Logo Eventkampus

Manakah Yang Lebih Sehat? Putih Telur Atau Kuning Telur

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Manakah Yang Lebih Sehat? Putih Telur Atau Kuning Telur

Manakah Yang Lebih Sehat? Putih Telur Atau Kuning Telur

Telur menjadi salah satu makanan paling banyak dikonsumsi orang, selain karena praktis telur juga sangat bergizi dan sering disebut sebagai "multivitamin alami". Telur mengandung antioksidan unik dan membantu menutrisi otak dengan baik. Tapi, pada sebagian orang ada yang menyukai satu sisi telur saja, entah itu putih atau kuningnya. Sebenarnya bagian

1.Kalori

Dari segi kalori, kuning telur jauh lebih besar sekitar 55 kalori. Sedangkan putih telur hanya memiliki 17 kalori di setiap butirnya.

2. Zat besi

Kuning telur memiliki 93 persen zat besi di dalamnya. Sementara pada putih telur, hanya ada 7 persen.

3. Lemak

Pada kuning telur, lemak jenuh dan kadar kolesterolnya jauh lebih besar. Bahkan banyak yang menghindarinya karena takut rentan terhadap penyakit jantung.

Untuk putih telur, memang terkenal bebas lemak dan rendah kalori. Bagian ini banyak memberikan protein sehat tanpa ada embel-embel menambah kalori pada tubuh.

4. Vitamin

Meskipun lemaknya tinggi, tapi kuning telur tetap mengandung lebih banyak nutrisi dibandingkan putih telur. Kandungan nutrisinya antara lain Vitamin B6, B12, A, D, E dan K. Selain itu, juga kaya akan kalsium, magnesium, zat besi, kolin, karotenoid, dan selenium.

Tak hanya itu, karotenoid yang ada di dalam kuning telur juga membantu meningkatkan penglihatan, antioksidan, menangkal radikal bebas yang bisa merusak retina. Kolin juga memiliki sifat anti-inflamasi dan menjaga fungsi ja jantung.

Putih telur atau albumin juga tidak kalah sehat. Bagian ini bisa membantu untuk membangun otot dan menambah berat badan. Putih telur juga bisa membuat kenyang lebih lama.

Ini karena kandungan mineral dan kalium di dalamnya yang membantu mengurangi serta mempertahankan tekanan darah. Vitamin lainnya yaitu riboflavin juga membantu untuk mencegah katarak hingga sakit kepala migrain.

Penulis

foto Cahyo Bagus Putro Pratomo
Cahyo Bagus Putro Pratomo
SMK Bhina Karya Karanganyar

Artikel Terkait

Macam Macam cara Merawat Rambut
12 Juli 2018
Macam Macam olahan singkong
12 Juli 2018
Tips Pola Hidup Sehat
15 Januari 2020
Cara Pencegah Virus Corona
24 Januari 2020
Wajib Tahu! Beginilah Cara Sehat Mengkonsumsi Mi Instant
27 Februari 2020
Macam macam pelatihan otot tangan
27 Februari 2020

Komentar