Logo Eventkampus

Manfaat Kulit Jeruk Yang Jarang Diketahui

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Manfaat Kulit Jeruk Yang Jarang Diketahui

Saat makan buah jeruk, kita cenderung membuang kulitnya, padahal ternyata banyak manfaat lho kulit jeruk bagi kesehatan. Kulit jeruk memiliki kandungan fitonutrien dan flavonoid lebih tinggi ketimbang daging buahnya.

Jika untuk kesehatan tubuh, kulit jeruk bisa diseduh layaknya teh maupun diolah menjadi permen. Sedangkan untuk kecantikan, kamu bisa mengoleskan kulit jeruk atau menghaluskannya menjadi masker. Lalu apa saja sih manfaat kulit jeruk lainnya?  Berikut adalah sederet manfaat kulit jeruk bagi kecantikan kulit dan kesehatan tubuh.

1.     Dapat Menyehatkan Paru-Paru

Kandungan vitamin C yang kaya bisa membantu memecah dahak dan membersihkan paru-paru. Vitamin C juga bisa meningkatkan sistem pertahanan tubuh terhadap penyakit sehingga membantu perlindungan paru-paru dari infeksi. Kamu bisa memanfaatkan kulit jeruk untuk mengatasi flu dan demam.

2.     Dapat Memutihkan Gigi

Kulit jeruk adalah solusi bagi kamu yang kurang percaya diri dengan gigi menguning. Kulit jeruk mengandung senyawa d-limonene yang dapat mengurangi warna kuning pada gigi.

3.     Dapat Menghancurkan Batu Ginjal

Kulit jeruk dipercaya bisa membantu untuk menghancurkan batu ginjal. Karena kulit jeruk mengandung D-limonene yang dapat melarutkan batu ginjal. Kemudian kulit jeruk juga memiliki kandungan antiseptk dan antijamur, sehingga bisa membantu untuk menyembuhkan infeksi kemih atau infeksi ginjal.

4.     Dapat Membersihkan Pori-Pori Kulit Dan Mencegah Jerawat

Kulit jeruk dapat membersihkan pori-pori dari minyak dan kotoran. Sebab, kotoran dan minyak berlebih dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Kamu bisa menggunakannya sebagai masker wajah dengan campuran yoghurt alami.

5.     Dapat Menurunkan Berat Badan Dan Kolesterol

Vitamin C pada kulit jeruk dapat membantu seseorang yang ingin menurunkan berat badan secara alami. Kamu bisa mengonsumsinya sebagai teh dengan dicampur madu sebagai pemanis alami. Di sisi lain, kulit jeruk juga bisa mengurangi kolesterol dalam tubuh sehingga mencegah penyakit jantung dan stroke. Bahkan kulit buah jeruk juga mampu menurunkan tekanan darah tinggi.

6.     Dapat Menyamarkan Garis Halus

Kulit jeruk mengandung asam sitrat yang mampu meningkatkan kecerahan kulit secara alami. Caranya, jadikan kulit jeruk sebagai masker dengan campuran susu, kemudian diamkan selama 15 menit. Bersihkan wajah dengan air biasa dan lakukanlah secara rutin.

7.     Dapat Mengatur Gula Darah

Bagi penderita diabetes, konsumsi kulit jeruk bisa membantu mengatur kadar gula darah. Kulit jeruk mengandung pektin atau serat yang membantu mengatur gula darah. Ekstrak kulit jeruk bisa mencegah diabetes neuropati.

Nah, itulah beberapa manfaat dari kulit jeruk ya, jadi mulai sekarang jangan buang lagi kulit jeruknya dan kalian bisa gunakan untuk kesehatan dan kecantikan tubuh kalian. Selamat mencoba.

Penulis

foto Leny oktavya
Leny oktavya

Komentar