Logo Eventkampus

Di balik mahalnya ciplukan terdapat manfaat yang menakjubkan..!

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Di balik mahalnya ciplukan terdapat manfaat yang menakjubkan..!

Di balik mahalnya ciplukan terdapat manfaat yang menakjubkan..!

 

Pernah tahu bentuk buah ceplukan atau ciplukan?

Buah ini juga punya nama lain cecenet atau cecendet, nyunyuran, dan kopok-kopokan  atau Physalis yang merupakan istilah asing.

Tanaman ini biasanya tumbuh liar di persawahan, ada di sekitar rumput dan jadi mainan anak-anak di desa bahkan mungkin kita sering memakannya.ternyata ciplukan mempunyai harga yang sangat mahal di swalayan tetapi di balik mahalnya ciplukan ada manfaat yang menakjubkan dari buah ciplukan antara lain :

 

Mengatasi sariawan

Sariawan dapat diartikan sebagai penyakit pada gusi, mulut bagian dalam, maupun lidah yang ditandai dengan munculnya bintik merah dan putih. Pengidap sariawan biasanya akan mengeluhkan rasa sakit dan perih apalagi ketika digunakan untuk makan dan minum. Belum lagi ditambah dengan munculnya bau mulut akibat aktivitas bakteri di mulut. Kini Anda tidak perlu khawatir karena kandungan vitamin C pada buah ciplukan mampu mencegah dan mengobati sariawan. Caranya sangat mudah yaitu dengan mengkonsumsi 10 butir buah ciplukan setiap hari secara langsung atau dibuat jus.

Menurunkan darah tinggi

Darah tinggi merupakan suatu kondisi dimana tekanan darah melebihi batas sewajarnya. Hal ini tentu akan berakibat fatal jika terus-terusan dibiarkan. Buatlah ramuan dengan merebus lima butir buah ciplukan pada 100 ml air. Rebus selama 5 menit agar kandungan nutrisinya tidak hilang dan menguap. Saring air rebusan dan minum ketika sudah berubah menjadi sedikit hangat secara rutin dua kali sehari. Anda dapat mengecek perbedaan tekanan darah sebelum dan sesudah mengkonsumsi ramuan ini.

Mengobati bisul

jangan sampai level ketampanan atau kecantikan Anda turun drastis karena munculnya bisul di kulit. Selain menurunkan kepercayaan diri, bisul tentu akan memberikan rasa tidak nyaman bagi penderitanya. Blenderlah beberapa butir buah ciplukan sampai halus. Kemudian oleskan pada bagian kulit yang berbisul. Biarkan sampai mengering lalu bilas dengan air. Ulangi langkah ini tiga kali sehari sampai bisul sudah benar-benar mengempes.

Meredakan batuk

Siapa sangka buah kecil ini juga mampu meredakan batuk. Caranya adalah dengan merebus 5 butir buah ciplukan dalam satu gelas air. Rebus hingga mendidih lalu tambahkan sedikit perasan jeruk nipis. Aduk lalu minum selagi hangat. Selain berfungsi meredakan batuk membandel, ramuan ini juga bagus untuk dikonsumsi bagi Anda yang memiliki masalah pada tenggorokan.

Obat penyakit flu/pilek

Karena cimplukan kaya akan vitamin C, maka buah satu ini dapat menyembuhkan orang yang terkena flu. Caranya potong beberapa lembar daun cimpukan kemudian rebus. Ambil air rebusan tadi lalu minumkan ke orang yang flu.

Penulis

foto ilham rizki kurniawan
ilham rizki kurniawan

Artikel Terkait

6 Kode Rahasia Android Ini Wajib Kamu Ketahui
09 Maret 2018
inilah 5 manfaat hidup hemat bagi kita....!!!
12 Maret 2018
8 Sifat Aneh Wanita yang jadi Misteri bagi para Pria
13 Maret 2018
5 RANGKAIAN FESTIVAL 'TAK BIASA' UNTUK MEMPERINGATI KEMATIAN
14 Maret 2018
8 Fakta Menarik Seputar Tentara Nasional Indonesia (TNI)
15 Maret 2018
Pria Pendiam Wajib di Pertahankan
15 Maret 2018

Komentar