Logo Eventkampus

4 OBAT Mengantuk ketika mendengarkan KHUTBAH

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
4 OBAT Mengantuk ketika mendengarkan KHUTBAH

1.  Berdoa kepada Allah azza wa jalla agar kita dilindungi dari godaan dan rayuan syaiton, karena sungguh tidak diragukan lagi bahwasannya rasa kantuk yang menimpa kaum muslimin ketika duduk di majelis ilmu (khutbah jum'at) disebabkan oleh godaan syaiton.

(perlu kita renungkan: ilmu yang bersumber dari alqur'an dan sunnah yg dipahami dengan pemahaman sahabat adalah sumber kebaikan, syaiton selalu menghalangi orang orang yg beriman dalam mencari ilmu, termasuk ketika mendengarkan khutbah jum'at).

2.  Hendaklah kita menyadari bahwasannya para malaikat juga ikut menghadiri dan mendengarkan khutbah jum'at, apakah kita malu kepada mereka?

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: ((إذا كان يوم الجمعة قعدت الملائكة على أبواب المساجد، فيكتبون من جاء من الناس على منازلهم، فرجل قدَّم جزورًا، ورجل قدم بقرة، ورجل قدم شاة، ورجل قدم دجاجة، ورجل قدم بيضة، فإذا أذَّن المؤذن وجلس الإمام على المنبر طويت الصحف، ودخلوا المسجد يستمعون الذكر))

Rasulullah shallahu alaihi wa sallam bersabda : "Apabila datang hari jum'at, para malaikat duduk di pintu-pintu masjid, mereka mencatat manusia (kaum muslimin) sesuai dengan (amalan mereka) ada yang (mendapat pahala) seperti (menyembelih) onta, ada yang (mendapat pahala) seperti (menyembelih) sapi, ada yang (mendapat pahala) seperti (menyembelih) kambing, ada yang (mendapat pahala) seperti (menyembelih) ayam, dan ada yang (mendapat pahala) seperti bersedekah sebutir telur, apabila muadzin mengumandangkan adzan, dan imam duduk di atas mimbar, ditutuplah buku catatan amal, (mereka) masuk ke masjid dan mendengarkan peringatan (khutbah)". [HR. Ahmad]

3.  Sadarlah dari kelalaian, hendaklah kita mengingat, bahwasannya yang mengundang dan memanggil kita untuk datang mendengarkan khutbah adalah Allah azza wa jalla, lihat ayat ke 9 dari surat al jumuah.

4.  Sadarlah, termasuk musibah yang paling besar, adalah musibah yang menimpa agama kita. Di antara musibah dalam agama adalah ketika ada nasehat kebaikan (khutbah jum'at) disampaikan, akan tetapi anda tidak bisa mengambil manfaat dari kebaikan tersebut.

*Faidah di atas merupakan bentuk terjemahan bebas dari nasehat yang di sampaikan syaikh muhammad asy-Syinqity hafidzahulloh.

Penulis

foto Agung Siswanto
Agung Siswanto
SMK NEGERI 2 KARANGANYAR

Artikel Terkait

Pejuang seorang ibu
16 Agustus 2018
Penyebab Anak-Anak Melakukan Tindakan Bullying
21 Agustus 2018
Panjat Tebing Sumbang Medali Emas dan Perak , Perungu untuk Indonesia Susanto
24 Agustus 2018
lasemen Perolehan Medali Asian Games 2018, Emas Terbanyak Indonesia
27 Agustus 2018
Jonatan Christie Juara, Indonesia Sabet Emas ke-23
28 Agustus 2018
Tips Merawat Baterai Laptop Biar Nggak Bocor dan Awet
30 Agustus 2018

Komentar