Logo Eventkampus

Gigi Kalian Ngilu ? Ini Penyebab dan Solusinya !

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Gigi Kalian Ngilu ? Ini Penyebab dan Solusinya !

Tiba tiba saat makan es gigi terasa ngilu atau lebih sering dikenal dengan istilah gigi sensitif. Gigi ngilu ini bisa saja diakibatkan beberapa faktor seperti karena berlubang, habis ditambal atau saat mengunyah. Beberapa jenis pasta sekarang juga sudah banyak yang berfungsi untuk mengatasi gigi sensitif. Selain menggunakan pasta gigi untuk gigi sensitif, ada beberapa cara mengatasi gigi ngilu yang bisa sahabat coba.

Berikut paparan mengapa gigi kita bisa ngilu :

Gigi terasa ngilu atau gigi sensitif umumnya disebabkan karena terkikisnya lapisan pelindung gigi yang disebut email atau karena terpaparnya akar gigi. Gigi Anda menjadi sensitif ketika gusi terbuka, sehingga dentin, lapisan di bawahnya, terpapar berbagai rangsangan. Dentin terdiri dari bagian dalam gigi dan akar yang terhubung pada ribuan saluran kecil yang menuju saraf gigi. Kondisi ini menyebabkan paparan dingin, panas, atau gesekan keras dapat memicu rasa ngilu.

Penyebab lainnya selain menipisnya dan terbuka lapisan enamel dan dentin pada gigi adalah sebagai berikut:

1. Gosok gigi terlalu berlebihan

Menggosok gigi terlalu kuat atau tidak beraturan hingga gigi berdarah. Usahakan gosok gigi secara proporsional: tidak terlalu pelan dan tidak terlalu kuat, kasar atau berlebihan.

2. Membiarkan penumpukan sisa makanan di sela-sela gigi

Ini juga dapat memicu pembusukan makanan dan mendukung perkembangbiakan bakteri secara cepat dan merusak email gigi sehingga gigi semakin sensitif dan ngilu.

3. Makanan dan minuman terlalu panas, terlalu dingin, teralu asam atau terlalu manis

Mengkonsumsi makanan terlalu panas, terlalu dingin seperti es juga menyebabkan gigi linu. Hindari makanan dan minuman seperti itu.

Pilih sikat gigi yang lembut

Selain dianjurkan menghindari cara menyikat gigi dengan kasar, hendaknya sobat juga memilih sikat gigi yang lembut dan tidak menyebabkan iritasi dan infeksi pada gigi. Karena sikat gigi yang keras dan kaku dapat menyebabkan menipisnya lapisan email gigi akibat terkikis setiap hari.

4. Jangan mengonsumsi makanan terlalu panas atau dingin

Usahakan menunggu makanan hingga dingin atau hangat bila makanan baru saja siap dimasak. Jangan buru-buru dan rakus mengunyahnya dalam kondisi panas. Begitu pula ketika minum es atau buah yang didinginkan dalam kulkas, tunggu sampai dingin terlebih dahulu baru kemudian dapat dikonsumsi.

5. Hindari makanan manis

Permen, coklat, roti biskuit yang manis dan kerap menyisakan sisa makanan di sela-sela gigi. Selain itu, makanan manis dan lengket juga memicu terjadinya gigi berlubang jika terlalu sering

6. Gunakan larutan air garam untuk berkumur

Larutan air garam juga membantu untuk membersihkan mulut dari kuman dengan cara dikumur-kumur.

Bisa kalian coba dirumah, Jika kalian masih ngerasa ngilu sebaiknya kalian cek ke dokter buat pengecekan lebih lanjut.

Penulis

foto Nugroho budi santoso
Nugroho budi santoso
SMK N 02 KARANGANYAR
bekerjalah tanpa suara biarkan kesuksesanmu yang bersuara nyaring.

Artikel Terkait

GANGSTARASTA ANIVERSARI 16Th
12 Desember 2017
Fakta jihyo twice
12 Januari 2018
Manfaat Jengkol
19 Januari 2018
Kegunaan Jahe Untuk Tubuh
19 Januari 2018
Kalian Hobi Muncak ? Persiapkan ini dahulu!
22 Januari 2018
Sejarah Prestasi yang di ukir oleh si Pangeran Biru PERSIB BANDUNG
22 Januari 2018

Komentar