Logo Eventkampus

Manfaat Buah Kesemek

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Manfaat Buah Kesemek

    Semua orang pasti setuju jika buah-buahan adalah sumber nutrisi dan vitamin terbaik bagi tubuh. Mengonsumsi buah-buahan membuat tubuh kita senantiasa menjadi sehat, bugar dan terbebas dari penyakit.

     Selain kesemek, buah ini juga dikenal dengan sebutan buah kaki, oriental persimmon, japanese persimmon, dan apel Jawa karena bentuknya yang mirip buah apel dan banyak tumbuh di area pulau Jawa.

    Ketika masih muda, kulit buah kesemek berwarna hijau dan akan berubah menjadi oranye hingga kemerahan saat memasuki fase matang. Rasa buah kesemek sendiri tak kalah istimewa dari buah apel atau jenis buah lainnya.

     Terdapat dua tipe buah kesemek, yaitu yang bisa dimakan langsung dalam keadaan segar dan yang tidak bisa dimakan langsung karena rasanya sangat sepat. Rasa sepat pada kesemek disebabkan kandungan tanin yang cukup tinggi. Pada umumnya kadar tanin akan terus menurun seiring dengan proses pematangan buah. Dengan begitu rasa sepatnya pun berangsur-angsur akan berkurang.

   Diperkaya dengan vitamin dan sejumlah zat, kesemek memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat dari buah kesemek yang perlu diketahui.


1. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Buah kesemek memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Apabila buah ini dikosumsi secara teratur atau terus-menerus, maka akan sangat bermanfaat dalam membantu menjaga daya tahan tubuh. Kesemek berperan sebagai salah satu perisai untuk penyakit asma, infeksi paru-paru, dan flu.


2. Melawan Kanker dan Menjaga Kesehatan Hati

Buah ini mengandung anti-oksidan yang cukup tinggi sehingga mampu mencegah datangnya radikal bebas yang dapat merusak sel yang dapat memicu perkembangan kanker. Kandungan anti-oksidan dalam kesemek juga mampu membantu menetralisir racun yang berbahaya yang terdapat di dalam tubuh. Selain itu, kesemek juga berperan dalam membantu proses penyembuhan kerusakan organ vital yang sangat penting seperti hati dan jantung.


3. Sumber Energi Alami

Buah kesemek di dalam tubuh sangat mudah untuk dicerna sehingga mampu meningkatkan gula darah secara drastis. Jadi, buah kesemek ini sangat cocok untuk dikonsumsi setelah melakukan proses puasa atau setelah melakukan olahraga.


4. Mencegah Pnuaan Dini

Kandungan vitamin C dan beta karoten dalam buah kesemek mampu melindungi kulit agar tetap halus, bercahaya, dan lembut. Vitamin C mampu menghasilkan kolagen sehingga mampu menjaga keindahan kulit tetap kencang dan elastis.


5. Meningkatkan dan Memperbaiki Penglihatan

Buah ini mampu meningkatkan dan memperbaiki penglihatan bagi siapa pun yang mengonsumsinya karena buah kesemek banyak mengandung vitamin A. Jadi, bagi siapa saja yang memiliki gangguan mata, alangkah baiknya untuk memakan buah ini secara rutin.

Penulis

foto Earlyta Wanodyo
Earlyta Wanodyo

Komentar