5 CARA MENCEGAH BULLYING

access_time | label Tips & Trik
5 CARA MENCEGAH BULLYING

Dan untuk mengatasinya bagi korban bully, kali ini saya akan memberikan sikap-sikap yang dapat dilakukan untuk menghilangkan kejahatan Bullying di bumi ini. Untuk sang korban dapat melakukan hal-hal berikut:

  • Melawan

Apabila Anda merasa bahwa Anda sebagai korban bullying, cobalah untuk melawan mereka dengan kata-kata yang menunjukkan bahwa Anda bukanlah seorang yang lemah. Tapi ingat ya, bahwa kejahatan tak perlu dibalas kejahatan. Anda hanya harus menunjukkan kepada sang pembuli bahwa Anda bukan seperti yang mereka pikirkan.

  • Berbagi

Untuk kekesalan dan segala uneg-uneg yang tertampung dibenak Anda dapat Anda curahkan dengan sang sahabat dekat. Sampaikan semua hal yang ada dibenak Anda. Dan mintalah pendapatnya, bagaimana Anda harus bertindak untuk menyikapi semua ini.

  • Laporkan kepada orang tua

Keluarga adalah tempat kita untuk berpulang dan menjadi tempat berlindung dari dunia luar. Dan untuk kasus bullying yang merupakan kasus kejahatan Anda haruslah segera melaporkannya pada orang tua agar segera dapat diketahui.

  • Laporkan kepada yang berwenang

Kasus kejahatan memang haruslah segera ditangani oleh yang berwajib. Dengan melapor pada orang tua, tentu orang tua kita segera melaporkan ini kepada pihak yang berwenang untuk dapat ditangani segera.

  • Percaya diri

Angkat wajah Anda dan tunjukkan Andapun kuat dan tak seperti yang mereka pikirkan berikan senyuman kepada semua yang mengejek Anda. Tebarkan selalu kasih sayang dan kebaikan hingga mereka sadar bahwa Anda bukan lah seorang yang lemah.

Dan diatas merupakan langkah-langkah yang dapat Anda lakukan ketika Anda menjadi korban dari bullying. Dan untuk orang tua yang tidak ingin kejadian Bullying menimpa anaknya dapat melakukan hal-ha berikut:

  1. Tanamkan kepercayaan diri pada sang anak sejak dini, dengan menumbuhkan rasa PD pada si kecil, dapat menjadikan dirinya seorang yang kuat dan dapat menghindarkan dirinya dari kasus bullying.
  2. Sosialisakan pada diri anak bahwa semua orang itu sama, tak ada yang lebih tinggi dan tak ada yang lebih rendah, tak ada yang lebih kuat, dan tak ada yang ebih lemah. Tanamkan pada diri anak Anda bahwa semua manusia diciptakan sama dan kita tak boleh menganggap orang lain lebih hebat atau lebih rendah dari kita.
  3. Tumbuhkan rasa kasih sayang terhadap sesama, dengan kasih sayang dan kebaikan yang ditebarkan memeberikan efek bagi orang lain yang akan menilai dan menghargai atas sikap kaish sayangnya.

Diatas merupakan sikap-sikap yang dapat kita lakukan untuk dapat mencegah pembulian terjadi dimasa depan. Entah kita sebagai korban/orang tua, tetaplah tugas kita untuk dapat melenyapkan Bullying pada bumi ini. Sekian yang dapat author sampaikan, dan terimaksih untuk beberapa artikel yang telah membuka mata saya betapa bullying sangatlah kejam merusak mental anak-anak. Terimakasoh dan Tetap Semangat Readers(!)

 

Tags

Penulis

foto Anggun Prastiwi
Anggun Prastiwi
SMK NEGERI 2 KARANGANYAR

Artikel Terkait

Share

Komentar