Logo Eventkampus

Arti sebuah gelar

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Arti sebuah gelar

                                                                                                              Arti sebuah gelar

Suatu pengalaman baru saya dapatkan ketika bertemu seorang yang baru saat itu saya temui. Pengalaman yang membuat harus “berpikir keras” mengenai apa arti dari sebuah gelar sarjana. Suatu hal yang dalam keseharian kita mungkin sangat membanggakan gelar tersebut, gelar yang merupakan buah dari belajar selama bertahun-tahun. Dan juga mungkin merupakan suatu hal yang maknanya dalam keseharian sering kita abaikan.

 

Terkadang, kita terlalu bangga dan tinggi hati dengan suatu gelar, baik itu gelar sarjana atau gelar-gelar lainnya tanpa berusaha memahami nilai-nilai esensial dari gelar tersebut. Ambil contoh seorang yang bergelar sarjana dan tentu saja itu menjadi status sosial yang terhormat di masyarakat. Kenyataannya, status sosial yang tersebut tidak menjamin seseorang untuk bisa berbuat sesuai dengan harapan masyarakat banyak. Lihat saja, mereka yang tersandung masalah hukum seperti korupsi adalah orang-orang berpendidikan. Mereka kurang atau tidak sama sekali memberi manfaat bagi masyarakat yang sebenarnya adalah tugas utama mereka untuk memberi manfaat kepada masyarakat. Dalam sebuah ungkapan yang ekstrim, tidak ada bedanya antara orang yang bergelar sarjana dengan (maaf) orang tidak pernah sekolah atau tidak berpendidikan.

 

Atau seseorang yang menyematkan huruf “H” di depan namannya karena pernah menjalankan ibadah haji tapi masih berteman akrab dengan riba, sombong, ghibah atau berbagai penyakit hati lainnya. Gelar haji mungkin hanya dijadikan sarana agar orang lain melihat bahwa ia pernah berangkat menjalankan ibadah haji tanpa berusaha memahami arti haji yang sesungguhnya.

 

Di balik sebuah gelar, apapun gelar tersebut, sebenarnya terdapat ilmu yang bermanfaat dan sebuah tanggung jawab kita terhadap  ilmu tersebut. Dengan gelar dan ilmu yang kita miliki, perbuatan serta pola pikir kita sudah lebih berkembang dari sebelumnya. Harus ada manfaat dari ilmu, pengetahuan, dan pengalaman yang kita miliki untuk orang lain.

 

Jadi, tidaklah penting sebuah gelar disematkan di nama kita. Apapun gelarnya yang penting adalah bagaimana kita bisa memanahami dan mengimplementasikan ilmu yang kita miliki bisa bermanfaat tidak hanya untuk diri sendiri tapi juga orang lain. Sungguh indah jika kita bisa bermanfaat bagi orang lain, silaturahim dan kasih sayang sesama kita akan lebih bernilai jika satu sama lain saling memberi manfaat dari ilmu yang dimiliki.

Penulis

foto candraadipermana
candraadipermana

Artikel Terkait

GANGSTARASTA ANIVERSARI 16Th
12 Desember 2017
Fakta jihyo twice
12 Januari 2018
Manfaat Jengkol
19 Januari 2018
Kegunaan Jahe Untuk Tubuh
19 Januari 2018
Kalian Hobi Muncak ? Persiapkan ini dahulu!
22 Januari 2018
Sejarah Prestasi yang di ukir oleh si Pangeran Biru PERSIB BANDUNG
22 Januari 2018

Komentar