Apa sih Webometric?

access_time | label Berita
Apa sih Webometric?

Webometric adalah suatu sistem yang memberikan penilaian terhadap seluruh universitas terbaik di dunia melalui website universitas tersebut, Webometric pertama kali diluncurkan pada tahun 2004 oleh Laboratorium Cybermetric milik The Consejo Superior de Investigaciones  Cientificas (CSIC), merupakan lembaga penelitian terbesar di Spanyol.

 Webometric melakukan pemeringkatan terhadap lebih dari 20 ribu Perguruan Tinggi di seluruh dunia dan peringkat Webometric tersebut akan diterbitkan setiap 6 bulan sekali yaitu pada bulan Januari dan bulan Juli. Webometric ini sangat berguna untuk mengetahui peringkat-peringkat Universitas, baik di Indonesia maupun di Dunia. Cocok bagi orang-orang yang ingin masuk universitas dan mencari info peringkat dari universitas tersebut.

Hanya saja sistem pemeringkatan dari Webometric ini dinilai dari website masing-masing universitas, jadi semakin baik website universitas tersebut maka semakin tinggi peringkat di Webometric. Mau tidak mau Universitas-universitas yang masuk dalam peringkat Webometric harus meningkatkan kualitas website-nya agar mendapat peringkat atas di Webometric, kualitas website yang dinilai oleh Webometric tidak hanya dari tampilan dan desain website-nya saja tetapi juga meliputi jumlah backlink, jumlah website yang terindeks di mesin pencarian (google, yahoo, dll), jumlah &format dokumen yang terdapat di website, dan juga dinilai dari jumlah artikel-artikel yang berkualitas bersangkutan dengan universitas tersebut.

Dengan adanya sistem penilaian Webometric tersebut tentunya ada keuntungan dan kerugiannya, keuntunganya adalah untuk universitas yang ingin menaikan peringkatnya hanya cukup dengan memperbaiki kualitas websitenya, nah untuk kekuranganya sendiri mungkin sampai sekarang masih banyak yang mengeluhkan karena dengan sistem pemeringkatanya untuk universitas yang dalam akademik/prestasinya sangat bagus bisa mendapat peringkat bawah karena kualitas websitenya yang kalah dengan universitas lain.

Setelah munculnya Webometric ini dampak yang diberikan cukup bagus karena membuat seluruh universitas di berbagai negara berlomba-lomba untuk meningkatkan kualitas websitenya, peningkatan kualitas website sangatlah penting karena bukan hanya untuk pemeringkatan tetapi juga untuk hal-hal lain yang tentunya sangat bermanfaat seperti mempermudah pencarian & penyampaian informasi, informasi lebih terarah & terpercaya karena berada di website resmi, meningkatkan kredibilitas sekolah di mata masyarakat dalam kesungguhannya meningkatkan kualitas pendidikan, dan masyarakat dapat mengetahui informasi dari sebuah universitas hanya dengan mengunjungi website tanpa harus datang ke universitas tersebut.

Penulis

foto Admin
Admin
EventKampus

Share

Komentar