Logo Eventkampus

Industri Kreatif Di Indonesia dapat membantu perekonomian nasional?

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Industri Kreatif Di Indonesia dapat membantu perekonomian nasional?

Industri kreatif Indonesia telah memberikan kontribusi besar dalam membantu perekonomian nasional. Hal ini terlihat dari semakin banyaknya industri kreatif di Indonesia. Dengan demikian dapat memberikan kontribusi yang baik bagi pertumbuhan perekonomian nasional. Pertumbuhan industri kreatif di berbagai industri telah berkembang pesat dengan berbagai macam cara. Pertumbuhan industri kreatif didorong oleh berbagai sektor. Peran industri kreatif memegang peranan yang sangat penting dalam pertumbuhan ekonomi global baik di bidang ekonomi makro maupun usaha kecil menengah. Dalam membangun sebuah ekonomi kreatif tidak semudah yang dibayangkan, karena akan muncul kendala yang dapat mengganggu perkembangan industri kreatif tersebut. Hambatan industri kreatif tidak hanya berasal dari bentuk kebijakan, tetapi juga dari pengusaha itu sendiri.


salah satu bentuk contoh Pengembangan ekonomi kreatif Indonesia di tengah perkembangan ekonomi kreatif global ketika kita mempromosikan daerah wisata ke berbagai negara untuk meningkatkan kunjungan wisatawan. Langkah ini akan menunjukkan perkembangan ekonomi kreatif di Indonesia untuk memperoleh pendapatan dari Negara lain. Selain itu para wisatawan menjadi tertarik untuk berwisata di Indonesia. Dengan adanya program tersebut, para pelaku usaha yang bergerak dalam bidang pariwisata sekaligus industri kreatif juga mendapatkan sebuah keuntungan. Mengapa? Karena selain bisa berkontribusi bagi bangsa Indonesia namun para pelaku usaha tersebut juga dapat membuka lapangan kerja bagi masyarakat Indonesia. Hal tersebut menjadi wadah atau nilai tambah khususnya bagi para kaum muda untuk berkarya dan berkontribusi untuk bangsa Indonesia. Program tersebut adalah sesuatu yang sangat dibutuhkan pada masa pemerintahan Presiden Joko Widodo saat ini demi tercapainya Kabinet Indonesia Maju 2020. Semoga pemerintah dengan mengambil program baru tersebut, Indonesia dapat bersaing dari negara-negara maju lainnya. Karena perekonomian Indonesia saat ini sedang mengalami ketidakstabilan, maka dari itu perlu adanya untuk meningkatkan derajat ekonomi Indonesia.


Pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif, yang keduanya memiliki pengaruh yang sangat vital bagi perekonomian Indonesia. Untuk mencapai tujuan tersebut, diperlukan kerjasama semua pihak untuk mengeksplorasi serta memperkenalkan obyek-obyek wisata yang sebelumnya tidak dikenal oleh masyarakat dan wisatawan, serta belum terekspos sepenuhnya kepada wisatawan lokal maupun mancanegara. Namun demikian, Indonesia juga perlu melihat dan mewaspadai adanya beberapa kendala untuk mencapai tujuan tersebut, seperti keterbatasan infrastruktur, tidak dapat diaksesnya tempat wisata, jangkauan jaringan yang kurang memadai, tata kelola, kebersihan, dll, yang dapat menyebabkan wisatawan khususnya orang-orang dari luar negeri merasa tidak nyaman. Sejauh ini, kita melihat bahwa Industri kreatif di Indonesia hanya berkembang pada kota – kota besar di Indonesia yang memiliki destinasi wisata yang menarik dengan adanya tata kelola, sumber daya manusia yang lebih baik, dan juga tentunya mereka memiliki pemasaran yang lebih baik dibandingkan dengan kota – kota kecil di Indonesia. Namun, hal ini tidak membuat kemungkinan bahwa kota – kota kecil tidak bisa mengembangkan destinasi wisatanya dengan cara menggali kreativitas yang dimiliki masyarakat setempat.


Pariwisata merupakan suatu kegiatan wisata yang dilakukan oleh para wisatawan baik dalam negeri maupun luar negri. Hal ini dapat didukung dengan Indonesia yang memiliki kekayaan alam yang luar biasa. Untuk mengembangkan pariwisata Indonesia diperlukan SDM yang berkualitas dengan kreativitas dan inovatif yang tinggi, sehingga dapat mengembangkan tempat wisata menjadi lebih menarik. Selain itu, untuk menunjang tempat wisata agar banyak di datangi oleh wisatawan, maka diperlukan perhatian dari pemerintah daerah maupun pemerintah pusat untuk memperbaiki infrastruktur jalan dan tata kelola tempat wisata agar menjadi lebih menarik dan memiliki nilai yang tinggi. Peran kaum muda dan juga seluruh pihak yang berkaitan sangat diperlukan dalam menyalurkan kreativitas yang dimiliki guna mengatur dan mengelola destinasi wisata agar menjadi menarik. Oleh karena itu, peran pemerintahan dan juga para kaum muda serta pihak yang bersangkutan sangat penting dalam mengembangkan pariwisata dengan ekonomi kreatif yang akan sangat bermanfaat bagi perekonomian bangsa Indonesia.


Lalu seperti apa contoh industri kreatif itu? Industri kreatif ada banyak macam dan contohnya, seperti pembuatan iklan edukasi, poster, foto, atau bahkan pembuatan film. Banyak orang yang belum terjun ke dalam dunia Industri kreatif, karena minim peminat dan tentu. untuk belajar dalam bidang industri kreatif juga memang perlu berkorban. seperti bila kita ingin belajar jadi 3D Desainer juga diwajibkan mempunyai spesifikasi laptop atau komputer yang mumpuni, karena itu menjadi fakto utama dari belajar 3D sama hal nya dengan Industri kreatif lainnya.


Penulis

foto Rizki Surya Wijaya
Rizki Surya Wijaya

Komentar