Logo Eventkampus

Similar but Different??!

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Similar but Different??!

Sering nggak sih kita denger kata yang sama dalam bahasa inggris tapii ternyata makna atau penggunaannya beda?! Nah lo, bingung ngga tuh? Gimana sih maksudnya? Jadi gini, misalnya home sama house, nah itu sama kan artinya sama sama rumah tapiiii ternyata beda loh. Habis ini kita bahas yaa biar lebih jelas lagi, oiya nanti ada contoh lainnya juga biar lebih paham. Okay yuk langsung aja ke penjelasannya.

1.     Home/house

Kedua kata ini memiliki arti yang sama yaitu rumah. Tapiii penggunaan kedua kata tersebut beda loh. Jadi gini, home itu maknanya lebih sebuah tempat yang nyaman bukan cuman rumah aja yaa keluarga juga bisa berarti rumah bagi kita jadi lebih ke ikatan emosionalnya sedangkan house itu maknanya lebih ke hunian atau tempat tinggal yang jelas berbentuk bangunan fisik.

2.     Say/tell

Say dan tell memiliki arti yang sama yaitu mengatakan. Lah terus bedanya dimanaa? Okay, kalau say itu digunakan untuk mengatakan sesuatu secara langsung dan fokusnya terhadap sebuah kata yang akan disampaikan sedangkan tell lebih berfokus pada pesan yang akan disampaikan.

3.     Further/farther

Mirip banget kan yaa? Memang mirip dan memiliki arti yang sama yaitu lebih jauh. Eitss, tapi penggunaanya berbeda lho yaa. Further digunakan untuk menandakan jarak yang lebih jauh namun jarak tersebut tidak dapat diukur dengan satuan. Eh bingung ngga? Misalnya gini deh, “the first team goes further than the second team”. Nah, further disitu menandakan lebih jauh progressnya dan sebuah peningkatan dalam contoh kalimat tadi ngga bisa diukur dengan satuan. Gimana? udah masuk belum nih konsepnya?? Yaudah kita lanjut dulu ke farther biar mudah bedainnya. Kalau farther itu menunjukkan sebuah jarak yang dapat diukur. Misalnya, “he run farther than usual”. Dalam kalimat itu jarak yang ditempuh olehnya dapat kita ukur dengan satuan. Nahh, jelas banget kan bedanyaa.

4.     Advice/advise

Sering banget ngga sih denger kata ini?? Katanya mirip dan pelafalannya pun juga hampir mirip tapii jangan sampe yaa kita salah penggunaannya karena bisa bikin missunderstanding. Advice merupakan kata benda yang bersifat uncountable noun (kata benda yang tidak dapat dihitung). Advice ini dalam bahasa indonesia diartikan sebagai nasihat, saran, dan anjuran. Sedangkan advise itu merupakan sebuah kata kerja, kalau dalam bahasa indonesia advise berarti menasihati, menganjurkan, dan menyarakan.

5.     Hear/listen

Jika diartikan keduanya memiliki makna yang sama yaitu mendengar. Perbedaannya yaitu, kata hear biasanya digunakan ketika kita tidak sengaja mendengar sesuatu atau bisa dikatakan kita memang kita berniat untuk menyimak atau mendengarkan jadi, hanya selintas saja. Sedangkan listen digunakan ketika kita benar-benar mendengarkan dan menyimak dengan seksama.

6.     Study/learn

Pastinya kalian tau yaaa, ini sering banget kita dengar bahkan kita gunakan sehari-hari. Study atau learn ini memiliki makna yang sama yaitu mempelajari. Jadiii dimana nih perbedaannya?? Nahh, perbedaanya itu, study lebih digunakan untuk kegiatan yang berhubungan dengan akademik atau sekolah. Study biasanya lebih ke teori atau kegiatan seperti membaca, menghafal, dan lain sebagainya. Sedangkan learn biasanya digunakan untuk kegiatan yang bersifat praktek. Jadi sederhananya, kalau learn itu mempelajari sekaligus melakukan aktivitas yang di pelajarinya. Nahh kurang lebih seperti itu.

Ternyata bahasa inggris itu juga sama yaa seperti bahasa kita, dimana ada kata kata yang sama tapi ternyata penggunaannya beda. Nah, jadiii ketika kita mempelajari suatu bahasa yang baru kita harus paham mengenai maknanya agar tepat dalam penggunaannya. Kalau kita ngerti maknanya dan cara menggunakannya pasti kita juga bakal lebih confident juga pas ngomongnyaa, iyaa ngga??^^ adalagi ngga yang mau dibahas??next kita ketemu lagi yaa dengan pembahasan menarik lainnyaaa. See yaaa!

 

 


Penulis

foto samarauzl
samarauzl

Artikel Terkait

Perbedaan Acronyms dan Initialism
01 Maret 2022
Part 1 Daily Conversation : How to Order Food at Restaurant
23 Februari 2022

Komentar