa manfaat toge untuk kesehatan tubuh:

1. Melancarkan pencernaan

   Salah satu hal yang terbaik mengenai toge adalah bahwa kecambah ini mengandung jumlah enzim yang sangat tinggi. Hal ini dapat membantu meningkatkan berbagai proses metabolisme dan reaksi kima dalam tubuh, khususnya untuk pencernaan.

  Serat yang terdapat dalam toge akan mengangkat kotoran, sehingga lebih mudah untuk melalui pencernaan. Selanjutnya, serat makanan merangsang asam lambung yang membantu enzim untuk mencerna makanan secara efektif dan efisien.

    Toge juga adalah makanan yang bagus untuk menghilangkan sembelit dan diare. 

2. Meningkatkan metabolisme

  Seperti yang telah disebutkan, toge kaya akan enzim yang biasanya tidak tersedia melalui makanan. Kandungan nutrisi yang tinggi juga menjawab mengapa toge sangat dianjurkan untuk vegetarian dan vegan, karena toge dapat mengganti kandungan protein seperti yang dimiliki oleh daging.

3. Meningkatkan sirkulasi darah dan memulihkan anemia

   Anemia adalah istilah teknis untuk kekurangan zat besi. Jika Anda kekurangan zat besi, jumlah sel darah merah menurun, karena zat besi merupakan bagian penting dari produksi sel darah merah. Hal ini dapat mengakibatkan kelelahan, kurang konsentrasi, mual, pusing dan gangguan pada perut. Dengan mempertahankan jumlah sel darah merah yang tepat, Anda dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh sehingga dapat meningkatkan oksigenasi sistem organ dan sel-sel untuk mengoptimalkan kinerja mereka.

4. Menurunkan berat badan

   Toge adalah salah satu makanan yang sangat tinggi nutrisi tetapi rendah kalori. Ini berarti bahwa Anda dapat mengonsumsi toge tanpa khawatir untuk mengorbankan diet Anda. Selain itu, serat dalam toge dapat membantu untuk membuat Anda merasa kenyang karena toge menghambat pelepasan hormon lapar yang memberikan tanda pada pikiran kita untuk makan sesuatu. Hal ini dapat mengurangi makan berlebihan dan ngemil, yang merupakan dua masalah terbesar bagi seseorang yang menderita masalah obesitas.

5. Menjaga kesehatan jantung dan mencegah stroke

  Toge adalah sumber asam lemak omega-3. Meskipun secara teknis hal ini merupakan bentuk kolesterol, namun mereka dianggap sebagai kolesterol baik dan dapat mengurangi jumlah kolesterol berbahaya dalam pembuluh darah dan arteri. Asam lemak omega-3 ini juga merupakan anti-inflamasi alami, sehingga mereka dapat mengurang stres pada sistem kardiovaskular Anda.

    Hal ini akan meningkatkan sirkulasi dan oksigenasi, sekaligus mengurangi pembekuan dan menurunkan risiko penyempitan dan pengerasan pembuluh darah arteri (aterosklerosis), serangan jantung, dan stroke.

6. Meningkatkan sistem imun

  Ada beberapa faktor yang membuat toge menjadi booster yang kuat bagi kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C dapat membuat toge menjadi stimulan yang baik untuk sel-sel darah putih dalam tubuh dalam melawan infeksi dan penyakit. Selain itu, kandungan vitamin A dalam toge dapat berkembang 10 kali seiring berkembangnya toge. Vitamin A memiliki sejumlah sifat antioksidan yang merupakan sumber kekuatan sistem kekebalan tubuh.


Penulis

foto Earlyta Wanodyo
Earlyta Wanodyo

Artikel Terkait

6 Cara sederhana namun efektif untuk hentikan cegukan
06 Juli 2018
6 Manfaat Kumur Air Garam Saat Sakit Gigi
03 Agustus 2018
Manfaat Kencur bagi Kesehatan
24 Januari 2020
Manfaat Kacang Hijau
05 Februari 2020
Manfaat buah kersen(talok) untuk kesehatan
28 Februari 2020

Komentar