Logo Eventkampus

Keris Menjadi Senjata Yang Sangat Ditakutti.!

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Keris Menjadi Senjata Yang Sangat Ditakutti.!

 

Keris Yang Menjadi Senjata Yang Sangat Ditakutti

 

Senjata tradisional penduduk Jawa Tengah diantaranya keris, pedang, tombak, gada, dan perisai. Bagi masyarakat Jawa Tengah keris dapat menunjukkan dan kekayaan seseorang. Sebagian keris merupakan benda pusaka yang dianggap keramat dan sakti. Oleh sebab itu, beberapa keris diberi nama tertentu, misalnya kyai Setan Kober milik Arya Penangsang (Adipati Jipang), Kyai Sengkelat milik Sultan Hadiwijaya (Sultan Pajang).

 

Keris terdiri atas tiga bagian, yaitu ukiran atau hulu keris, wrangka (rangka), dan wilahan. Hulu keris biasanya dibuat dari tanduk, kayu, gading, atau emas yang diukir dengan indah. Wrangka berfungsi sebagai sarung keris. Namun asal-usul keris belum sepenuhnya jelas karena tak ada sumber tertulis yang deskriptif mengenai Keris dari masa sebelum abad ke-15, meskipun penyebutan istilah 'keris' telah tercantum pada prasasti dari abad ke-9 Masehi.

Kajian ilmiah perkembangan bentuk Keris kebanyakan berasal dari analisis figur di relief candi atau patung. Sementara itu, pengetahuan mengenai fungsi keris dapat dilacak dari beberapa prasasti dan laporan-laporan penjelajah asing ke Nusantara.

 Hulu keris dan wrangka biasanya ditaburi permata intan atau berlian. Wilahan (gagang) keris terbuat dari logam. Kegunaan keris berubah dari waktu ke waktu. Dahulu keris dugunakan sebagai senjata perang. Kemudian, keris menjadi barang keramat dan barang pusaka yang dipuja. Sekarang keris berfungsi sebagai pelengkap pakaian adat.

 

Penulis

foto ilham rizki kurniawan
ilham rizki kurniawan

Artikel Terkait

10 cara menghemat uang untuk anak kost
11 Januari 2018
Selain Berubah Warna, Bunglon Juga Bisa Bersinar di Bawah Sinar UV
19 Januari 2018
MODAL SUKSES DENGAN KONSISTEN
19 Januari 2018
Manfaat Buah Sirsak Untuk Keremajaan Tubuh
22 Januari 2018
Kalian Pengguna WhatsApp ? Simak berikut Fakta Unik WhatsApp!
22 Januari 2018

Komentar