Logo Eventkampus

5 Bahaya Menggunakan Earphone saat Tidur, Bisa Turunkan Fungsi Pendengaran

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
5 Bahaya Menggunakan Earphone saat Tidur, Bisa Turunkan Fungsi Pendengaran

Mendengarkan musik menggunakan earphone menjelang tidur terkadang menyenangkan supaya membantu tidur lebih nyenyak. Tak jarang, kebiasaan mendengarkan musik sebelum tidur terbawa hingga benar-benar tertidur pulas.

Musik yang masih menggema lewat earphone selama tidur dapat memberikan efek buruk pada kesehatan telinga. Departeneb Otorhinolaryngologi di Rumah Sakit Asia University Chinese Taipei pernah melaporkan kasus seorang remaja yang mengalami tuli karena tidur sambil mendengarkan musik keras menggunakan earphone.

Kerusakan ini dapat terjadi karena saat tidur sirkulasi di tubuh manusia melambat. Sementara sel-sel rambut di telinga dirangsang suara yang keluar dari earphone. Hal ini mengakibatkan tubuh tidak dapat memasok darah yang cukup, sehingga dapat mengakibatkan tuli mendadak.

Dr Tian Huiji dari Rumah Sakit Asia University Chinese Taipei memperingatkan orang-orang tidak menggunakan earphone untuk mengekspos telinga dengan suara keras saat tidur. Dia menyarankan untuk tidak menggunakan earphone ataupun headphone selama tidur.

Menurut dia, pastikan untuk memberikan istirahat telinga Anda selama 10 menit setelah setiap 50 menit menggunakan aksesori pendengaran pada siang hari. Hal ini berguna untuk menjaga kesehatan indra mendengar Anda.

Agar lebih waspada, Anda perlu mengetahui beberapa bahaya menggunakan earphone saat tidur. Berikut beberapa bahaya menggunakan earphone saat tidur.

1. Menurunkan Fungsi Pendengaran

Bahaya menggunakan earphone saat tidur pertama dapat menurunkan fungsi pendengaran. Ketika Anda mendengarkan musik dengan earphone dan tertidur, suara yang didengar dalam volume tinggi dan waktu yang lama dapat menyebabkan kerusakan pada sistem pendengaran.

Sistem pendengaran yang terganggu adalah penjalaran pendengaran pada koklea telinga, yaitu merusak sel rambut pada koklea. Terlebih ketika menggunakan earphone saat tidur, Anda cenderung tidak menyadari lamanya penggunaannya.

2. Infeksi Telinga

Bahaya menggunakan earphone saat tidur selanjutnya adalah lebih rentang mengalami nyeri telinga. Penggunaan earphone yang tidak tepat dan berlangsung lama dapat menyebabkan telingan berdenging dan rasa tidak nyaman pada telinga.

Infeksi telinga dapat terjadi karena adanya gesekan dari earphone dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, penggunaan earphone yang dilakukan dengan saling berbagi juga dapat menyebabkan penyebaran bakteri dari satu telinga ke telinga lain yang dapat memperparah infeksi telinga. 

3. Aliran Udara Tersumbat

Produsen earphone kerap membuat rangkaian produknya sebaik mungkin. Salah satu keunggulan produk earphone adalah menjaga kejernihan suara sehingga membuat aliran udara dari luar tidak ada yang masuk ke dalamnya.

Kondisi ini ternyata dapat membiarkan kotoran telinga menumpuk dan mengeras di dalam. Hal ini dapat menjadi sarang yang ideal bagi pertumbuhan bakteri penyebab infeksi telinga.

4. Kerusakan Permanen pada Telinga

Bahaya menggunakan earphone saat tidur lainnya adalah kerusakan permanen pada telinga. Ini bisa terjadi apabila telinga sudah tidak kuat lagi menanggung beban suara keras dari earphone yang langsung terhubung dengan lubang telinga.

Biasanya, kondisi ini terjadi pada mereka yang berusia muda atau remaja. 

5. Kerusakan Otak

Penggunaan earphone saat tidur tidak membuat otak kita benar-benar dalam keadaan istirahat. Suara yang masuk masih membuat otak mengolahnya, sehingga mengurangi istirahat otak.

Penggunaan earphone pada telinga saat mendengarkan musik memberikan dampak berupa hantaran elektromagnetik dan gelombang elektromagnetik ini lama-kelamaan dapat merusak sel-sel pada otak.  

Penulis

foto Anggidwiseptiani
Anggidwiseptiani

Artikel Terkait

6 Jenis Keju Terbaik di Dunia dan Manfaatnya untuk Tubuh
04 Februari 2020

Komentar