Logo Eventkampus

Perbedaan Acronyms dan Initialism

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Perbedaan Acronyms dan Initialism


Apasih acronyms itu? Initialism apalagi? Kayak pernah denger deh. Memang kita sering denger tentang dua hal itu tapi apasih bedanya?? Kalau ditanya bedanya sih sebenernya tipis tipis ya ini bedanya, yang jelas dua hal ini emang beda. Tetapi memang mereka merupakan bagian dari abbreviations. Apa abbreviations itu?? Abreviations itu merupakan singkatan.

Nahh, kali ini kita akan bahas yaaa mengenai dua hal itu. Yang pertama kita bakal bahas apasih acronyms itu?? Acronyms itu merupakan sebuah kata yang diucapkan secara penuh sebagai suatu kata. Bingung yaaa??! Yuk kita masuk ke contohnya biar lebih jelas.

Example :

-         AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome)

Contoh yang pertama itu AIDS nah cara bacanya bukan di eja ya (A-I-D-S) tapi dibaca secara keseluruhan dan utuh (/eɪdz/).

-         ASAP (As Soon As Possible)

Contoh yang kedua ini sering banget ya kita denger entah secara langsung atau dari film. Apasih ASAP itu?! ASAP AKA As Soon As Possible atau yang berarti segera mungkin itu biasanya digunakan para remaja gaul ketika kita ditanya mengenai tugas atau deadline dan lain sebagainya. Mereka lebih senang menyingkatnya menjadi ASAP (/ˈeɪsæp/) dari pada harus mengucapkan kalimat aslinya (As Soon As Possible).

-         UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization)

Contoh yang ketiga ini pastinya familiar banget kan yaaa? Siapa sih yang ngga tau UNESCO?! Pasti udah tau semua lah yaa, eitss kalian bacanya gimana ya itu? Jangan bilang di eja yaaa>.< bacanya ya langsung aja satu kesatuan UNESCO (/juːˈneskəʊ/).

Gimana? udah lumayan tau lah yaa tentang acronyms. Sekarang kita lanjut ke pembahasan selanjutnya, initialism. Mirip sih mereka ini tapiii beda yaaa, initials merupakan kata yang terbentuk dari sebuah frasa, dimana huruf awal dari kata tersebut diambil untuk membentuk sebuah singkatan. Bingung ngga? Gini deh, jadi initialism ini nanti cara bacanya di eja yaa, bacanya perhuruf bukan secara keseluruhan atau perkata. Nahh, udah keliatan kan perbedaan antara acronym sama initialism. Yuk kita masuk ke contohnya biar lebih jelas lagi.

Example :

-         USA (United States of America)

Contoh pertama yaitu USA atau United States of America atau biasanya kita kenal sebagai Amerika Serikat. Nahh, gimana nih cara bacanya?? Bacanya di eja yaaa jadi USA (/ˌjuː es ˈeɪ/). Kayaknya gampang banget yaa contoh yang pertama ini, karena udah sering denger kali ya jadi udah ngga asing lagi.

-         DIY (Do It Yourself)

Contoh yang kedua adalah DIY (/ˌdiː aɪ ˈwaɪ/) pasti pernah kan denger kata DIY?? Nah ternyata DIY singkatan dari Do It Yourself yang berarti melakukan atau mengerjakan sendiri. Ingat yaa, dibacanya dengan di eja karena merupakan initialism.

-         ATM (Automatic Teller Machine)

Contoh yang terakhir ini sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Jelas banget ya ini bacanya pasti di eja A-T-M (/ˌeɪ tiː ˈem/) yang berasal dari kata Automatic Teller Machine (bahasa inggris) atau bisa juga Anjungan Tunai Mandiri (bahasa indonesia).

Nahh, gimana nih udah pada paham belum?? Jelas banget kan ya bedanya dan mudah banget kan dipahaminya? Jadi acronyms dan initialism itu termasuk bentuk-bentuk dari abbreviations (singkatan). Bedanya acronyms itu dibaca secara utuh sedangkan initialism itu dibacanya dengan di eja. Yassh, pembahasan kali ini sampai disitu dulu yaaa, next mau bahas apa nih??

 

 


Penulis

foto samarauzl
samarauzl

Artikel Terkait

Similar but Different??!
01 Maret 2022
Part 1 Daily Conversation : How to Order Food at Restaurant
23 Februari 2022

Komentar