Logo Eventkampus

5 Langkah Meningkatkan Kemampuan Berpikir

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
5 Langkah Meningkatkan Kemampuan Berpikir

1. Mengingat Sebuah Gagasan Atau Informasi Masa Lalu

Mencoba mengingat sebuah gagasan atau informasi dari masa lalu memperkuat jalur saraf yang terkait dengan konsep tersebut, sehingga memudahkan mengingat informasi dari masa lalu di masa depan.

"Semakin Anda bisa menjelaskan tentang bagaimana pembelajaran baru Anda berhubungan dengan pengetahuan sebelumnya, semakin kuat pemahaman Anda terhadap pembelajaran baru, dan semakin banyak koneksi yang Anda ciptakan yang akan membantu Anda mengingatnya nanti," seperti yang dikutip dari buku tersebut.

2. Tidak Menggunakan Kacamata Kuda

Benar adanya untuk tidak menggunakan kacamata kuda dalam memberikan pandangan. Sebaiknya cobalah pahami subjek dari banyak sudut, hal ini membantu mengimbangi keterampilan mengingat Anda dengan lebih baik.

"Dengan menjalani hal yang tidak diketahui dan membingungkan, jauh lebih baik untuk belajar dan mengingat solusi yang pernah orang lain ajarkan pada Anda" tulisnya.

3. Evaluasi

Evaluasi bisa menjadi kunci untuk membuat keputusan yang lebih cerdas dan meningkatkan produktivitas. Meluangkan waktu untuk merenungkan apa yang terjadi bisa membantu Anda membuat keputusan yang lebih baik.

Periset dari Harvard Business School mencatat bahwa tulisan reflektif bisa menjadi alat yang ampuh. Ajukan pertanyaan diri sendiri, seperti apa yang salah atau baik? Apa kekurangan diri sendiri? Apa yang bisa Anda perbaiki? Cukup 15 menit, refleksi terbukti meningkatkan performa sebesar 23 persen.

4. Mendalami Mnemonik

Mnemonik adalah ilmu yang melibatkan pola huruf, gagasan, atau asosiasi yang membantu dalam mengingat sesuatu. Terkadang menggunakan identifikasi beberapa pemikiran atau kenangan tertentu dalam membantu Anda memahami segala sesuatu dengan cepat dan jelas.

Mendalami mnemonik sekaligus membuat Anda lebih cerdas. "Mnemonik menciptakan struktur mental yang memudahkan pencarian kembali apa yang telah Anda pelajari".

5. Menerima umpan balik

Menerima umpan balik yang diutarakan kepada Anda sebagai kalibrasi akan sangat membantu di mana ada kemungkinan Anda melakukan kesalahan, menerima salah informasi atau tidak berpikir jernih. 

Menurut penulis, tindakan ini bertujuan untuk menggunakan instrumen objektif sehingga Anda bisa menghapus ilusi dan menyesuaikan penilaian yang lebih mencerminkan realitas.

Penulis

foto Anggun Prastiwi
Anggun Prastiwi
SMK NEGERI 2 KARANGANYAR

Artikel Terkait

Bahaya Jika Sering Mengucek Mata Dengan Tangan
08 Maret 2018
Fakta Unik Kehidupan yang Jarang Diketahui, No 29 Iya Juga Yaa
09 Maret 2018
inilah akibat depresi yang dapat menyerang siapapun.
12 Maret 2018
Kenapa Tidak Boleh Meniup Minuman atau Makanan panas?
12 Maret 2018
Inilah Dampak Bahaya Radiasi HP bagi kamu
14 Maret 2018

Komentar