Logo Eventkampus

FISIPOL UGM Miliki Co-working Space Baru

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
FISIPOL UGM Miliki Co-working Space Baru

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UGM kini memiliki area co-working space baru bagi para pahasiswa. Area yang diberi nama BRIWork ini dibangun melalui kerja sama antara FISIPOL UGM dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI).

“Teman-teman mahasiswa diberikan tempat kerja yang sangat baik untuk belajar dan beraktivitas. Ini sangat sesuai dengan visi UGM untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi enterpreneur,” ucap Dekan FISIPOL UGM, Prof. Erwan Agus Purwanto, dalam peresmian BRIWork, Jumat (14/2).

Ia mengungkapkan, sebelumnya FISIPOL dan BRI telah melakukan kerja sama dalam penyelenggaraan SOPREMA, ajang kompetisi ide socio-enterpreneurship yang digagas FISIPOL sejak 5 tahun yang lalu. Dengan tambahan fasilitas yang kini telah diresmikan, ia berharap akan semakin banyak startup yang bisa dilahirkan dari kampus FISIPOL yang mampu memberikan solusi bagi persoalan yang ada di tengah masyarakat.

“Terima kasih atas seluruh dukungan yang diberikan, mudah-mudahan dari tempat ini akan dilahirkan tokoh-tokoh hebat,” imbuhnya.

Wakil Rektor UGM Bidang Kerja Sama dan Alumni, Prof. Dr. Paripurna, S.H., M.Hum., LL.M., mengatakan bahwa keberadaan co-working space merupakan sebuah keniscayaan karena model pembelajaran saat ini telah jauh berbeda dengan sebelumnya.

Tantangan era ini, ujarnya, menuntut seseorang tidak hanya menjadi orang yang pintar, tetapi juga kreatif. Oleh karena itu, diperlukan sebuah ekosistem yang mendukung pengembangan kreativitas untuk memunculkan ide-ide yang segar.

“Model pembelajaran saat ini tidak mungkin orang ditaruh di dalam kotak dengan membawa buku. Kreativitas dibangun dari interaksi antarmahasiswa atau antara mahasiswa dengan dosen untuk menangani masalah-masalah yang dihadapi,” terangnya.

Ia pun mengapresiasi bentuk kerja sama antara FISIPOL dan BRI karena mendukung budaya kreatif dan kerja kolaboratif yang diperlukan untuk memenangkan persaingan global.

“Negara ini butuh lebih banyak orang kreatif karena persaingan global menuntut kita untuk bisa memenangkan itu dan itu tidak bisa dicapai sendiri,” kata Paripurna.

BRIWork di FISIPOL UGM merupakan co-working space pertama di tingkat komunitas yang dibangun oleh BRI dan nantinya konsep serupa akan diterapkan di beberapa komunitas lainnya. Di samping menjadi fasilitas belajar untuk mahasiswa, BRIWork juga menyediakan sentra layanan perbankan dan aktivitas lainnya.

“Disadari bersama bahwa program inklusi dan literasi keuangan harus didorong agar lebih banyak orang yang menggunakan jasa-jasa perbankan dan efisiensi bisa dicapai,” kata Wakil Direktur Utama BRI, Catur Budiharto.

Pembentukan BRIWork sendiri, ujarnya, terinspirasi dari ekosistem yang ada di dalam kampus. Nantinya, fasilitas ini dapat digunakan untuk mendorong perekonomian terutama melalui UMKM untuk naik kelas melalui transformasi layanan perbankan serta inovasi strategis yang muncul dari kolaborasi ini.

“Sinergi UGM sebagai kampus ternama di Indonesia yang banyak melahirkan pemimpin tanah air dan ide serta inovasi di masyarakat dengan BRI yang fokus pada UMKM merupakan hal yang strategis,” ungkapnya.

Penulis: Gloria



Sumber : https://ugm.ac.id/id/berita/19035-fisipol-ugm-miliki-co-working-space-baru

Penulis

foto Berita Kampus
Berita Kampus
Namaku Tom, saya akan memberikan informasi/ berita seputar kampus yang ada di Indonesia

Artikel Terkait

Fahmi Raih Penghargaan Pemuda Difabel Berprestasi dari Menpora
31 Oktober 2019
Integritas Tiket Menjadi Pemimpin
20 November 2019
Gagas Penanganan Kebakaran Hutan, Mahasiswa UGM Juarai Kompetisi Rekinnovation
09 Januari 2020
Revitalisasi Anggrek sebagai Kekayaan Hayati Indonesia
21 Januari 2020
Tips Menjaga Kesehatan Mental Saat Social Distancing
23 Maret 2020
Tim Mobil Listrik Arjuna UGM Borong 4 Penghargaan Internasional FSEV Concept Challenge
24 Juli 2020

Komentar