Logo Eventkampus

Peneliti UI Temukan Metode Deteksi Dini Kanker Paru

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Peneliti UI Temukan Metode Deteksi Dini Kanker Paru

Peneliti biomedik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Achmad Hudoyo menciptakan sebuah inovasi deteksi dini kanker paru dengan menggunakan balon karet. Ia mendapatkan inspirasi dari penelitian tentang kemampuan anjing dalam melacak keberadaan kanker paru di dalam tubuh seseorang.

Menurut Achmad, anjing pelacak yang sudah terlatih, dapat membedakan napas pasien yang menderita kanker paru dan tidak dengan keakuratan mencapai 93 persen. "Ini mengindikasikan bahwa ada suatu zat tertentu yang hanya terdapat di napas para penderita kanker paru," ujarnya dalam presentasi disertasinya, Rabu, 10 Januari 2018, di Auditorium Gedung IMERI FKUI Salemba.

Achmad mengembangkan sebuah deteksi dini dengan cara "memerangkap" napas dan hembusan pasien terduga kanker paru ke dalam sebuah balon karet. Balon ini kemudian didinginkan dalam lemari es atau direndam dalam air es agar napas dan hembusan di dalam balon karet mengalami pendinginan.

Tahap berikutnya, napas dan hembusan disemprotkan ke media kertas saring khusus untuk menyimpan DNA. Dan media inilah yang akan dikirim ke laboratorium biomolekular untuk pemeriksaan lebih lanjut terkait vonis kanker paru.

Metode ini, kata Achmad, memiliki keunggulan karena menggunakan alat yang sederhana dan murah, yaitu berupa balon karet yang dapat dengan mudah ditemukan di Indonesia. "Tingkat keakuratan metode ini juga di atas 70 persen," kata dia.

Menurut laporan Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), pada 2015, dari 668 kasus keganasan rongga torak yang tercatat, sebesar 75 persen merupakan kasus kanker paru. Selain itu, angka kelangsungan hidup kanker paru juga rendah.

Tercatat, hanya 15 persen penderita pasien kanker paru yang bisa bertahan hidup sampai 5 tahun. Angka ini jauh lebih rendah dibandingkan angka tahan hidup kanker kolon (kanker usus besar) sebesar 61 persen, kanker payudara (86 persen), dan kanker prostat (96 persen).

Achmad berharap, metode yang ia temukan ini dapat meningkatkan harapan hidup para penderita kanker paru dengan cara mendeteksi dini kanker paru sedini mungkin. "Saya juga ingin membantu para penderita pasien paru di daerah-daerah yang belum terjangkau pelayanan kesehatan," kata dia.

Sumber : TEMPO.CO

Penulis

foto devifa
devifa
SMK WIKARYA KARANGANYAR

Artikel Terkait

tips daya ingat
06 Januari 2018
Selain Berubah Warna, Bunglon Juga Bisa Bersinar di Bawah Sinar UV
19 Januari 2018
MODAL SUKSES DENGAN KONSISTEN
19 Januari 2018
Manfaat Buah Sirsak Untuk Keremajaan Tubuh
22 Januari 2018
Kalian Pengguna WhatsApp ? Simak berikut Fakta Unik WhatsApp!
22 Januari 2018

Komentar