Logo Eventkampus

Hantu Mulut Robek, Kuchisake-Onna dari Jepang

access_time | label Konon Katanya
Bagikan artikel ini
Hantu Mulut Robek, Kuchisake-Onna dari Jepang



Kuchisake-onna merupakan urban legend jepang atau dianggap juga sebagai yokai (penampakan yang aneh). Ia digambarkan dengan wanita yang punya mulut robek hampir sampai telinga yang ditutupi masker operasi dan sering muncul di jalan yang sepi apalagi saat berkabut.


Menurut Legenda Kuno

Konon sosoknya dahulu adalah seorang wanita yang hidup di zaman Heian dan menikah dengan seorang samurai, samurai yang dinikahinya tersebut bisa dibilang abusive. Hingga pada suatu hari si wanita tersebut terciduk berselingkuh, tentu saja itu membuat si samurai emosi jiwa dan melakukan hal yang membuat wanita tersebut menyesal yaitu, merobek mulut si wanita dari telinga kiri sampai kanan menggunakan pedang. Setelah melakukan aksinya itu si samurai berkata “ sekarang siapa yang akan berkata dirimu cantik?’’


Sedangkan menurut Legenda Urban

Kuchisake-onna dulunya adalah seorang wanita yang menjadi korban operasi wajah yang gagal. Dokter mengoperasinya menggunakan pomade (sejenis minyak rambut) deenan baunya yang menusuk membuatnya tidak bisa tenang saat dioperasi hingga sang dokter tidak sengaja memotong mulutnya hingga robek, tentu saja itu membuat si wanita histeris dan marah hingga membunung sang Dokter. Lalu belakangan setelah kejadian itu, si wanita meninggal karena dibunuh para penduduk kota dan berakhir menjadi hantu penasaran.


Apabila bertemu dengan seseorang ( apalagi anak-anak atau mahasiswa ) di jalanan Jepang yang sepi sosoknya yang bermasker ini akan bertanya “ Apakah aku cantik?’’. Dan jika seseorang tersebut menjawab dengan "Ya" ia akan membuka maskernya dan bertanya lagi “ bahkan kalau aku seperti ini? ” Bila si korban ini menjawab "Tidak" maka ia akan dibunuh menggunakan benda tajam olehnya, Tapi jika si korban menjawabnya dengan ‘'Ya'’ si Kuchisake-onna akan gembira dan membebaskan korbannya tapi ada juga yang mengatakan kalaupun korban menjawabnya seperti itu sosoknya ini akan mengikuti korban sampai rumah dan membunuhnya didepan pintu rumah. Jika korbannya wanita, ia akan meroek bibir wanita itu agar persis sepertinya. Dan jika korbannya anak-anak ia akan memakannya. 


Ada juga cara lain untuk lolos dari sosoknya ini menurut urban legend populer 1970-an dengan menjawabnya “biasa saja”, lalu versi 2000-an menyebut si korban akan selamat jika mejawab “ lumayan”, versi lain eberpendapat jika korban balik bertanya seperti ‘’Apakah aku juga cantik?'’ akan membuat si Kuchisake-onna kebingungan dan pergi. Lalu ada juga yang menyebut jika menawarkannya permen keras warna kuning tua atau menyebut ‘pomade’ sebanyak 3 atau 6 kali akan membuatnya takut lalu pergi.


Bisa dikatakan sosoknya ini memiliki sisi jahat juga sisi baik, konon ia akan membunuh para tukang ‘bullyinng’ ia membunuh tukang ‘bullying’ karena saat ia masih muda ia sering dibully sebelum meninggal. Banyak orang yang mengatakan bahwa ia akan membunuh pembully dengan memotong lehernya. Ngeri ndes.


Nah gaess menurut kalian si mbak Kuchisake-onna ini beneran ada nggak sih? Dan gimana reaksi kalian saat diberi kesempatan untuk liburan ke Jepang lalu secara nggak sengaja bertemu sosoknya? Kalian akan menjawab apa saat ditanyai sama sosoknya? Kalo kata Mas Anang, aku sih yes.





referensi : https://images.app.goo.gl/nhZusE9g9NM43Ekt6

Penulis

foto Ernestia
Ernestia

Komentar