Logo Eventkampus

Menguak Misteri Kebenaran Putri Duyung

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Menguak Misteri Kebenaran Putri Duyung

Putri Duyung merupakan sebuah legenda kuno yang banyak diceritakan kepada anak-anak jaman sekarang, putri duyung asli berbentuk setengah ikan dan setengah manusia atau biasa seperti manusia berekor ikan.

Mahluk tersebut konon sejarahnya merupakan hewan yang tidak mempunyai kaki namun ekor seperti ikan yang biasa hidup di laut lepas dan menyembunyikan diri dari keberadaan manusia.

Di luar negeri kisah dari putri duyung ini dikemas dalam serial kartun unik berjudul The Little Mermaid oleh Disney yang menceritakan seekor putri duyung yang terpesona dengan pelayar tampan, karena terpesona seekor putri duyung tersebut mencoba untuk menjadi manusia dan mendatangi tukang sihir, tukang sihir tersebut memberikan isyarat jika ingin dia menjadi manusia maka dia harus merayu pelaut tampan tersebut bernyanyi dengan merdu.

Sejarah dan Misteri Putri Duyung

Putri duyung memang masih menjadi misteri hingga saat ini, hal ini dikarenakan belum adanya bukti secara nyata akan keberadaannya untuk itu sejarah putri duyung ada beberapa versi dari cerita masyarakat jaman dahulu.

1.Putri Yang Terkutuk

Misteri putri duyung yang pertama datang dari naskah Assyria yang berasal pada tahun 1000 SM menceritakan bahwa masyarakat sangat percaya dengan putri duyung dan asal muasal dari mahluk tersebut adalah dari putri yang dikutuk oleh alam karena membunuh suaminya sendiri.

2.Putri Yang Patah Hati

Cerita ini juga datang dari masyarakat Assyria namun dengan versi yang berbeda, konon katanya dalam naskah tersebut disebutkan ada seorang putri cantik kerajaan yang jatuh cinta kepada seorang gembala, entah karena apa tiba-tiba gembala tersebut meninggal, hingga akhirnya cerita ini tersebar ke masyarakat jika seorang putri kerajaan jatuh cinta kepada seorang gembala, sang putri akhirnya malu dan menceburkan diri ke danau dan ia tiba-tiba berubah menjadi seekor putri duyung.

3.Pengawal Dewi Laut

Misteri putri duyung selanjutnya datang dari cerita yunani kuno yang mengatakan bahwa putri duyung merupakan pengawal dewi laut, masyarakat yunani kuno percaya jika dewa dan dewi laut sedang berkeliling ke lautan mereka akan dikawal oleh putri duyung ini.

4.Nelayan Terkutuk

Asal usul dari putri duyung muncul di Jepang, cerita dari negara sakura ini menyebutkan bahwa mahluk ini berasal dari nelayan yang terkutuk, seorang nelayan yang mengikuti Shinto dan berjanji tidak akan memakan daging.

Namun nelayan tersebut mengingkari janjinya dan guru merubahnya menjadi manusia setengah ikan dan hidup dilaut. Hingga sekarang para penganut aliran Shinto tersebut masih menerapkan tidak makan daging setelah peristiwa tersebut.

Di kuil Shinto yang ada di Fujinomiya ada sebuah bukti keberadaan dari putri duyung ini, mumi duyung yang terletak di sebuah peti dan kain putih yang diperkirakan berusia lebih dari 1400 tahun yang lalu.

 

Bukti Keberadaan Putri Duyung

Bukti keberadaan putri duyung sendiri memang belum terbukti secara ilimiah oleh tim peneliti, namun dalam catatan colombus 9 Januari 1493 yang merupakan catatan perjalanan dari Cristopher Colombus dalam mengelilingi dunia mengatakan pernah berjumpa dengan tiga putri duyung saat melintasi perairan karibia.

Bukti lain saat ini belum ditemukan atau sudah ditemukan namun media belum bisa mempublikasikannya karena hal ini tergolong mahluk mitologi yang biasanya hanya sebagai dongeng atau legenda masyarakat jaman dahulu.

Itulah beberapa penjelasan akan misteri putri duyung ini, apakah kalian percaya? silahkan share kepada teman lain agar mereka tahu dan beri wawasan kepada mereka betapa uniknya bumi kita ini

Penulis

foto Azis Maulana
Azis Maulana
SMKN 2 Karanganyar

Artikel Terkait

10 cara menghemat uang untuk anak kost
11 Januari 2018
Selain Berubah Warna, Bunglon Juga Bisa Bersinar di Bawah Sinar UV
19 Januari 2018
MODAL SUKSES DENGAN KONSISTEN
19 Januari 2018
Manfaat Buah Sirsak Untuk Keremajaan Tubuh
22 Januari 2018
Kalian Pengguna WhatsApp ? Simak berikut Fakta Unik WhatsApp!
22 Januari 2018

Komentar